Usaha yang Menjanjikan di Awal Tahun 2020

Memasuki bulan Februari tahun 2020, banyak yang sudah mulai menjalankan resolusi tahun barunya, salah satunya mungkin adalah memulai bisnis. Berbisnis bukanlah sesuatu yang relatif sulit untuk dikerjakan selama Anda memiliki niat dan keseriusan. Untuk memastikan lancarnya bisnis yang dijalankan, Anda perlu memilih usaha seperti apa yang cocok untuk ditekuni. Maka dari itu, yuk, simak 4 jenis usaha yang menjanjikan di awal tahun 2020 berikut ini.

Siapa bilang mahasiswa sulit mengembangkan bisnis? Ketahui cara-cara ampuhnya di artikel ini: “5 Cara Mengembangkan Bisnis Sejak Mahasiswa”

Produk-produk Ramah Lingkungan

Di tahun 2020 ini, semakin banyak orang yang sadar tentang pentingnya menjaga lingkungan. Bukan tanpa alasan, dampak rusaknya lingkungan sudah dapat dirasakan bersama. Salah satunya adalah banjir yang melanda di beberapa kota di Indonesia beberapa waktu lalu. Anda bisa menggunakan momentum ini dengan menjual produk-produk ramah lingkungan.

Tidak hanya mendapatkan untung finansial, Anda juga telah turut mengubah pola hidup masyarakatyang peka terhadap lingkungan. Mulailah dengan menjual produk yang digunakan banyak orang dalam aktivitas sehari-hari, misalnya sabun non-deterjen. Sabun non-deterjen yang terbuat dari bahan-bahan organik tidak akan menghasilkan limbah yang mencemari lingkungan.

Selain itu, Anda juga bisa menjual tote bag, yang berperan untuk menggantikan kantung belanja berbahan plastik. Usaha menjual tote bag seirama dengan kebijakan pemerintah untuk mengurangi penggunaan plastik di pusat perbelanjaan. Dengan kata lain berbisnis tote bag akan turut menyukseskan program tersebut. Anda juga tidak perlu ragu untuk menjual tote bag karena peminatnya yang terbilang cukup tinggi.

Minuman Kekinian

Jika Anda penggemar minuman kekinian seperti boba, tidak ada salahnya mencoba untuk menjadikannya sebagai peluang usaha. Minuman kekinian yang muncul bak jamur di musim hujan sangat mudah ditemui di banyak tempat, khususnya di perkotaan. Skala usaha minuman kekinian juga beragam, mulai dari yang dijual di tepi jalan, hingga yang berada di dalam pusat perbelanjaan ternama.

Anda bisa memulai bisnis minuman kekinian dengan menghadirkan beberapa menu atau varian yang digemari anak muda. Saat ini, ada banyak jenis minuman kekinian yang populer di masyarakat. Tidak hanya boba, kopi yang diolah dengan berbagai macam bahan lain seperti gula aren atau brown sugar juga sedang digemari.

Sebelum memulai berbisnis di bidang usaha yang menjanjikan ini, Anda dapat melakukan riset pasar terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan pandangan yang lebih luas tentang varian minuman kekinian apa yang sedang menjadi trend di kalangan anak muda jaman sekarang. Selain itu, minuman kekinian bisa menjadi usaha yang lebih menguntungkan jika Anda juga dapat menjaga kualitas baik dari produk minuman Anda.

Di tengah maraknya tren kopi kekinian, tentu kompetitor juga semakin banyak. Simak kiat-kiat suksesnya agar Anda tetap cuan di artikel ini : “Kiat Sukses Bisnis Kedai Kopi Kekinian”

Makanan Kekinian

Selain minuman, Anda juga bisa memulai usaha yang menjanjikan lainnya seperti bisnis makanan ala Jepang atau Korea yang sedang digandrungi banyak muda-mudi. Istilah mukbang mungkin sudah akrab Anda dengar karena kepopulerannya di media sosial. Anda bisa mengambil peluang ini sebagai ide usaha yang menguntungkan. Untuk mendapatkan esensi  mukbang, Anda dapat menyediakan menu all you can eat di restoran Anda. Hanya saja, menjalankan usaha bertema mukbang ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena peluang untungnya juga relatif besar.

Tidak hanya itu, burger atau pizza juga masih menjadi primadona di masyarakat. Ambil peluang ini untuk memulai bisnis di awal tahun 2020. Pastikan bahwa Anda menyajikan menu-menu di atas dengan kualitas yang baik, sehingga Anda akan memperoleh banyak pelanggan tetap.

Jasa Pembayaran atau Loket Online

Setiap bulan, sebagian besar masyarakat disibukkan dengan urusan membayar berbagai tagihan, seperti tagihan air, listrik, internet, dan lainnya. Jika dilihat dengan jeli, ini bisa menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Anda dapat menjadi penyedia jasa pembayaran seperti loket online Payment Point Online Bank (PPOB).

Kepemilikan loket PPOB biasanya memerlukan jalinan kerja sama dengan vendor berpengalaman yang telah terkoneksi dengan banyak penyedia sistem utilitas perkotaan, seperti PLN, PDAM, penyedia layanan internet, dan lainnya. Bisnis ini akan menjadi usaha yang menjanjikan, karena hampir semua orang memiliki kewajiban membayar tagihan bulanan.

Setelah mengetahui 4 usaha yang menjanjukan di awal tahun 2020, manakah yang cocok untuk Anda coba? Pilihlah satu dan optimalkan bisnis Anda untuk keuntungan yang berkelanjutan.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply