1

Inilah Cara Menganalisis Situasi Pasar Untuk Bisnis Optimal

Analisis situasi pasar sangat penting dilakukan oleh para pebisnis. Dengan analisis tersebut, Anda akan lebih mantap dalam menentukan upaya pemasaran yang paling dibutuhkan, sehingga bisnis dapat berjalan lebih optimal. Selain itu, analisis situasi pasar juga membantu Anda dalam membuat rencana bisnis serta menerapkannya, termasuk ketika Anda berencana untuk meluncurkan produk baru.

Lebih lanjut, hasil analisis situasi pasar ini juga dapat berfungsi sebagai panduan bagi tim pemasaran dan manajemen di dalam bisnis Anda untuk menentukan rute pemasaran yang akan diambil sehingga bisnis dapat berjalan dengan lebih optimal dan menghasilkan profit tinggi. Untuk itu, inilah cara menganalisis situasi pasar yang perlu Anda pelajari agar bisnis mampu bertahan di tengah persaingan ketat.

Ketahui Elemen Utama yang Harus Dipelajari dan Dievaluasi

Berdasarkan beberapa literatur terkait analisis situasi pasar, terdapat tiga elemen utama yang harus Anda pelajari dan/atau evaluasi selama menjalankan bisnis, yaitu perusahaan, pelanggan, dan pesaing. Dalam hal ini, analisis terhadap perusahaan dilakukan untuk mencari tahu cara kerja internal bisnis, termasuk tujuan dan sasaran dalam jangka pendek dan panjang. Anda juga dapat melihat budaya organisasi serta kekuatan dan kelemahan perusahaan.

Analisis pasar terhadap pelanggan juga penting untuk diperhatikan. Hal ini berkaitan erat dengan demografi serta target market bisnis Anda. Analisis juga akan melihat proses keputusan pelanggan. Sedangkan, analisis pesaing akan melihat posisi pasar perusahaan serta mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan para pesaing.

Analisis Jaringan Distributor

Setelah memahami elemen utama yang sangat berpengaruh terhadap analisis pasar, Anda juga perlu mengevaluasi produk dan layanan saat ini. Tak terkecuali jaringan distributor yang tentu tidak dapat dipisahkan dalam perjalanan bisnis Anda. Penekanan analisis harus ditempatkan pada saluran distribusi yang digunakan bisnis Anda untuk membawa produk atau layanan ke pasar, termasuk mode pengiriman yang diterapkan untuk memproses pesanan dan mengirimnya keluar bagi pelanggan.

Perhatikan Profitabilitas

Jangan keliru, profitabilitas lebih dari sekadar memperhatikan laba bersih yang didapatkan oleh bisnis. Anda juga harus mempertimbangkan pendapatan atau penerimaan, serta pengeluaran dan biaya yang menguranginya. Selain itu, penting juga untuk menghubungkan produk atau layanan dengan pelanggan. Lakukan identifikasi pelanggan yang menggunakan produk atau layanan Anda, dan pastikan apakah alasan mereka menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Dengan demikian, Anda dapat menentukan strategi terbaik yang dapat digunakan untuk menjangkau pelanggan yang menjadi target pasar dalam bisnis tersebut. Melalui strategi yang tepat, tentu jalannya bisnis akan lebih menguntungkan, bukan?

Stabilitas Ekonomi Masyarakat

Stabilitas ekonomi dan situasi pasar bisnis Anda tentu saling berhubungan satu sama lain. Untuk itu, riset pasar perlu dilakukan secara berkala guna memahami kondisi pasar yang tengah berlangsung. Kondisi ekonomi masyarakat tentu memengaruhi daya beli mereka terhadap produk yang Anda tawarkan. Hal ini juga harus dicatat dalam analisis situasi pasar mengingat bahwa mereka juga akan mempengaruhi bagaimana pemasaran dan rencana bisnis harus disusun.


Membaca situasi pasar untuk bisnis optimal cukup mudah dilakukan, bukan? Analisis situasi pasar juga dapat membantu Anda menentukan jumlah modal yang pas untuk mengembangkan bisnis.

Sudah selesai melakukan analisis situasi pasar? Anda bisa mulai memikirkan upaya marketing atau pemasaran yang efektif bagi usaha Anda. Untuk inspirasi, bacalah “Pentingnya Offline Marketing di Tengah Pusaran Bisnis Digital” dan “Memaksimalkan Peluang Bisnis dengan 3 Prinsip Digital Marketing”.

Bagi yang tertarik mengembangkan bisnis guna mencapai potensi terbesarnya, Anda bisa mempercayakan kebutuhan modal bisnis Anda bersama platform FinTech peer-to-peer (P2P) lending seperti Modalku. Ajukan pinjaman usaha dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan lebih mudah dan cepat melalui platform online Modalku.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Comments 1

  1. Pingback: Bingung Mau Bisnis Apa? 7 Tips Membangun Usaha yang Tepat – Modalku

Leave a Reply