6 Peluang Bisnis Saat Musim Hujan

Menjalankan bisnis tidak harus tergantung pada waktu-waktu tertentu saja. Jika cermat, Anda bisa memanfaatkan setiap momen yang terjadi di sekitar Anda, misalnya saat musim hujan. Banyak orang yang membutuhkan jasa atau bantuan pihak lain di saat musim hujan melanda, seperti jasa laundry, ketersediaan payung, hingga sekadar kesediaan makanan hangat. Yuk, simak enam peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan di saat musim hujan melanda!

Jasa Laundry

Musim hujan membuat aktivitas mencuci pakaian terhambat. Bukan karena malas, tapi pakaian akan membutuhkan waktu yang lama untuk kering saat dijemur. Berkaca dari keadaan ini, jasa laundry bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Sudah terbukti di beberapa daerah di Indonesia, jasa laundry laris manis saat memasuki musim hujan. Di Makassar contohnya, terdapat penyedia jasa laundry yang menerima 300 kilogram pakaian kotor per harinya. Dengan modal utama mesin cuci yang memiliki mesin pengering, Anda sudah bisa menjalankan usaha menguntungkan di musim hujan.

Butuh motivasi menjalankan bisnis kecil? Pelajari teladan Bu Sri Cahyaningsih di sini

Jualan Jas Hujan atau Payung

Pernah mendengar pepatah ‘sedia payung sebelum hujan’? Pepatah tersebut sebenarnya memiliki arti bahwa segala sesuatu perlu dipersiapkan terlebih dahulu agar di kemudian hari kita tidak menghadapi masalah. Namun, di saat musim hujan, tampaknya pepatah ini lebih cocok diartikan secara harfiah. Anda benar-benar harus menyediakan payung jika tidak ingin basah diguyur hujan. Jika benar dalam menjual payung, potensi keuntungan yang akan didapatkan sangat besar.

Tidak hanya payung, jas hujan juga sedang menjadi primadona. Hal tersebut didukung oleh tingginya jumlah pengendara motor di Indonesia. Ketika hujan tiba, jas hujan sudah pasti dibutuhkan oleh pengendara kendaraan roda dua. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda dapat memanfaatkan platform online agar praktis. Namun, jika Anda bertempat tinggal di tepi jalan yang sering dilewati pengendara motor, sebaiknya Anda berbisnis dengan cara konvensional.

Tertarik memulai bisnis online? Cari tahu lika-likunya di sini

Kuliner Berkuah Hangat

Hujan identik dengan suhu dinginnya. Maka dari itu, manfaatkan temperatur ini dengan membuka usaha modal kecil beruntung besar seperti berjualan makanan berkuah hangat. Siapa yang tidak suka makan bakso hangat saat hujan sedang mengguyur deras? Bakso, mie ayam, seblak, dan makanan berkuah hangat lainnya adalah opsi menu-menu yang sangat menarik di hari yang dingin.  

Jika Anda melakukan bisnis makanan hangat ini dengan cara yang tepat, keuntungan besar akan menanti Anda. Untuk mengoptimalkan keuntungan, Anda dapat menyewa tempat di lokasi strategis untuk menarik minat calon pelanggan. Namun, jika tidak memiliki modal yang cukup, Anda juga dapat berjualan di depan rumah.

Kedai Minuman Hangat Tradisional dan Kopi

Anda juga bisa membuka kedai minuman tradisional yang dihidangkan hangat. Bukan tanpa dasar, minuman hangat memang akan terasa nikmat jika diseduh saat cuaca dingin. Anda bisa menjual wedang jahe dan beberapa minuman tradisional  hangat lainnya. Minuman hangat yang diracik tradisional dipercaya dapat menjaga suhu tubuh dari cuaca dingin di luar, apalagi saat hujan.

Selain minuman hangat tradisional, trend minum kopi juga bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan usaha modal kecil dengan untung besar. Membuka kedai kopi relatif tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Untuk memulai bisnis kopi sederhana, Anda hanya membutuhkan peralatan untuk membuat kopi, meja dan kursi, serta tentunya bahan untuk membuat kopi. Anda bisa membuka kedai kopi di depan rumah, atau di tempat-tempat keramaian untuk mendatangkan banyak pelanggan.

Meningkatnya trend minum kopi telah dibuktikan oleh berkembangnya bisnis kopi lokal berskala franchise. Tidak mau ketinggalan untung? Ketahui tipsnya di artikel ini: “Kiat Sukses Bisnis Kedai Kopi Kekinian”

Budidaya Jamur

Jenis usaha antimainstream yang bisa Anda lakukan di musim hujan adalah budidaya jamur. Budidaya jamur sangat tepat dilakukan di musim hujan, karena di waktu inilah jamur sangat mudah untuk dipanen. Ada beberapa jenis jamur yang bisa dibudidayakan saat musim hujan, salah satunya adalah jamur tiram. Jamur tiram dikenal sebagai jenis jamur yang mampu beradaptasi di banyak musim, termasuk musim hujan. Jamur tiram sendiri adalah jenis jamur yang sering dikonsumsi dan memiliki kandungan protein yang tinggi. Jika Anda berminat, bertani jamur tiram di musim hujan akan menjadi ladang usaha yang menguntungkan.

Pengusir Hama

Datangnya musim hujan tak membuat senang banyak orang, terutama para petani. Di musim ini, hama banyak bermunculan dan akan mengganggu keberlangsungan hidup tanaman. Di saat seperti ini, petani akan sangat membutuhkan alat pengusir hama. Dengan begitu, Anda bisa mengambil momentum ini dengan berjualan alat atau tanaman pengusir hama.

Jadi, di antara peluang bisnis di atas, bisnis apa yang cocok untuk Anda jalankan di saat musim hujan?


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply