Cara Mengatur Waktu Luang Agar Tidak Terbuang Sia-sia

Sebagai orang yang selalu disibukkan dengan urusan kantor, dari satu meeting ke meeting hingga satu deadline ke deadline lainnya. Waktu luang di hari libur tentu menjadi sebuah kemewahan. Mungkin Anda ingin melakukan segala hal yang disenangi ketika ada kesempatan untuk bersantai. Namun, alih-alih mengerjakan hal yang bermanfaat di waktu luang, seringkali kita malah tanpa sadar menghabiskannya untuk hal yang sia-sia. Pernahkah Anda mengalami hal serupa? Merasa waktu luang cepat sekali habis padahal belum melakukan aktivitas yang diinginkan?

Tak perlu khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak yang merasakan hal serupa. Ikuti tips berikut untuk lebih memaksimalkan waktu luang agar tidak terbuang sia-sia.

Time is Money

Anda tentu sudah sangat paham dengan istilah yang satu ini. Gunakanlah pepatah ini sebagai patokan Anda untuk mendapatkan waktu luang yang produktif. Ingat bahwa Anda tidak bisa memutarbalikkan waktu yang sudah berlalu. Jadi, ketika Anda hanya bersantai-santai dan melakukan hal tidak bermanfaat di waktu luang, orang lain mungkin sedang berpacu untuk meraih kesuksesan.

Bukan berarti Anda tidak boleh istirahat sama sekali di waktu luang, tetapi ada baiknya tidak menghabiskan semua waktu libur untuk hanya bersantai. Misalnya saja Anda punya hari libur Sabtu dan Minggu. Bersantailah di sebagian hari Sabtu, lalu lanjutkan dengan hal yang lebih bermanfaat. Misalnya membaca buku atau mengikuti online course.

Lihat juga: “Gaji Besar tapi Uang Habis Terus? Saatnya Periksa Siklus Gaji!”

Tentukan Prioritas Anda

Membuat skala prioritas bisa membantu Anda menentukan apa yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu. Hal ini juga membantu Anda menyadari bahwa ada banyak hal lain yang menunggu untuk diselesaikan. Jadi, alih-alih membuang waktu luang untuk hal yang tidak berarti, buat daftar kegiatan apa saja yang perlu untuk dilakukan.

Misalkan Anda adalah orang yang sudah memiliki keluarga, gunakan waktu luang untuk mengecek kondisi rumah dan kebutuhan yang mungkin saja sudah habis. Bisa juga dengan menjadwalkan family time di waktu luang. Jika ada banyak hal yang harus dilakukan, buatlah susunan mana yang harus dikerjakan lebih dulu.

Isi Waktu Luang untuk Kegiatan yang Positif

Memaksimalkan waktu luang bisa dengan melakukan berbagai kegiatan positif yang bagus untuk perkembangan diri. Contohnya saja mengasah skill, menambah networking, dan mencari usaha sampingan. Ikuti beberapa seminar atau kelas kursus untuk menambah kemampuan Anda di bidang pekerjaan yang dijalani.

Dengan mengikuti beberapa acara di hari libur, Anda akan menambah koneksi dari berbagai kalangan. Siapa tahu Anda bertemu dengan orang yang berpotensi untuk diajak bekerja sama. Bisa juga Anda mendapat peluang karier yang lebih tinggi dari tawaran orang yang ditemui. Anda juga bisa menggunakan waktu luang untuk menjalankan bisnis sampingan. Contohnya saja membuka kursus musik, usaha online shop, atau membuka jasa katering.

Lebih lanjut: “5 Tempat Networking yang Efektif”

Kurangi Aktivitas yang Hanya Membuang Waktu

Scrolling instagram feed tanpa henti, bermain games online hingga lupa waktu, dan membuka Youtube dari pagi hingga petang adalah beberapa hal yang memang tidak bisa Anda hindari ketika memiliki waktu luang. Namun, jika Anda ingin berubah menjadi pribadi yang lebih bisa memanfaatkan waktu senggang, maka mulailah untuk mengurangi aktivitas tersebut.

Beri batasan waktu kapan harus berhenti mengecek laman media sosial dan bermain games. Taati batasan yang sudah dibuat dan segera beranjak untuk melakukan aktivitas lain yang lebih bermanfaat. Tidak mudah memang, namun Anda hanya butuh niat yang kuat dan kesadaran untuk berubah.


Ingatlah bahwa tidak ada orang sukses yang menyia-nyiakan waktu yang dimiliki. Orang sukses di dunia ini selalu memiliki hal bermanfaat untuk dilakukan, entah untuk perkembangan karier maupun pribadi. Jadi, jika Anda ingin menjadi orang sukses, gunakan waktu yang dimiliki dengan sebaik-baiknya.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply