Mengenal Surat Utang Negara

Pilihan untuk berinvestasi sangat luas di Indonesia. Pilihan-pilihan tersebut meliputi aset konvensional seperti rumah, tanah, dan emas, hingga aset yang berbasis dokumen seperti Surat Utang Negara (SUN). Melalui jenis investasi SUN, selain mendapatkan keuntungan, Anda juga berkesempatan untuk membantu pembangunan negara. Bagaimana bisa? Mari simak penjelasan lebih jauh tentang SUN di bawah ini!

Apa Itu Surat Utang Negara?

Menurut Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI), Surat Utang Negara adalah surat berharga berupa surat pengakuan utang. Surat ini dapat diterbitkan dalam mata uang rupiah maupun asing, yang pembayaran pokok dan bunganya dijamin oleh negara sesuai dengan periode waktu yang telah ditentukan.

SUN seringkali dianggap sama dengan Obligasi Negara (ON). Padahal, pada dasarnya Obligasi Republik Indonesia (ORI) merupakan salah satu bentuk dari SUN, sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang No. 24 Tahun 2002. Selain ORI, Surat Perbendaharaan Negara (SPN) juga termasuk dalam jenis SUN.

Mengapa Negara Mengeluarkan Surat Utang?

Negara mengeluarkan SUN tentunya bukan tanpa alasan. Seluruh dana yang didapat dari transaksi SUN akan dialokasikan untuk kepentingan keuangan negara, seperti membiayai defisit APBN (Anggaran Pendapatan & Belanja Negara), menutup kekurangan kas jangka pendek, dan mengelola portofolio utang negara.

Pemerintah pusat baru akan menerbitkan SUN setelah mengantongi persetujuan dari DPR, yang sebelumnya sudah disahkan dalam kerangka pengesahan APBN. Sebelum diterbitkan, SUN juga dikonsultasikan dengan Bank Indonesia. Setelahnya, pemerintah berkewajiban untuk membayar pokok dan bunga saat jatuh tempo. Tentunya, dana untuk pembayaran pokok dan bunga SUN sudah dialokasikan pemerintah dalam penyusunan APBN.

Lebih lanjut: “Ayo Berinvestasi Sekaligus Berkontribusi untuk Pendidikan Indonesia dengan SBR007!”

Keuntungan Membeli Surat Utang Negara

Sama halnya dengan instrumen investasi lain, SUN juga memberikan beberapa keuntungan tersendiri bagi Anda yang memilihnya. Apa saja?

  • Terdapat potential capital gain – potensi keuntungan dari harga jual obligasi yang relatif lebih besar jika dibandingkan harga belinya.
  • Bebas risiko gagal bayar – pembayaran pokok dan bunga telah dijamin dalam UU SUN, sehingga pemerintah selalu menganggarkan pembayaran tersebut dalam APBN.
  • Berperan dalam memperkuat keuangan negara – tidak hanya meningkatkan stabilitas sistem keuangan negara, SUN juga bisa dijadikan benchmark untuk menentukan nilai instrumen keuangan lain.

Jenis-Jenis Surat Utang Negara

Secara umum, SUN dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Surat Perbendaharaan Negara (SPN) – menerapkan strategi diskonto untuk pembayaran bunga dengan jangka waktu hingga dua belas bulan.
  • Obligasi Negara (ON) – memiliki jangka waktu lebih dari dua belas bulan, baik dengan atau tanpa kupon (bunga). Obligasi Negara terbagi lagi menjadi dua jenis berdasarkan tingkat kupon, yaitu:
    • Obligasi Berbunga Tetap (tingkat bunga tetap)
    • Obligasi Berbunga Mengambang (tingkat bunga mengambang berdasarkan acuan khusus, biasanya merujuk pada Sertifikat Bank Indonesia)

Di Mana Kita Bisa Membeli Surat Utang Negara?

Tertarik berinvestasi paper asset SUN? Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh, salah satunya melalui situs resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Anda juga dapat mendatangi beberapa bank yang sudah bekerja sama dengan pemerintah Republik Indonesia untuk menangani pembelian SUN.

Apabila Anda ingin cara yang lebih praktis, Anda bisa memanfaatkan platform online seperti Modalku untuk membeli SUN. Langkah-langkahnya pun cukup mudah, mirip seperti ketika Anda mendaftar reksa dana online. Anda hanya perlu melakukan registrasi melalui sistem Modalku, melakukan pemesanan, dan membayar sesuai jumlah yang dibeli. Jika sudah, Anda bisa langsung mengonfirmasi nomor transaksi penerimaan negara.

Lebih lanjut: “Mengapa Negara Perlu Berutang?”


Kini setelah mengetahui pemahaman lebih tentang Surat Utang Negara, apakah Anda tertarik untuk melakukan investasi? Apabila memang tertarik, Modalku bisa membantu Anda untuk memfasilitasi pembelian SUN secara lebih mudah, praktis, dan cepat!


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply