Kiat Sukses Bisnis Kedai Kopi Kekinian

Dewasa ini, berbagai bisnis kekinian menjadi incaran, tidak terkecuali bisnis kedai kopi kekinian. Bisnis ini cukup populer dan berpotensi menghasilkan keuntungan besar. Data dari International Coffee Organization (ICO) pun menunjukkan bahwa rata-rata konsumsi kopi di Indonesia mengalami pertumbuhan lebih besar dibanding negara-negara lain.

Meningkatnya jumlah konsumsi kopi di Indonesia ini juga dapat dilihat dari pertumbuhan jual beli online. Salah satu e-commerce jual beli barang menunjukkan bahwa penjualan kopi di platform marketplace-nya mengalami peningkatan hampir tiga kali lipat. Pada tahun 2016, terjadi sekitar 40.000 penjualan produk kopi, sedangkan tahun 2017 meningkat menjadi hampir 120 ribu produk. Kondisi ini bisa menjadi angin segar bagi Anda yang ingin memulai bisnis kedai kopi kekinian.

Lalu, bagaimana peluang dan cara mengelola keuangan bisnis minuman kekinian satu ini?

Peluang Bisnis Kedai Kopi

Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, mendirikan bisnis kedai kopi kekinian di Indonesia tentu menjadi peluang bisnis yang menarik. Apalagi masyarakat Indonesia sendiri merupakan pencinta kopi. Munculnya tren ini membuat kopi tak lagi identik sebagai minuman para orang tua. Kini, wanita maupun anak-anak muda juga menjadikan kopi sebagai minuman kekinian favorit. Tidak berlebihan jika kita mengatakan bahwa kopi telah menjadi minuman favorit bagi semua kalangan.

Menguatnya tren minum kopi juga dibuktikan dengan menjamurnya kedai kopi di beberapa kota besar di Indonesia. Tak hanya menawarkan minuman kopi yang khas, kedai-kedai kopi juga menawarkan tempat yang nyaman, tenang, hingga unik. Tren ini pun menjadikan kedai kopi sebagai peluang bisnis tersendiri. Melihat kenyataan ini, peluang bisnis kedai kopi patut Anda pertimbangkan.

Membuka Usaha Warung Kopi Kekinian

Menindaklanjuti peluang yang ada, tentu Anda harus mulai mempersiapkan diri untuk membuka kedai kopi kekinian. Sebelum itu, Anda perlu melakukan serangkaian persiapan agar bisnis kedai kopi Anda berjalan dengan lancar. Persiapan pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan target konsumen. Jika telah menentukan target konsumen, akan lebih mudah bagi Anda untuk membangun konsep yang sesuai dengan target tersebut.

Lebih lanjut: “Inilah Cara Menganalisis Situasi Pasar untuk Bisnis Optimal”

Target dan konsep kedai kopi yang jelas akan memudahkan Anda dalam memilih lokasi dan harga yang tepat. Pilihlah juga konsep kedai kopi yang unik agar kedai kopi Anda dilirik dan dapat bersaing dengan kedai-kedai kopi lain. Anda bisa menjual cita rasa khas Indonesia sebagai keunikan dari kedai kopi Anda. Namun, jika Anda memiliki konsep unik lainnya, tidak salah jika Anda mencoba. Anda membutuhkan keunikan agar kedai kopi Anda bertahan lama.

Lebih lanjut: “Jadikan Bisnis Makanan Kekinian Tetap Ngehits dengan Pinjaman Dana Modalku”

Cara Mengelola Keuangan Bisnis Kedai Kopi Kekinian

Mengelola keuangan merupakan salah satu hal terpenting dalam menjalankan bisnis yang sukses. Hal ini berlaku pula pada bisnis kedai kopi kekinian. Anda perlu mengetahui beberapa cara untuk mengelola keuangan dengan baik dan benar, di antaranya adalah:

  • Pisahkan uang pribadi dan usaha

Menggabungkan keduanya merupakan salah satu kesalahan paling umum di kalangan pebisnis pemula. Namun, jika ingin binsis berjalan sukses, Anda perlu memisahkan kedua jenis uang ini untuk memastikan bahwa dana usaha Anda tersedia saat dibutuhkan dan tidak terpakai untuk kebutuhan personal. Selain itu, hal ini akan membuat catatan keuangan Anda lebih rapi.

  • Rencanakan keuangan

Meskipun Anda saat ini memiliki modal cukup besar, usahakan agar tidak menggunakannya untuk hal tak perlu secara berlebihan. Namun, jika Anda butuh modal tambahan, ajukan pinjaman dana untuk membantu kelancaran arus kas keuangan usaha. Apabila bila Anda memang membutuhkan tambahan modal dan sudah merencanakannya dengan baik, maka jangan takut mendaftar untuk pinjaman. Carilah penyedia pinjaman modal usaha yang cocok dengan kebutuhan bisnis Anda.

Lebih lanjut: “Siapa Bilang Mengajukan Utang itu Tabu?”

  • Jangan andalkan ingatan, buatlah buku catatan keuangan

Catatlah keluar masuknya uang di bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol lalu lintas keuangan dan memastikan tak ada dana yang menghilang. Tingkatkan pula administrasi bisnis Anda dengan mencatat seluruh transaksi penjualan secara sempurna. Arus kas usaha Anda pun akan lebih lancar dengan pembukuan yang rapi.

Lebih lanjut: “Strategi Merapikan Keuangan Usaha Bila Tidak Mengerti Akuntansi” dan “Arus Kas Lancar, Aplikasi Kredit Kelar”


Meskipun Indonesia bukan negara dengan peminum kopi terbanyak di dunia, jumlah peminum kopi di Indonesia terbilang cukup besar. Ditambah dengan tren kedai kopi kekinian, jumlah tersebut sangat mungkin akan mengalami peningkatan.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply