Kenali 5 Jenis Asuransi Untuk Antipasi Bencana Alam

Bencana alam merupakan peristiwa yang bisa datang kapan saja. Maka, diperlukan persiapan yang matang untuk mengantisipasinya, seperti memiliki asuransi. Apa saja jenis-jenis asuransi yang secara signifikan dapat membantu kita ketika bencana alam terjadi? Simak ulasannya di artikel ini!

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang umum dimiliki oleh masyarakat. Asuransi yang sifatnya personal ini berperan untuk melindungi individu yang mengalami dampak finansial tidak terduga. Misalnya, kerugian atau hilangnya income diakibatkan dari kematian anggota keluarga.

Kehilangan anggota keluarga yang memiliki peran penting sebagai sumber pendapatan akan membuat keadaan finansial keluarga akan melemah. Untuk mengantisipasi dampak ini, asuransi jiwa akan membantu anggota keluarga lainnya dalam hal finansial.

Dengan memiliki asuransi jiwa, artinya Anda sedang menabung dana yang bisa digunakan untuk anggota keluarga lain saat hal yang tidak diinginkan terjadi kepada Anda. Untuk memiliki asuransi ini, Anda harus membayar premi yang dibayarkan setiap periode tertentu. Pembayaran ini tergantung pada jenis asuransi jiwa yang Anda pilih.  

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang akan memberikan bantuan dana untuk biaya perawatan ketika Anda sakit. Asuransi ini sangat penting untuk dimiliki sebagai antisipasi saat bencana alam datang. Mengapa demikian? Umumnya, ketika bencana alam datang, manusia akan lebih rentan untuk mendapatkan penyakit karena tingginya keterpaparan dengan tempat yang terbuka.

Tidak hanya saat bencana alam tiba, kepemilikan asuransi kesehatan juga penting dalam kehidupan sehari-hari, karena setiap orang bisa jatuh sakit kapan saja. Sama halnya dengan asuransi jiwa, dana yang dibayarkan untuk fasilitas kesehatan adalah dana premi yang dibayarkan di periode tertentu. Secara garis besar, ada dua jenis layanan yang umumnya mendapat coverage dari asuransi kesehatan, yaitu biaya rawat inap dan rawat jalan.

Di usia berapa sih, asuransi sudah harus Anda miliki? Cari tahu jawabannya di artikel ini: “Cerdas Memilih dan Mengatur Asuransi di Setiap Jenjang Usia”

Asuransi Properti

Bukankah kerusakan bangunan umum terjadi ketika bencana alam berskala sedang hingga besar terjadi? Dengan memiliki asuransi properti, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya perbaikan bangunan yang Anda miliki. Seringkali masyarakat menyepelekan asuransi ini dengan asumsi bahwa pemerintah akan memberikan bantuan dana untuk memperbaiki rumah Anda. Namun, perlu diingat kembali bahwa ketika bencana alam berskala besar terjadi, jumlah rumah atau bangunan yang terdampak akan sangat tinggi, sehingga Anda mungkin perlu menunggu cukup lama untuk mendapatkan dana dari pemerintah.

Asuransi properti terdiri atas dua macam, yaitu asuransi properti untuk rumah atau tempat tinggal dan asuransi properti untuk urusan bisnis. Asuransi properti untuk urusan bisnis terbagi lagi menjadi tiga macam, yaitu asuransi untuk kantor, gudang, dan toko. Jika memungkinkan, akan lebih baik untuk mengasuransikan semua properti yang Anda miliki.

Pemegang polis asuransi properti mendapatkan coverage untuk beberapa risiko bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung, dan badai. Keuntungan mengasuransikan properti adalah Anda tidak perlu membayar arsitek untuk proses renovasi, karena semua sudah ditanggung oleh asuransi.

Asuransi Kendaraan

Banjir bisa menjadi hal paling menjengkelkan bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian. Air yang menggenangi jalan dapat dengan mudah merusak mesin kendaraan Anda. Dalam beberapa kasus, perbaikan mesin membutuhkan biaya tak sedikit. Belum lagi jika kendaraan Anda sampai hanyut terbawa air. Jelas perlu biaya besar untuk melakukan reparasi. Dengan asuransi kendaraan, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya servis bengkel. Semua biaya servis telah masuk dalam tanggungan pihak asuransi.

Asuransi Pertanian

Asuransi pertanian mungkin terdengar cukup asing di telinga Anda. Asuransi ini secara khusus bertujuan untuk melindungi aset ladang pertanian. Pernahkah Anda membaca berita tentang ratusan hektar sawah gagal panen karena tergenang banjir? Di sinilah asuransi pertanian berperan untuk membantu mengatasi dampak merugikan yang diakibatkan bencana alam, misalnya banjir. Jika Anda adalah pemilik ladang pertanian, asuransi ini penting untuk Anda miliki mengingat kerusakan akibat bencana alam dapat menggagalkan hasil panen.

Selain jenis-jenis asuransi di atas, Anda juga perlu tau jenis-jenis asuransi lain agar tidak kepalang rugi. Simak ulasannya di artikel ini!

Semua jenis asuransi di atas sangat penting untuk melindungi diri dan aset yang Anda miliki dari kerugian yang diakibatkan bencana alam. Anda bisa memilih menggunakan asuransi yang dirasa perlu. Jika memungkinkan, tidak ada salahnya untuk menggunakan banyak asuransi agar Anda tidak perlu pusing memikirkan dana untuk mengatasi kerugian bencana alam.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply