Investasi yang Mendorong Ekonomi Bangsa

Kini semakin banyak orang yang terjun ke dunia investasi. Tak hanya baik untuk kesehatan finansial pribadi, investasi juga bagus untuk perekonomian bangsa. Sebagai buktinya, pada pertengahan 2017 lalu, Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan RI menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia yang positif ternyata tidak lepas dari pengaruh investasi yang dilakukan masyarakat. Dari sekian banyak instrumen investasi, beberapa di antaranya mampu menciptakan dampak positif bagi masyarakat sekaligus ekonomi, baik secara langsung maupun tidak.

Investasi yang Mendorong Ekonomi Bangsa Secara Langsung

Instrumen investasi yang mampu mendorong ekonomi bangsa Indonesia secara langsung adalah obligasi negara atau surat utang negara. Instrumen ini digunakan sebagai surat bukti atau sertifikat pemberian dana pada pihak pemerintah. Pemerintah yang menerbitkan obligasi wajib untuk membayar bunga secara berkala dan membayar pokok pinjaman saat jatuh temponya.

Jika dibandingkan dengan instrumen investasi, contohnya deposito, obligasi pemerintah menawarkan bunga yang relatif lebih besar. Nantinya, dana yang diberikan investor melalui pembelian surat berharga akan digunakan untuk membiayai pendidikan, pembangunan infrastruktur, dan beragam proyek negara lainnya.

Tak Hanya Surat Berharga Negara

Selain obligasi pemerintah atau surat utang negara, kini ada lagi alternatif investasi yang juga bisa Anda pilih untuk mendapatkan keuntungan sekaligus membantu ekonomi bangsa. Alternatif investasi yang praktis dan berbasis online ini bernama peer-to-peer (P2P) lending. 

Melalui sebuah platform online, praktik alternatif investasi P2P lending mempertemukan pemberi dana dengan peminjam dana. Dalam hal ini, peminjam dana adalah pebisnis UMKM yang memang sedang membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnisnya. Pemberi pinjaman akan mendapatkan pengembalian dana yang menarik. Dengan kata lain, tak hanya mendapatkan keuntungan, alternatif investasi P2P lending seperti Modalku juga dapat membantu mengembangkan UMKM nasional melalui dana yang Anda pinjamkan.

Investasi yang Mendorong Ekonomi Bangsa secara Tidak Langsung

Selain sejumlah instrumen investasi yang disebutkan di atas, ada pula investasi yang dapat mendorong ekonomi bangsa secara tidak langsung. Beberapa di antaranya adalah saham perusahaan lokal dan obligasi perusahaan. Melalui investasi yang didapatkan, perusahaan-perusahaan tersebut akan menyerap tenaga kerja lebih banyak sehingga dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

Tidak hanya itu, mereka tentunya juga akan menggunakan dana investasi untuk memproduksi lebih banyak barang sehingga diharapkan pemasukan juga semakin bertambah. Hal ini sangatlah baik karena menunjukkan aktivitas produksi yang berjalan positif. Selain itu, perusahaan juga diharapkan bisa lebih lancar dalam membayar pajak negara. Pajak inilah yang nantinya akan digunakan pemerintah untuk berbagai proyek negara yang dapat meningkatkan kesejahteraan warganya.


Selama ini, investasi mungkin hanya dipandang sebagai sarana untuk memperkaya diri atau mengumpulkan uang. Hal tersebut memang tidak salah mengingat salah satu tujuan dari investasi adalah untuk mencapai kemerdekaan finansial. Namun, lebih dari itu, manfaat investasi juga bisa menjadi cara positif untuk mendorong ekonomi bangsa, baik secara langsung maupun tidak. Jadi, dengan kata lain semakin banyaknya investor di Indonesia, maka ekonomi bangsa juga bisa semakin kuat. Yuk, investasi mulai sekarang!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply