5 Produk Investasi yang Cocok untuk Menampung Bonus Akhir Tahun

Bonus akhir tahun sudah di depan mata. Pastikan dana tersebut tidak terbuang sia-sia untuk keperluan yang sebenarnya tidak penting. Cara mengelola keuangan yang terbaik tentu dengan berinvestasi pada instrumen yang menguntungkan. Mulai dari emas, deposito, properti, P2P lending, hingga saham dan obligasi. Simak informasi selengkapnya pada artikel berikut.

Emas

Emas menjadi salah satu instrumen investasi yang menguntungkan sehingga diandalkan oleh sebagian besar pemula. Selain itu, investasi emas juga tidak membutuhkan modal yang cukup besar sehingga terjangkau oleh siapa saja. Untuk memulai investasi emas, Anda tak harus membeli emas dalam jumlah besar. Sesuaikan saja dengan besaran bonus akhir tahun yang diperoleh.

Lebih lanjut, investasi emas dapat mempertahankan nilai kekayaan Anda sebab tidak mudah tergerus laju inflasi. Sekali pun mata uang rupiah melemah, emas masih memiliki nilai jual yang tinggi. Menariknya lagi, instrumen investasi yang satu ini dapat diterima dengan mudah di seluruh dunia dan dapat dicairkan kapan saja Anda membutuhkan uang tunai.

Lebih lanjut: Logam Mulia, Investasi Gaya Lama yang Kian Mudah dan Menguntungkan”

Deposito

Selain emas, beberapa pemula juga memilih deposito sebagai instrumen investasi yang menguntungkan. Bentuk simpanan yang satu ini berbeda dari rekening tabungan pada umumnya. Bunga deposito relatif lebih tinggi dibandingkan dengan produk tabungan konvensional yang biasa Anda gunakan untuk menabung.

Dana yang tersimpan dalam instrumen deposito akan tersimpan dalam waktu yang terikat sesuai dengan kesepakatan di awal setoran. Untuk itu, pencairan dana deposito lebih awal sebelum jatuh tempo menimbulkan adanya biaya tambahan yang harus dibayarkan. Meskipun demikian, sama seperti emas, instrumen deposito memiliki risiko yang rendah. Bagi pemula, Anda tak perlu khawatir memikirkan kerugian yang mungkin saja terjadi.

Properti

Meski terlihat sepele, cara mengelola keuangan sangat berdampak pada kehidupan Anda sehari-hari. Agar bonus akhir tahun tidak tercecer, sebaiknya alokasikan untuk investasi yang justru akan semakin memberi keuntungan bagi Anda. Terlebih jika bonus didapat dalam jumlah yang besar, maka ada baiknya untuk mempertimbangkan investasi properti. Namun, jika bonus tidak terlalu besar, Anda tetap bisa menginvestasikan dana tersebut sebagai uang muka pembelian properti.

P2P Lending

Ingin melipatgandakan keuntungan dari bonus akhir tahun? Anda bisa memanfaatkan platform P2P lending untuk memberi pinjaman modal usaha dan mendapat return atau penghasilan dari bunga yang dibebankan kepada peminjam. Memanfaatkan teknologi digital, investasi melalui P2P lending dapat sangat menguntungkan, terlebih Anda dapat mulai berinvestasi dengan nilai yang minim.

Tak perlu khawatir terkait keamanan, sebab layanan P2P lending di Indonesia saat ini sudah diatur oleh Bank Indonesia (BI) dan diawasi secara langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tak hanya itu, layanan jasa teknologi keuangan juga sudah tertulis secara hukum dalam Peraturan BI No. 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Saham dan Obligasi

Bagi Anda yang sudah berpengalaman dalam mengelola bonus akhir tahun, instrumen investasi berupa saham dan obligasi tentu tepat untuk dipilih. Secara umum, saham merupakan bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan berdasarkan nilai uang yang diinvestasikan. Melalui investasi saham, Anda memperoleh dividen atau pembagian hasil secara rutin. Namun, saham memiliki risiko yang cukup besar karena harganya dapat menurun drastis tanpa bisa diprediksi.

Tak jauh berbeda, obligasi juga bisa memberikan keuntungan yang cukup besar mengingat besaran bunga yang dibebankan lebih besar daripada deposito. Umumnya, obligasi memiliki jangka waktu investasi sekurang-kurangnya lima tahun dan sulit untuk dicairkan sebelum memasuki periode yang ditetapkan. Selain itu, obligasi juga punya risiko cukup tinggi ketika perusahaan penerbit bangkrut atau dilikuidasi sehingga modal investasi awal tidak bisa dikembalikan.


Itulah tadi beberapa cara mengelola keuangan bonus akhir tahun melalui beberapa instrumen investasi yang menguntungkan. Bagaimana dengan pilihan produk investasi Anda?

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply