Jadikan Bisnis Makanan Kekinian Tetap Ngehits dengan Pinjaman Dana Usaha

Bisnis makanan dapat menghasilkan keuntungan besar. Apalagi makanan merupakan kebutuhan pokok manusia sehingga pasti selalu dicari. Salah satu jenis bisnis makanan yang layak Anda jalankan adalah usaha makanan kekinian. Selain berpeluang besar menarik banyak pelanggan karena statusnya yang kekinian dan trendi, usaha satu ini juga terbilang mudah dijalankan. Tentu, yang terpenting Anda harus memiliki modal untuk memulai.

Namun, menjalankan usaha kuliner bukanlah perkara mudah, apalagi jenis kulinernya adalah makanan kekinian. Popularitas makanan ataupun minuman kekinian cenderung mudah hilang. Jika tak ada inovasi dan kreasi, bisnis makanan kekinian Anda akan kalah saing. Nah, dalam menjaga usaha makanan kekinian tetap ngehits, ada baiknya Anda mengajukan pinjaman dana usaha. Mengapa demikian? Simak informasi lengkapnya!

Tren dan Tantangan Bisnis Makanan Kekinian

Bisnis makanan kekinian memang menggiurkan, apalagi mempertimbangkan besarnya jumlah generasi milenial. Semakin cepat Anda memulai bisnis makanan kekinian, semakin cepat pula Anda meraup keuntungan. Namun, yang tidak boleh Anda lupakan adalah tren makanan kekinian selalu berubah. Jika sudah tidak kekinian lagi, minat konsumen terhadap tren makanan tersebut bisa surut dan bisnis Anda terpaksa harus gulung tikar.

Lebih lanjut: “Ini Dia Penyebab Bisnis Kuliner Anda Bangkrut”

Oleh karena itu, Anda perlu update terhadap tren yang ada. Mengubah jenis makanan yang Anda jual seiring dengan perubahan tren akan sangat melelahkan. Jadi, Anda sebaiknya mencari ciri khas dari makanan kekinian Anda. Utamakanlah cita rasanya karena makanan yang enak akan lebih berpotensi untuk dinikmati kembali. Anda dapat melakukan berbagai inovasi yang membantu bisnis makanan Anda tetap digemari.

Dapatkan Tambahan Modal

Selain memikirkan keunikan cita rasa hingga melakukan berbagai inovasi, Anda juga membutuhkan tambahan modal untuk mengeksekusi berbagai inovasi yang sudah direncanakan. Jika tak mempunyai dana untuk tambahan modal, Anda bisa mengajukan pinjaman dana usaha. Pinjaman dana menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan modal usaha. Apalagi dengan adanya financial technology (FinTech) saat ini, Anda memiliki lebih dari satu sumber pinjaman modal usaha.

Anda bisa memperoleh tambahan modal dari platfrom peer-to-peer (P2P) lending sebagai alternatif pinjaman bank. Dalam model bisnis P2P lending, Anda dapat meminjam uang melalui platform online seperti Modalku. Bila dimanfaatkan dengan baik untuk perkembangan bisnis, pinjaman yang didanai pemberi pinjaman yang terdaftar di Modalku ini dapat membantu agar bisnis makanan kekinian Anda tetap ngehits ke depannya.

Memanfaatkan Pinjaman Dana Usaha

Apabila Anda sudah mendaftar untuk dan menerima pinjaman dana usaha, langkah selanjutnya adalah memanfaatkan pinjaman tersebut sebaik-baiknya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan pinjaman dana usaha tersebut:

  1. Gunakan untuk Tingkatkan Produktivitas

Anda dapat meningkatkan produktivitas bisnis makanan kekinian dengan membeli peralatan atau mesin yang selama ini Anda butuhkan. Anda juga bisa menambah jumlah karyawan untuk memberikan pelayanan maksimal terhadap pelanggan agar bisnis Anda makin ngehits.

  1. Pisahkan Dana Usaha dengan Dana Pribadi

Kelola keuangan bisnis dengan memisahkan pinjaman dana usaha dengan dana pribadi Anda. Memisahkan keduanya akan membuat catatan keuangan Anda lebih terkontrol. Jumlah pengeluaran dan pemasukan usaha juga jelas terukur.

  1. Investasikan Hasil Keuntungan untuk Memaksimalkan Perkembangan Usaha

Karena Anda meminjam dana usaha untuk mengembangkan bisnis, maka memanfaatkan keuntungan dengan menginvestasikannya bisa Anda pertimbangkan. Hasil dari investasi dapat Anda gunakan untuk melunasi utang pinjaman dana usaha. Atau Anda bisa menggunakan hasil investasi tersebut sebagai modal usaha untuk bisnis baru saat tren makanan kekinian yang sedang dijalankan tidak ingin diteruskan lagi.

  1. Fokus Terhadap Bisnis yang Sudah Dijalankan.

Ketika memperoleh tambahan modal, Anda mungkin akan tergiur untuk memulai bisnis makanan kekinian lainnya. Mengembangkan bisnis memang tidak ada salahnya, namun Anda harus berhati-hati untuk tidak menjalani bisnis yang belum jelas. Apalagi jika Anda memulai bisnis dari modal pinjaman. Lebih baik jika Anda fokus terhadap bisnis Anda saat ini dan memulai bisnis lain dengan modal Anda sendiri.

Lebih lanjut: “Apa Saja yang Bisa Dilakukan dengan Pinjaman Modal Usaha?”


Usaha makanan dan minuman kekinian memang bisa menghasilkan keuntungan besar. Namun, Anda tetap harus mempersiapkan dana yang cukup untuk membuat jenis usaha kuliner ini disenangi. Lakukan berbagai inovasi usaha makanan kekinian untuk meningkatkan minat dan ketertarikan pelanggan. Jangan ragu melakukan pinjaman dana usaha untuk mendorong pertumbuhan usaha Anda agar semakin besar.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply