4 Alasan untuk Berani Memulai Bisnis Sekarang Juga

Membangun bisnis kerap dipertimbangkan oleh orang-orang yang ingin berpenghasilan besar. Memang, kondisi finansial Anda akan jauh lebih mapan bila sukses merintis bisnis yang dijalankan. Namun, tidak sedikit pula yang masih ragu-ragu memulai bisnis karena potensi mengalami kerugian yang cukup besar. Apakah Anda juga merasa demikian? Jika iya, ada baiknya Anda mengetahui empat alasan untuk berani memulai bisnis sekarang juga sebagai bahan pertimbangan!

Usia Muda, Masih Ada Waktu untuk Bereksperimen

Anda pasti sering mendengar anggapan bahwa umumnya anak muda memiliki sifat berani dan siap menghadapi tantangan. Anggapan itu sangat mungkin benar karena sebagian anak muda memang tidak takut mencoba hal baru. Nah, fakta bahwa Anda masih muda sebenarnya lebih dari cukup untuk membuat Anda berani memulai bisnis sekarang juga. Apalagi bisnis yang sukses tidak lepas dari keberanian mengambil keputusan, sehingga usia muda bisa jadi sebuah kelebihan.

Meskipun gagal, ingatlah bahwa Anda belum dibebani dengan tanggungan. Anak muda yang belum berkeluarga dan hanya menghidupi dirinya sendiri memiliki kesempatan untuk menghabiskan “jatah gagal”. Jika gagal pun Anda selalu bisa coba lagi hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Dengan kondisi fisik yang masih sehat, Anda bisa lebih produktif dalam berbisnis. Bersaing dengan kondisi tersebut akan lebih mudah bagi anak muda.

Belajar Makin Mudah di Era Digital

Anda mungkin tidak percaya diri untuk memulai bisnis karena merasa masih kurang ilmu dan pengalaman. Tapi, pernahkah Anda berpikir bahwa di era digital seperti sekarang kesempatan untuk belajar sangat besar dan mudah dilakukan? Anda tidak perlu menunggu hingga semua ilmu tentang bisnis Anda kuasai, karena Anda bisa learning by doing. Anda bisa memulai bisnis impian Anda sambil mempelajarinya, sehingga Anda bisa belajar dengan langsung melakukannya.

Di era digital, akses terhadap informasi juga tidak terbatas. Informasi apapun yang Anda butuhkan tentang bisnis, mulai dari cara memulai bisnis, cara meningkatkan profit, hingga mengembangkan bisnis, bisa Anda akses dengan mudah. Akses terhadap informasi tersebut menjadi salah satu alasan tepat bagi Anda untuk memulai bisnis sekarang juga. Lagi pula, teori tak menjamin kesuksesan. Lebih baik Anda langsung mencoba dan mengetahui hasilnya.

Lebih lanjut: “Langkah Mudah Membangun Koneksi Bisnis”

Ekonomi Digital Meningkat, Manfaatkan Peluangnya

Peluang ekonomi digital di Indonesia sangatlah besar. Peluang tersebut bahkan menjadi dasar bagi pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Joko Widodo untuk menargetkan Indonesia pada tahun 2020 menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di ASEAN. Target tersebut ditetapkan dengan proyeksi nilai transaksi e-commerce mencapai angka 130 miliar dolar AS di tahun 2020. Terdengar ambisius? Memang, tapi tampaknya pemerintah memiliki alasan kuat atas target tersebut.

Saat ini, masyarakat Indonesia memiliki perilaku yang sangat berorientasi digital. Laporan riset bertujuk Digital in 2019 menyatakan 56% masyarakat Indonesia merupakan pengguna internet. Sebagian besar di antaranya secara mobile mengakses internet tidak kurang dari empat jam sehari. Nah, dengan besarnya pengguna internet di Indonesia saat ini, tidak salah bila pemerintah memanfaat peluang yang ada. Fakta ini pun menjadi alasan yang tepat bagi Anda untuk memulai bisnis dan memanfaatkan peluang yang tersedia.

Kesempatan Kolaborasi Terbuka

Tidak bisa dipungkiri, berbagai bisnis saat ini memanfaatkan kolaborasi dalam mengembangkan bisnis dan memperluas jangkauan pasarnya. Kesempatan kolaborasi yang terbuka besar ini juga menjadi salah satu alasan penting bagi Anda untuk memulai bisnis. Kolaborasi yang saat ini bisa dilakukan via co-working space, digital forum atau platform, hingga media sosial membuatnya harus dimanfaatkan untuk segera menetapkan target memulai bisnis yang selama ini Anda inginkan.

Lebih lanjut: “Co-Working Space: Tempat “Bermain” Pekerja Startup”


Dengan mengetahui empat alasan untuk berani memulai bisnis sekarang juga yang sudah dijelaskan di atas, semoga Anda bisa mengumpulkan keberanian untuk memulai. Realisasikanlah ide-ide dan semangat yang Anda punya untuk memulai bisnis sekarang juga. Semoga bermanfaat!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply