Tabungan Emas: Solusi Menabung Sekaligus Investasi

Tabungan emas saat ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia sebagai alternatif instrumen investasi yang menguntungkan. Kondisi ini disebabkan harga emas yang relatif stabil, bahkan cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Menabung emas juga relatif lebih aman karena nilainya tidak akan tergerus apabila terjadi inflasi mata uang. Jadi, sebelum menyesal, Anda bisa mulai mencoba untuk membuka tabungan emas sebagai instrumen investasi jangka panjang.

Mengapa Perlu Menabung Emas?

Ada banyak alasan yang menjadi latar belakang seseorang mulai menabung emas. Tentunya, alasan tersebut akan bergantung pada tujuan-tujuan keuangan yang ingin dicapai. Dengan tabungan emas, Anda bisa mendapatkan instrumen investasi yang aman. Hal ini dikarenakan jenis logam mulia yang dikeluarkan sudah dibekali sertifikat internasional. Artinya, tabungan emas tersebut diakui secara global. Di sisi lain, tabungan emas juga sangat menjaga privasi Anda sebab tidak ada orang lain yang bisa mengetahui jumlah emas yang Anda miliki.

Emas juga memiliki tingkat likuiditas yang cukup tinggi, sehingga Anda bisa dengan mudah mencairkan atau menjual emas untuk mendapatkan uang tunai. Tempat pencairan emas pun bisa dengan mudah dijumpai. Jadi, hanya dengan secara rutin menabung emas, Anda bisa otomatis memiliki alternatif dana darurat apabila terjadi musibah atau hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang.

Lihat juga: “Logam Mulia, Investasi Gaya Lama yang Kian Mudah dan Menguntungkan”

Keunggulan Tabungan Emas

Selain alasan-alasan menabung emas yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, tabungan emas juga memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Tabungan emas bisa dimulai sesuai dengan ketersediaan dana yang Anda miliki. Tabungan emas Pegadaian, misalnya, menyediakan pilihan berat emas bervariatif, mulai dari 5 gram, 10 gram, 20 gram, sampai 1 kilogram pun ada.

Menariknya lagi, emas adalah investasi yang bebas pajak. Seberapa banyak pun Anda memilikinya, tidak ada pajak yang perlu dibayarkan. Hal ini mengacu pada keputusan Direktorat Jenderal Pajak No. 15/PJ/2011 bahwa logam mulia adalah bahan baku yang tidak akan dikenai pajak. Tentu saja, kondisi ini tidak akan dijumpai pada jenis instrumen investasi lainnya. Oh ya, tabungan emas juga menawarkan kepemilikan dan pengelolaan aset secara mandiri. Artinya, Anda bisa dengan bebas menggunakan aset tersebut tanpa terikat dengan pihak lain.

Nabung Emas Masa Kini

Jika sebelumnya tabungan emas hanya disediakan oleh bank, kini Anda bisa menabung emas dengan mudah di Pegadaian maupun platform belanja online Tokopedia. Secara umum, untuk menabung emas, Anda harus terlebih dulu membuka rekening tabungan emas. Syarat dan dokumen yang dibutuhkan terbilang cukup mudah, yaitu fotokopi kartu identitas yang berlaku (KTP/SIM), mengisi formulir investasi emas secara lengkap, serta menyetorkan dana minimal, senilai 0,1 gram emas.

Selanjutnya, Anda bisa memilih proses pembelian emas sesuai dengan kondisi finansial masing-masing individu. Di Pegadaian, tersedia pula pembelian emas dalam kelipatan 0,01 gram serta emas batangan dengan berat yang bervariatif. Jangan lupa, siapkan sejumlah dana yang juga dibutuhkan untuk keperluan administrasi dan fasilitas penitipan yang disediakan.

Lihat juga: 5 Produk Investasi Masa Kini, Apa Saja?”


Untuk memperoleh keuntungan maksimal, Anda harus melakukan pembelian secara rutin. Semakin banyak tabungan emas yang dimiliki, maka semakin tinggi pula keuntungan yang akan didapatkan. Namun demikian, pastikan untuk selalu menyelesaikan transaksi menabung emas di lembaga yang terpercaya untuk mencegah kemungkinan emas palsu atau bahkan investasi bodong. Yuk, mulai menabung emas sekarang juga!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply