Ingin Memulai Bisnis? Miliki 5 Skill Ini!

Saat hendak memulai bisnis, banyak orang yang bingung memikirkan masalah modal. Hal tersebut memang penting, tetapi perlu diingat bahwa modal bukan hanya dalam bentuk uang. Ada pula modal yang tidak kalah penting untuk dimiliki, yaitu skill bisnis. Kabar baiknya, skill bisnis bisa dipelajari secara berkelanjutan. Jadi, Anda pun dapat langsung mempraktikannya sambil terus mengasah skill tersebut.

Namun, mengingat bahwa bisnis terdiri dari begitu banyak aspek penting, kira-kira skill apa saja yang harus Anda kuasai untuk memulai bisnis dengan pondisi kuat?

Pengelolaan Keuangan

Mungkin ada beberapa dari Anda yang mengira bahwa pengelolaan keuangan baru dilakukan apabila bisnis sudah menghasilkan profit. Padahal, sebetulnya sejak awal memulai bisnis pun skill satu ini sudah sangat dibutuhkan. Seperti yang sempat disinggung, yang namanya bisnis pasti membutuhkan modal berupa uang. Jika modal uang ini tidak dikelola secara baik, tentu Anda akan kesulitan untuk “memutar” uang tersebut agar dapat menghasilkan pemasukan sesuai target.

Lalu, saat bisnis akhirnya berjalan, Anda juga pasti tetap akan melakukan pengeluaran. Di sinilah skill pengelolaan keuangan bisa membantu Anda untuk mengurus arus kas atau cash flow dengan benar. Jadi, Anda pun tahu dengan rinci perputaran uang dalam bisnis Anda hingga ke nominal terkecil.

Kemampuan Melobi

Saat awal memulai bisnis, entah itu bisnis kreatif atau bisnis formal, mungkin Anda masih mengurus segala sesuatunya sendiri. Namun, ingat, bisnis tidak akan bisa berkembang tanpa adanya bantuan dari orang lain. Di sinilah kemampuan melobi Anda akan diuji. Lebih dari sekadar komunikasi, melobi mengharuskan Anda untuk melakukan negosiasi. Tujuannya bukan hanya untuk melancarkan kepentingan bisnis Anda, tetapi juga dapat menguntungkan pihak lawan negosiasi.

Salah satu caranya adalah dengan selalu melakukan background check terhadap lawan bicara sehingga Anda bisa menyiapkan penawaran yang pas. Semakin sering Anda melobi, maka skill Anda akan semakin menajam. Jika bisa memanfaatkan skill melobi dengan maksimal, lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan hal-hal yang diinginkan.

Keterampilan Pemasaran

Sebagus apa pun kualitas produk barang atau jasa yang Anda tawarkan, hal tersebut akan percuma apabila Anda tidak memiliki pembeli. Tidak ada cara selain menerapkan teknik-teknik pemasaran demi mendapatkan pembeli. Mengingat ada begitu banyak teknik, media, dan platform yang bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis, Anda perlu memilih satu atau beberapa yang benar-benar tepat sasaran.

Artinya, Anda diharuskan untuk mengenal target audiens secara baik terlebih dulu. Misalnya, Anda menjual pakaian wanita untuk kaum milenial. Karena kaum milenial sangat dekat dan teknologi dan media sosial, Anda bisa memanfaatkan Instagram, Twitter, atau Facebook untuk mempromosikan produk di kalangan milenial sebagai target audiens.

Kreatif dan Inovatif

Kreativitas tidak hanya dibutuhkan oleh para pemilik bisnis kreatif. Seluruh bisnis di bidang apa pun perlu memilikinya. Jangan langsung merasa minder karena kreativitas merupakan sesuatu yang bisa dipelajari. Salah satu aktivitas yang bisa memicu pemikiran kreatif adalah dengan sering-sering membaca. Semakin sering membaca, maka akan ada semakin banyak informasi yang Anda dapatkan sehingga sedikit demi sedikit mengasah kreativitas.

Nantinya, skill kreativitas inilah yang dapat membantu Anda jika misalnya terjadi improvisasi dari rencana yang telah dicanangkan. Tak hanya itu, kreativitas juga bisa berujung menjadi sebuah inovasi menarik agar target audiens tidak merasa bosan dengan brand Anda.

Jeli Melihat Peluang

Skill satu ini mungkin cukup tricky untuk dipelajari karena tidak ada patokan khusus kapan sebuah peluang bisnis akan datang. Meski begitu, bukan berarti tidak ada hal yang bisa dilakukan. Lagi pula, terkadang sebuah peluang harus “dijemput” terlebih dulu agar bisa muncul.

Sebagai langkah awal, Anda bisa melakukan riset pasar untuk mengenali setiap target audiens. Dari sini, Anda akan mendapatkan data-data penting seperti produk yang paling diminati, kecenderungan kebutuhan konsumen, bahkan produk seperti apa yang belum ada di pasaran. Hasil analisis data nantinya dapat menjadi bekal bagi Anda untuk melakukan berbagai inovasi demi mengembangkan bisnis.

Lihat juga: “Berjaya dengan Data, Untung Besar dengan Riset Pasar”


Tidak kalah penting dari dana, skill juga merupakan modal yang perlu Anda asah sebelum memulai bisnis. Setidaknya fokuslah dulu pada kelima skill di atas agar bisnis Anda bisa berdiri dengan kokoh sejak awal.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply