1

Tips Mengatur Keuangan untuk Liburan

Baik menikmati keindahan aurora di Skandinavia maupun menyelidiki sejarah peradaban kuno di Yunani, setiap orang memiliki liburan impian masing-masing. Semua orang butuh liburan untuk melepaskan diri sementara dari stres dan hiruk pikuk pekerjaan. Dengan liburan, Anda akan kembali bersemangat untuk melanjutkan rutinitas.

Apa perbedaan liburan yang mengesankan dengan yang biasa saja? Momen-momen spontan memang menjadi memori terbaik, tapi kesuksesan dimulai dari tahap perencanaan. Fase perencanaan terkait erat dengan budgeting atau penganggaran uang. Membuat anggaran liburan mungkin kurang menarik, tetapi Anda tidak mau kehabisan uang saat di negara orang, kan? Anda juga tentunya tidak mau uang di rekening bank habis hanya untuk liburan. Hindari stress dari awal dengan membuat budget!

Lihat juga: 4 Tips Cerdas Menyusun Rencana Keuangan Pribadi

Sebelum Perjalanan…

Mulailah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: (1) Anda mau pergi ke mana? (Thailand berbeda dengan Italia); (2) Berapa lama perjalanan Anda? (long weekend atau sebulan?); (3) Dengan siapa Anda berlibur? (sendirian atau sekeluarga?). Jika Anda tidak sendirian, ingatlah bahwa setiap orang memiliki preferensi yang berbeda. Diskusikan bersama tentang perjalanan apa yang kalian inginkan. Apakah kalian ingin belanja, menikmati pemandangan, atau ingin wisata kuliner? Hanya dengan menetapkan arahan, rencana liburan sudah jauh lebih mudah.

Akan lebih baik bila Anda membuat anggaran dan merencanakan perjalanan secara bersamaan agar tidak ada yang terlewatkan. Dengan cara ini, Anda akan memiliki rute perjalanan beserta tanggalnya, sekaligus terbayang total biaya yang diperlukan. Catat kegiatan yang akan dilakukan di tempat tujuan, lalu mulai perhitungkan acara-acara yang memakan biaya besar. Misalnya Anda ingin nonton konser. Berapa harga tiketnya? Ada restoran mahal yang jadi sasaran di rute perjalanan? Buat estimasi berapa total tagihan Anda di restoran tersebut.

Setelah membuat anggaran biaya untuk aktivitas, ini saatnya menghitung pengeluaran saat perjalanan. Lakukan riset harga tiket pesawat dan akomodasi terlebih dahulu karena mereka termasuk biaya liburan termahal. Jangan lupa bahwa biaya transportasi tidak berhenti di pesawat. Akankah Anda menggunakan transportasi umum atau naik taksi? Bila yang pertama, cek rute kereta atau bis serta harga tiket per hari. Jika akan banyak mengandalkan taksi, tambahkan anggaran Anda. Ongkos taksi pasti lebih mahal.

Selesai dengan rute perjalanan, transportasi, dan penginapan? Selanjutnya Anda perlu membuat budget untuk biaya hidup, terutama anggaran makan dan belanja. Mahal tidaknya anggaran makan tergantung pada jenis liburan. Bila ini wisata kuliner, tentu Anda harus menyisihkan uang lebih banyak. Sama kasusnya dengan uang belanja. Bila Anda tahu akan banyak belanja, alokasikan budget yang cukup.

Jangan lupa perhitungkan biaya pra-keberangkatan. Contohnya: biaya visa, pakaian travel (bila liburan di musim dingin), dan asuransi perjalanan untuk melindungi diri saat keadaan darurat.

Anda dapat menyusun anggaran liburan sesuai format yang Anda inginkan. Tidak perlu rumit, yang penting mudah diedit dan praktis digunakan. Sudah selesai menetapkan anggaran? Saatnya menabung hingga mencapai budget yang ditentukan.

Sebelum pergi, bayar tagihan-tagihan Anda. Apalagi bila Anda akan bepergian lama. Berikan notifikasi soal rencana liburan ke bank Anda. Ini penting bila Anda akan menggunakan kartu kredit selama perjalanan.

Lihat juga: Siapa Bilang Mengelola Keuangan Pribadi itu Sulit?

Selama Perjalanan …

Saat di jalan, bawalah beberapa bentuk uang. Misalnya uang tunai, ditambah kartu kredit dan kartu ATM. Meskipun kini sudah zaman digital, uang tunai masih dibutuhkan saat berlibur. Simpan uang Anda di tempat yang berbeda-beda. Anda dapat menyimpan sebagian besar uang Anda dalam koper. Untuk perjalanan sehari-hari, cukup membawa dompet kecil yang berisi uang tunai dan kartu kredit.

Kita cenderung menjadi lebih boros saat berlibur. Bila perlu, Anda bisa mencatat ke mana perginya uang dan mencocokkan pengeluaran dengan anggaran libur. Jangan gunakan cara yang rumit. Catat saja di notebook kecil atau pakai halaman excel yang sederhana.

Tetapi jangan terlalu ketat soal pengeluaran. Anda boleh sesekali belanja royal selama liburan. Tentu saja, jangan berlebihan. Jangan sampai Anda beli lukisan yang harganya seisi rekening tabungan Anda. Namun, budget tak seharusnya menjadi beban. Ini liburan kok, tujuan utamanya adalah menikmati hidup. Anda tidak akan dapat apa-apa bila pengeluaran selama liburan 100% sesuai anggaran.

Setelah Perjalanan …

Hore! Anda berhasil merencanakan liburan dan sudah pulang dengan berbagai pengalaman yang mengesankan. Sekarang Anda sudah kembali. Mungkin Anda sudah tergoda mengecek email. Tapi bukan hanya email yang perlu dicek, kondisi rekening bank dan laporan kartu kredit juga butuh perhatian. Evaluasi pengeluaran Anda bersamaan dengan laporan bank dan kartu kredit. Apakah sesuai? Ada yang aneh? Bila ada ketidakcocokan, segera kontak bank Anda untuk menyelesaikan isu ini.

Bila ada waktu, ada baiknya Anda membandingkan anggaran awal dengan pengeluaran sebenarnya. Hasil perbandingan ini akan memberikan petunjuk untuk liburan berikutnya. Contoh: selama ini Anda merasa bahwa uang Anda paling banyak dialokasikan ke aktivitas saat liburan. Sebut saja naik balon udara atau menonton konser. Ternyata saat dicek, Anda menghabiskan banyak uang untuk wisata kuliner. Saat merencanakan libur tahun depan, Anda perlu menambah anggaran makan.


Liburan dibutuhkan untuk memperluas pengalaman dan untuk menyegarkan suasana. Menyusun budget yang realistis akan membawa Anda semakin dekat ke liburan impian. Sekarang Anda sudah jago membuat anggaran keuangan untuk liburan, ayo taklukkan semua destinasi impian Anda!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Comments 1

  1. Pingback: Ini dia! 4 Cara Merayakan Valentine bagi Pasangan LDR/LDM secara Digital - Modalku

Leave a Reply