1

5 Tempat Networking yang Efektif

Bagi Anda yang baru terjun ke dunia kerja atau sedang ingin mengembangkan diri, networking tentu menjadi modal utama. Melalui jaringan yang baik, Anda bisa banyak bertemu dan mengenal bermacam-macam orang dengan karakter yang beragam. Jika beruntung, Anda juga berkesempatan memiliki peluang karir yang lebih luas berkat networking yang tepat. Kabar baiknya, kemampuan membangun networking bisa diasah selama Anda datang ke tempat-tempat yang tepat.

Co-working Space

Konsep co-working space pertama kali dikenalkan oleh Brad Neuberg di tahun 2005 silam. Ini menjadi upaya untuk menggabungkan kemandirian bekerja dalam sebuah ruang kerja bersama. Sebagai dampak positifnya, di co-working space Anda bisa mendapat peluang untuk menjangkau networking yang lebih luas. Ruang kerja bersama yang non-hirarki dapat menciptakan keakraban tersendiri. Anda tidak lagi merasa segan untuk bertukar pikiran, ide, dan gagasan dengan orang-orang baru.

Seminar/Workshop

Tempat networking selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah seminar atau workshop. Dengan rutin mengikuti seminar, maka Anda berkesempatan untuk bertemu banyak orang yang memiliki latar belakang berbeda. Cara ini juga efektif membuat pikiran Anda agar lebih berpikiran terbuka terhadap tantangan dan perubahan kondisi masyarakat. Menariknya, semakin banyak relasi yang dimiliki, maka kesempatan Anda mengembangkan bisnis pun semakin terbuka lebar.

Lihat juga: “Kembangkan Usahamu Bersama Mentor Bisnis!”

Komunitas

Bagi Anda yang senang bertemu dengan banyak orang, tidak ada salahnya untuk bergabung dalam sebuah komunitas. Terlepas dari komunitas itu terkait dengan bidang bisnis yang dijalani ataupun tidak, dengan mengikuti komunitas Anda bisa membangun networking. Semakin banyak orang lain mengenal Anda, maka semakin banyak pula yang mengenal bisnis yang sedang Anda geluti. Dengan begitu, Anda tidak perlu bersusah payah memperkenalkan bisnis pada orang lain. Anggota komunitas tersebut juga bisa menjadi target pemasaran Anda.

Saat ini juga banyak tersedia komunitas online yang bisa diikuti tanpa harus bertatap muka setiap hari. Pilih komunitas tepercaya, terutama yang beranggotakan orang-orang inspiratif sehingga Anda bisa lebih termotivasi untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari. Komunitas online ini bisa diikuti secara gratis maupun berbayar ketika mengadakan event tertentu.

Café

Alih-alih sekadar menghabiskan waktu untuk nongkrong sambil ngopi di kafe, kenapa tidak mencoba membangun networking di tempat kekinian tersebut? Anda bisa berkenalan dengan orang-orang baru di sana. Sesekali berbagilah pengalaman dan informasi terkait hal-hal yang sedang populer atau bahkan soal bisnis Anda. Tentu saja, kegiatan nongkrong Anda bisa lebih produktif sambil memperluas networking selama berada di kafe.

Platform Media Sosial

Terakhir, Anda juga bisa memanfaatkan platform media sosial sebagai tempat untuk memperluas networking secara efektif. Meski tidak saling bertatap muka, Anda bisa memperkenalkan diri sambil mempelajari profil relasi yang didapat dari akun media sosial. Mulai dari LinkedIn, Twitter, Facebook, atau bahkan Instagram bisa dimanfaatkan sebagai tempat networking.

Namun, sebelumnya pastikan halaman profil Anda sudah cukup “menjual”. Pasalnya, profil adalah hal pertama yang akan orang lain lihat untuk mendapatkan impresi pertama dari diri Anda. Cek kembali apakan profil Anda sudah cukup update sehingga membuat orang-orang tertarik mengenal Anda lebih jauh.

Lebih lanjut: “5 Panduan Media Sosial bagi UKM”

Jadi, di mana tempat networking yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Dengan networking yang baik, tentu Anda bisa mengembangkan diri dengan lebih baik lagi. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk memperluas jaringan bisnis dengan networking yang dimiliki. Oleh karena itu, segera bangun networking Anda secara optimal demi manfaat positif yang bisa dipetik di kemudian hari.


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Comments 1

  1. Pingback: Co-Working Space: Tempat “Bermain” Pekerja Startup - Modalku

Leave a Reply