Investasi Cuan di Tahun 2020

Awal tahun 2020 dimulai dengan musim hujan dengan curah hujan yang tinggi, bahkan menyebabkan banjir di beberapa kota di Indonesia. Tidak sedikit orang merugi akibat banjir. Aset dan properti seperti rumah dan kendaraan bermotor terendam air, ada yang perlu perbaikan, ada yang bahkan rusak sama sekali. Kerugian semakin menjadi-jadi akibat beberapa orang dengan kepemilikan aset ini tidak memiliki asuransi untuk perbaikan atau mengganti kendaraan mereka. Alhasil saku dirogoh lebih dalam daripada biasanya untuk menutup biaya-biaya kerugian, memastikan rutinitas masih bisa berjalan seperti biasa.

Bencana alam yang sangat mungkin terjadi selama musim hujan bisa saja terjadi, dan jelas tidak dapat diperkirakan kapan datangnya. Sementara penghasilan bulanan tidak selalu bisa mencukupi kebutuhan darurat seperti ini, maka bukan hal baru untuk mulai merancang strategi pendapatan pasif yang dapat membantu Anda di saat-saat darurat bahkan untuk kestabilan finansial di masa-masa yang akan datang. Salah satunya adalah dengan berinvestasi, berikut beberapa opsi alternatif investasi yang dapat Anda lakukan.

Ingin mencoba investasi tapi masih ragu? Jangan khawatir! Cari tahu instrumen investasi yang cocok untuk pemula di sini!

P2P Lending

Peer-to-peer lending, atau lebih dikenal dengan akronimnya P2P lending ini termasuk investasi yang populer di kalangan muda. Pilihan investasi yang pertama ini akan mempertemukan peminjam dan (pemberi pinjaman) investor dalam satu forum secara online. Dengan kata lain P2P lending ini memungkinkan pinjaman dilakukan tanpa perantara. Konsep yang sama dipinjam dari lapak daring, perbedaannya yang dipertemukan dalam forum bukanlah penjual dan pembeli, melainkan peminjam dan pemberi pinjaman.

Menjadi pemberi pinjaman dengan metode P2P lending bisa jadi opsi yang dapat Anda pertimbangkan sebagai alternatif investasi. Selain itu, pemberi pinjaman juga ikut berkontribusi mengembangkan perekonomian bangsa. Modal yang mereka pinjamkan akan mempercepat tumbuhnya berbagai bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Tentu impact yang diberikan jadi daya tarik sendiri bagi generasi milenial saat ini.  Ada semangat gotong royong dalam alternatif investasi jenis ini. Visi tersebut sejalan dengan nilai-nilai platform P2P lending Modalku, yakni bersama membangun ekonomi Indonesia. Modalku juga telah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi tidak perlu ragu lagi, Modalku adalah platform yang terpercaya untuk alternatif investasi Anda.

Dengan berbagai keunggulan, P2P Lending cocok untuk generasi milenial. Mengapa? Ketahui jawabannya di artikel ini: “Mengapa P2P Lending Cocok untuk Generasi Milenial?”

Emas

Emas merupakan instrumen investasi yang digemari sejak dahulu kala. Kini, emas menjadi aset investasi dengan risiko rendah atau lebih dikenal dengan istilah safe haven. Memiliki emas sebagai aset adalah langkah aman dan menguntungkan terlebih saat kondisi pasar tidak menentu, resesi, krisis ekonomi, inflasi atau kondisi nilai aset-aset lainnya mengalami penurunan. Emas sebagai aset memang paling tepat sebagai bentuk investasi jangka panjang, karena nilainya yang cenderung mengalami kenaikan terus.

Bukan tidak mungkin emas akan membantu Anda menghadapi masa-masa sulit yang tidak dapat diperkirakan seperti sakit, kecelakaan, bahkan bencana alam yang sering terjadi di musim hujan akhir-akhir ini. Ini mungkin karena aset emas adalah aset yang paling mudah dijual.

