5 Produk Investasi Masa Kini, Apa Saja?

Berkembangnya era digital telah menciptakan cara baru dalam berinvestasi. Produk investasi yang dulunya dikelola secara manual dan tradisional kini terasa lebih modern karena bisa dilakukan secara online. Saham online, deposito online, reksa dana online, dan surat utang negara online adalah beberapa contoh produk investasi berbasis digital. Produk-produk investasi tersebut bisa Anda pantau pergerakannya hanya dalam genggaman tangan. Sudah banyak yang tertarik untuk mencoba investasi jenis ini, termasuk generasi milenial. Agar tidak ketinggalan tren baru ini, yuk pelajari selengkapnya tentang produk-produk investasi masa kini di bawah ini!

Saham Online

Investasi saham termasuk yang paling banyak dipilih oleh para investor. Pasalnya, investasi saham memberikan dua keuntungan yang bersumber dari dividen perusahaan dan selisih harga jual beli saham. Sebelum terjadinya digitalisasi, investasi saham harus dilakukan secara manual, dan Anda juga harus rajin mengecek pergerakan dan pertumbuhannya. Kabar baiknya, kini investasi saham sudah bisa dilakukan secara online. Anda dapat membeli saham suatu perusahaan hanya melalui aplikasi di smartphone atau komputer Anda yang terhubung ke internet. Untuk memantau pergerakannya, Anda tinggal membuka smartphone atau komputer di rumah. Mudah sekali, bukan?

Penting untuk diingat, jika Anda adalah pemain pemula dalam investasi, harap pahami dulu cara bermain saham online ini. Secara garis besar, Anda harus membeli saham saat harganya masih rendah dan menjualnya saat mencapai harga maksimal. Agar tahu kapan waktu yang tepat, dibutuhkan naluri, pengetahuan, dan keterampilan yang mumpuni. Hal utama yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu adalah menyiapkan dana, memilih broker, mendaftar ke broker saham, memilih jenis saham terbaik, menggunakan software online trading, dan mempelajari strategi investasi saham.

Lihat juga: “Puasa Dulu Lebaran Kemudian, Investasi Dulu, Bebas Finansial Kemudian

Nabung Emas via Aplikasi

Saat ini, sudah ada aplikasi yang memudahkan Anda untuk menabung emas. Aplikasi ini dibuat oleh Pegadaian dan bekerja sama dengan bank tertentu yang memfasilitasi transaksi pembayaran. Anda tidak perlu membeli emas secara manual, menyimpannya, dan menjualnya ketika harganya sedang tinggi. Anda hanya butuh aplikasi nabung emas yang sudah terunduh dan terpasang di smartphone Anda.

Segera setelah Anda mengunduh aplikasi nabung emas di smartphone, maka segera lakukan pendaftaran akun. Di aplikasi tersebut akan tertera harga jual dan beli emas saat ini. Anda hanya tinggal mentransfer sejumlah uang untuk membeli emas. Jika harga emas saat itu adalah Rp 500.000 per gramnya, dan Anda mentransfer Rp 1 juta, maka saldo emas di tabungan Anda otomatis akan berubah jadi 2 gram. Nabung emas via aplikasi ini juga memiliki fitur buku tabungan yang memudahkan Anda mengecek saldo di akun Anda.

Reksa Dana Online

Reksa dana termasuk jenis investasi yang banyak diminati oleh investor pemula karena sistemnya yang tidak terlalu rumit. Saat ini, Anda bisa melakukan investasi reksa dana online melalui beberapa pilihan aplikasi di smartphone Anda. Aplikasi reksa dana online ini bahkan dilengkapi dengan penasihat finansial yang akan membantu Anda memilih jenis investasi reksa dana terbaik dan berapa jumlah dana yang sebaiknya Anda investasikan.

Surat Utang Negara (e-SBN)

Surat utang negara (paper asset) atau yang lebih dikenal dengan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) merupakan jenis investasi yang sangat menjanjikan. Hanya dengan modal sekian juta rupiah, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Selain itu, jika dulunya Anda harus datang ke bank yang sudah ditunjuk untuk membeli obligasi ini, kini Anda bisa membelinya secara online. Hal ini diterapkan demi mendorong terciptanya kultur masyarakat yang senang berinvestasi. Jika tertarik untuk membeli surat utang negara, Anda bisa memesan dan membelinya melalui website Modalku.

Deposito via “Ponsel”

Saat ini sudah banyak bank yang menawarkan pembuatan rekening deposito hanya melalui ponsel. Anda tidak harus datang ke bank untuk mengurus pembukaan deposito online ini. Cara baru ini diciptakan demi menyesuaikan perkembangan zaman dan keinginan masyarakat untuk mendapatkan layanan perbankan yang cepat, sederhana, dan aman. Anda dapat membuka rekening deposito online dan sekaligus memantau perkembangannya dengan mudah.

Lebih lanjut: “Reksa dana, Sukuk, atau Deposito, Pilih yang Mana?


Produk-produk investasi yang sudah disebutkan di atas akan memberikan Anda kemudahan karena bisa ditransaksikan dan dipantau secara online. Jika Anda tertarik untuk berinvestasi dengan salah satu di antara produk-produk tersebut, ada baiknya Anda pelajari dulu cara investasinya agar tidak merugikan diri anda sendiri.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 

Leave a Reply