1

Kembangkan Usahamu Bersama Mentor Bisnis!

Dunia bisnis terkenal akan kondisinya yang begitu dinamis. Hari ini mungkin bisnis Anda terlihat begitu stabil, tetapi tidak ada yang bisa menjamin apakah besok kondisinya juga sama. Bisa lebih buruk, tapi juga tak menutup kemungkinan justru berkembang lebih pesat. Agar bisa menghadapi berbagai perubahan tersebut, seorang pengusaha pun membutuhkan mentor bisnis.

Kehadiran mentor mampu membantu pengusaha untuk memberikan saran terkait solusi terbaik untuk mengembangkan bisnis. Ranah yang di-cover pun luas, mulai dari marketing, finansial, SDM, bahkan hingga pendanaan. Dengan adanya mentor, pengusaha pun dapat merasakan sendiri berbagai keuntungan berikut ini, yang tentu saja berdampak bagus terhadap bisnis, bahkan bisnis modal kecil sekali pun.

Memperluas Jaringan Bisnis

Idealnya, mentor adalah seseorang yang memiliki pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman dengan level di atas Anda. Artinya, ia sudah bertemu dengan lebih banyak orang dari berbagai latar belakang daripada Anda. Banyaknya kenalan atau relasi yang dimiliki oleh mentor bisnis bisa menjadi aset tersendiri. Bukan tidak mungkin Anda akan diperkenalkan dengan teman-teman mentor Anda yang juga sudah berpengalaman di bidang bisnis.

Tidak hanya menambah pengetahuan, jaringan bisnis Anda pun ikut meluas. Semakin luasnya jaringan bisnis, hal ini juga akan mempermudah Anda dalam mengembangkan bisnis. Siapa tahu ada salah satu dari kenalan tersebut yang ternyata merupakan seorang supplier atau bahkan investor.

Tempat Sharing Bisnis yang Kredibel

Mengembangkan bisnis pasti tidak lepas dari jatuh bangun. Berbagai tantangan pun akan Anda temui. Beruntung jika Anda bisa mengatasi tantangan tersebut secara mulus. Namun, bagaimana jika tidak?

Di sinilah seorang mentor bisa menjadi partner sharing bisnis yang kredibel. Berbekal pengetahuan, skill bisnis, dan jam terbang yang tinggi, mentor bisnis tidak hanya akan mendengarkan, tetapi juga memberi saran dan kritik terkait perkembangan bisnis Anda. Tentunya saran-saran yang diberikan didasarkan pada pengalaman yang sudah pernah dilalui sebelumnya. Dengan begitu, Anda pun mendapatkan sudut pandang yang dapat diandalkan.

Mentor dapat Memberikan Motivasi secara Berkelanjutan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dunia bisnis dikenal begitu dinamis. Saat bisnis Anda sedang down, wajar jika Anda juga ikut merasakan hal yang sama. Jika sudah begini, Anda membutuhkan motivasi yang benar-benar mampu membangkitkan semangat Anda kembali.

Seorang mentor dapat memberikan motivasi mengingat ia telah mengalami hal-hal serupa sebelumnya. Bahkan tak hanya motivasi, Anda juga akan mendapatkan cerita bagaimana ia melalui berbagai tantangan bisnisnya dulu. Di sinilah Anda bisa mengambil pelajaran dan inspirasi untuk kembali membangkitkan bisnis.

Dengan Mentor, Bisnis dapat Bertahan lebih Lama

Tahukah Anda bahwa menurut data SBA, sebanyak 30% bisnis baru tidak akan bertahan pada 24 bulan pertamanya dan sebanyak 50% tidak bisa mencapai tahun kelima? Namun, risiko tersebut bisa ditekan dengan adanya mentor. Masih dari data yang sama, tercatat bahwa sebanyak 70% bisnis yang memiliki mentor mampu bertahan hingga lebih dari lima tahun.

Hal ini tentu tidak terlepas dari peran mentor dalam membantu mengembangkan bisnis Anda. Ibaratnya, Anda bisa “potong kompas” berkat adanya petuah dan berbagai pelajaran yang Anda dapatkan dari mentor tersebut.

Mengisi Kekosongan Skill

Tidak ada orang yang memiliki seluruh seluk beluk pengetahuan tentang bisnis. Jika misalnya ada pun, jumlahnya pasti sangat jarang. Begitu pula dengan Anda. Anda mungkin sangat ahli di bidang tertentu, tetapi skill bisnis di bidang lainnya masih cenderung kurang. Kabar baiknya, Anda bisa mengisi kekosongan skill tersebut melalui kehadiran mentor.

Misalnya, katakanlah Anda memiliki skill bisnis yang fokus di bidang finansial. Namun, untuk bidang marketing, Anda masih agak tertinggal. Oleh sebab itu, carilah mentor yang ahli di bidang tersebut. Dengan begini, mentor bisa mengisi kekosongan atau kekurangan skill yang belum Anda miliki. Alhasil, bisnis Anda pun bisa lebih seimbang.


Lebih dari sekadar “pemberi masukan”, mentor akan memberikan banyak hal terkait bisnis yang Anda jalankan, mulai dari materi hingga solusi atas tantangan yang dihadapi. Jadi, masih ragu untuk memiliki mentor bisnis?

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Comments 1

  1. Pingback: 5 Tempat Networking yang Efektif - Modalku

Leave a Reply