Jelajahi ragam informasi tentang emas di artikel-artikel ini: Emas vs Deposito, Tabungan Emas, dan Logam Mulia

Saham

Selain memiliki aset dalam bentuk emas, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli saham sebagai bentuk investasi yang menguntungkan. Anda dapat menentukan akan membeli saham pada perusahaan tertentu atau membeli saham di bursa. Sebagai investor, Anda akan memperoleh keuntungan berdasarkan kondisi saham tersebut. Kenaikan harga saham terjadi saat  kondisi perusahaan tersebut sedang dalam keadaan yang baik. Investor saham juga akan menerima deviden ketika perusahaan mengalami keuntungan.

Selain menjadi sumber pendapatan pasif dengan berinvestasi menggunakan cara ini, Anda juga dapat melatih kejelian dalam melihat peluang dan geliat pasar, serta pergerakan ekonomi terkini. Kemampuan tersebut menjadi bekal Anda untuk mengambil keputusan di saat-saat genting.

Tahukah Anda? Pengambilan keputusan saat berinvestasi saham juga dipengaruhi oleh faktor psikologis dan emosi lho! Simak lengkapnya di artikel-artikel ini: “Baper saat Investasi Saham, Kendalikan Emosimu dengan 4 Tips Ini!” dan “Faktor Psikologis saat Investasi Saham, Mengapa Perlu Dipertimbangkan?”

Surat Utang Negara

Pilihan investasi yang menguntungkan lainnya adalah Surat Utang Negara (SUN), yakni Surat Berharga yang diterbitkan oleh pemerintah dengan mengacu pada Undang-undang No. 24 tahun 2002. Surat berharga ini merupakan surat pengakuan utang oleh Negara yang dijamin pembayaran bunga serta pokoknya oleh Negara berdasarkan masa berlaku surat tersebut.

Terhitung sejak tahun 2006, SUN tidak hanya dapat dibeli oleh Negara lain, tapi juga masyarakat. Investor yang membeli SUN akan mendapatkan imbal hasil dalam bentuk kupon yang dapat dicairkan kemudian. Pemerintah bahkan memungkinkan surat berharga ini dibeli dengan harga terendah yakni 1 juta rupiah, dengan bunga kuponnya yang jauh lebih tinggi daripada deposito. SUN yang diterbitkan secara rutin oleh pemerintah ini dapat menjadi pilihan Anda untuk berinvestasi dengan aman dan terjamin.

Dengan membeli SUN, Anda telah berkontribusi membangun ekonomi bangsa. Saat ini, SUN yang ditawarkan adalah Surat Negara Ritel (SR) seri SR012. Anda dapat membeli SUN di Modalku. Sistem penjualan SR012 di Modalku dilakukan secara online dan dapat diakses oleh pengguna melalui akun pemberi pinjaman mereka selama masa penawaran SR012 yaitu 24 Februari 2020 – 18 Maret 2020 (09.00 WIB). SR012 jatuh tempo pada tanggal 10 Maret 2023 dan setelmen 26 Maret 2020. Sistem penjualan SR012 dilakukan secara online dan dapat diakses oleh pengguna Modalku melalui akun pemberi pinjaman mereka selama masa penawaran SR012 yaitu 24 Februari 2020 – 18 Maret 2020 (09.00 WIB). SR012 jatuh tempo pada tanggal 10 Maret 2023 dan setelmen 26 Maret 2020. 

Jaga kondisi finansial Anda terutama di tahun 2020 yang diawali dengan musim hujan ini dengan berinvestasi. Salah satu opsi di atas dapat menjadi langkah awal, atau langkah alternatif untuk memperkuat kondisi keuangan Anda. Menjadi langkah proteksi dari hal-hal yang tidak diinginkan dan memaksa Anda untuk mengeluarkan dana cadangan, yang bisa jadi terjadi karena sakit bahkan bencana alam yang sering terjadi di musim hujan.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply