Memenangkan Persaingan Bisnis Online

Perkembangan bisnis online meningkat dengan sangat cepat. Mengutip liputan6.comnilai transaksi e-commerce pun meningkat secara signifikan. Diprediksi hingga tahun 2018 ini, transaksi tersebut akan mencapai Rp 144 triliun.

Nilai transaksi tersebut merupakan peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Meski sangat menggiurkan, persaingan antar pebisnis online sangatlah ketat. Sebagai pebisnis, Anda harus melakukan berbagai cara agar bisa mengalahkan para kompetitor. Bagaimana cara memenangkan persaingan bisnis online?

Update Informasi

Agar bisnis online tetap survive dan tidak kalah saing, selalu update informasi. Manfaatkan berbagai media untuk mencari informasi sebanyak mungkin. Dengan teknologi, Anda bisa lebih mudah mengakses informasi untuk kebutuhan bisnis.

Selain itu, Anda juga dapat lebih mempelajari tren dan permintaan pasar dengan teknologi. Misalnya, di media sosial, Anda bisa follow beberapa pengguna yang merupakan target audiens Anda. Dari situ, cobalah memantau percakapan untuk mengetahui topik-topik apa saja yang sedang hangat dibahas. Nah, Anda dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk membuat strategi marketing yang relevan dan tepat sasaran.

Kualitas Produk dan Layanan yang Baik

Ada berbagai jenis bisnis yang berhasil meraih sukses dari internet. Beberapa diantaranya adalah raksasa global Google dan Amazon. Apa yang kira-kira bisa membuat Google dan Amazon begitu sukses?

Meski berbeda produk dan layanan, mereka sama-sama tak pernah kompromi dengan kualitas. Jangan sampai membuat produk yang mengecewakan konsumen, terlebih di tengah sengitnya persaingan bisnis online. Cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan melakukan riset. Cari tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh target audiens, lalu hadirkan solusi melalui produk dan layanan Anda. Dengan begini, produk dan layanan Anda pun memang dibutuhkan oleh pelanggan.

Lebih lanjut: “Inilah Cara Menganalisis Situasi Pasar Untuk Bisnis Optimal”

Kenali Kompetitor

Banyak hal yang harus diperhatikan untuk memenangkan bisnis online. Salah satunya adalah mengenali kompetitor dalam bidang bisnis yang sejenis dan pelajari bagaimana mereka menjalankan bisnisnya. Cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memantau media sosial kompetitor Anda. Catat hal-hal apa saja yang mereka share, bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan pelanggan, hingga digital campaign seperti apa yang pernah mereka lakukan.

Ingat, bukan berarti Anda harus meniru seluruh strategi yang dilakukan kompetitor. Anda bisa menjadikan strategi kompetitor sebagai dasar untuk menciptakan strategi yang berbeda. Tunjukkan bahwa Anda bisa lebih baik dari kompetitor.

Jangan Malu Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Online

Tak dapat dipungkiri bahwa modal menjadi salah satu faktor terpenting dalam mendirikan bisnis, bahkan jika itu usaha kecil-kecilan sekali pun. Beruntung jika Anda memiliki tabungan dengan jumlah cukup sebagai modal usaha berbisnis. Namun, bagaimana jika tidak?

Mengajukan pinjaman modal usaha online merupakan langkah tepat untuk memenuhi modal bisnis online Anda. Saat ini sudah banyak beragam opsi pinjaman modal usaha kecil yang tersedia. Bahkan opsi bisa dalam bentuk usaha FinTech atau teknologi finansial, contohnya melalui layanan peer-to-peer (P2P) lending. P2P lending mempertemukan peminjam (seperti pebisnis atau wirausahawan) dengan pemberi pinjaman yang meminjamkan dananya sebagai alternatif investasi.

Bagi Anda yang bisnis onlinenya sudah berjalan minimal 1 tahun, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha online melalui Modalku, platform P2P lending yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pinjaman modal usaha ini bisa digunakan untuk ekspansi bisnis online.


Memenangkan pasar bisnis online memang bukan hal yang mudah, tapi tidak mustahil untuk dilakukan. Dibutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit untuk menciptakan strategi-strategi kreatif agar bisa unggul di antara kompetitor. Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda untuk memenangkan persaingan bisnis online!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply