Antisipasi Bencana Alam dengan Produk Finansial

Musim hujan tiba, kemungkinan terjadinya bencana alam makin tinggi. Di awal tahun 2020 ini, banjir sudah beberapa kali berbagai wilayah, tak terkecuali wilayah Jakarta dan sekitarnya. Hingga artikel ini dimuat, tercatat sudah 6 kali banjir merendam ibukota beserta kota penyangga di sekitarnya. Bencana alam yang datang tidak diduga bisa mengacaukan aktivitas Anda, termasuk urusan keuangan. Dalam menghadapinya Anda perlu menyiapkan beberapa hal sebagai antisipasi misalnya dengan menggunakan instrumen keuangan seperti ulasan berikut.

Anda generasi milenial? Inilah 6 Produk Keuangan yang Perlu Anda Miliki!

Asuransi

Bencana yang datang secara tiba-tiba membuat banyak orang harus siap dalam menghadapinya. Saat musim hujan tiba, Anda sangat disarankan untuk melakukan banyak persiapan karena potensi terjadinya bencana relatif tinggi. Jika bencana terjadi dengan skala yang besar, Anda diharuskan untuk mengungsi. Anda bisa menggunakan instrumen keuangan asuransi untuk meminimalisir kerugian yang ditimbulkan oleh bencana tersebut.

Asuransi sendiri terdiri dari banyak jenis. Namun, ada beberapa yang bisa Anda gunakan saat bencana terjadi. Misalnya, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, dan asuransi properti. Dengan memiliki asuransi, setidaknya Anda tidak perlu terlalu pusing dengan rumah dan kendaraan yang ditinggalkan untuk mengungsi, termasuk dengan kesehatan Anda sendiri.

Asuransi meng-cover biaya untuk beberapa kebutuhan Anda yang dibutuhkan sesudah terjadi bencana. Maka dari itu, produk finansial ini sangat berguna sebagai antisipasi sebelum terjadinya bencana alam.

Tahukah Anda? Saat memilih asuransi kita juga harus perhatikan jenjang usia. Mengapa? Cari tahu lengkapnya di artikel ini: “Cerdas Memilih dan Mengatur Asuransi di Setiap Jenjang Usia”

Dana Darurat

Selain asuransi, Anda juga sangat disarankan memiliki dana darurat. Dana darurat akan sangat membantu Anda saat bencana alam terjadi. Dengan dana darurat, Anda bisa memenuhi beberapa kebutuhan harian di tengah situasi yang tidak normal. Dengan demikian, Anda bisa sedikit lebih lega, karena masih memiliki dana yang bisa dipakai dalam kondisi emergency.

Bagaimana membuat dana darurat? Dana darurat adalah dana yang sengaja disisihkan untuk keperluan yang mendesak. Dana tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, kebutuhan operasional, dan kebutuhan konsumtif lainnya. Anda bisa membutuhkan dana darurat dengan menyisihkan 10% dari gaji bulanan.

Jangan pernah gunakan dana itu kecuali untuk situasi darurat, misalnya bencana alam. Anda bisa menyisihkan uang itu di tempat tertentu atau menyimpannya di bank. Jika perlu, ajak pasangan Anda untuk membuat dana darurat juga sehingga jika terjadi bencana alam ada banyak dana yang bisa digunakan untuk kebutuhan mendesak.

Instrumen Keuangan Reksa Dana

Cara yang satu ini belum banyak diterapkan banyak orang, tapi tak ada salahnya untuk mencobanya. Reksa dana adalah produk finansial yang bisa membantu Anda dalam kondisi darurat. Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi, yang mana uang Anda akan dikumpulkan bersama dana lain untuk diinvestasikan pada pasar saham.

Investasi adalah kegiatan yang dilakukan sekarang dengan tujuan mendapatkan keuntungan di masa depan. Ini adalah cara terbaik bagi seseorang yang sulit untuk menyisihkan beberapa persen dari penghasilan bulanannya. Dalam menggunakan reksa dana, pilihlah jenis yang memiliki banyak kemudahan seperti akses yang cepat dan bisa diambil sewaktu-waktu.

Reksa dana mempunyai risiko paling rendah dari semua jenis investasi lainnya. Ada beberapa macam pilihan seperti reksa dana pasar uang, reksa dana campuran, reksa dana saham, dan reksa dana pendapatan tetap.

Bukan hanya untuk dana darurat lho, reksa dana juga bisa memenuhi kebutuhan hidup. Penasaran? Klik di sini!

Tabungan Emas

Selain reksa dana, produk finansial lain yang bisa Anda gunakan sebagai antisipasi bencana alam adalah tabungan emas. Semua orang tahu bahwa dengan menabung, kita akan mendapatkan hasil yang manis di akhir. Begitu juga dengan tabungan emas. Berbeda dengan tabungan biasa yang memiliki rate bunga mengikuti dinamika global, tabungan emas cenderung stabil.

Saat ini, ada sejumlah bank dan instansi BUMN yang membuka layanan tabungan ini. Anda bisa langsung datang dan bertanya tentang mekanismenya. Menabung emas berarti Anda akan mendapatkan emas sesudah memberikan sejumlah nominal dana atau cicilan kepada instansi terkait. Tapi, emas yang Anda tabung akan disimpan oleh instansi tersebut sebagai bentuk tabungan.

Dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi, emas punya keunggulan lho! Apa saja itu? Simak artikel ini: “4 Keunggulan Emas dalam Menghadapi ”

Instrumen Keuangan Obligasi

Istilah obligasi mengacu pada surat pernyataan utang dari penerbit kepada pemilik. Terdapat tanggal jatuh tempo dari pembayaran utang yang disertai dengan besaran bunga atau yang disebut kupon, yang akan dibayarkan penerbit obligasi kepada pemilik. Dengan kata lain, obligasi adalah dana dari publik untuk sumber pendanaan tertentu.

Dari sudut pandang pemerintah, obligasi adalah sumber pendanaan yag akan digunakan sebagai biaya terhadap defisit anggaran APBN. Obligasi bisa menjadi tabungan Anda yang mana Anda bisa mendapatkan dana itu kembali pada periode tertentu.

Ingin tahu lebih lanjut tentang obligasi dan seluk beluknya? Baca artikel ini: “Pengertian Obligasi dan Mengenal Obligasi

Setelah mengetahui 5 produk finansial di atas, produk apa yang akan Anda gunakan untuk antisipasi bencana alam?


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply