7 Tips Liburan Akhir Tahun Hemat. Kenapa Tidak?

Sebentar lagi akhir tahun akan tiba, semua orang akan menghabiskan waktunya untuk berlibur. Namun setelah liburan, orang-orang sering kali mengeluh akan kondisi keuangan mereka yang terganggu. Setelah liburan bukannya senang malah pusing. Hal tersebut pastinya terjadi karena perencanaan keuangan yang tidak matang. Untuk menghindarkan diri dari kuangan yang terganggun setelah berlibur, hendaknya Anda melakukan 7 tips liburan hemat berikut ini.  

Periksa Bujet

Untuk mencapai liburan yang hemat lagi sehat, langkah pertama periksa terlebih dahulu bujet Anda. Apakah Anda memiliki bujet yang cukup untuk melakukan liburan atau tidak. Untuk hal ini Anda minimalnya mempunyai uang sebesar 20% dari penghasilan Anda yang memang dialokasikan untuk liburan. Terdapat sebuah presentase budgeting yang banyak digunakan oleh orang-orang.

Presentase tersebut adalah 50, 30, dan 20. Dari total pendapatan, pertama kali dialokasikan sebesar 50% untuk kebutuhan utama, seperti tempat tinggal, makan, dan tagihan wajib lainnya. 30% untuk ditabung sebagai dana darurat atau dana tak terduga di masa depan.

Berikutnya adalah 20% yang dialokasikan untuk aktifitas hiburan atau sosial. Biasanya orang memanfaatkan alokasi 20% ini untuk melakukan hobi mereka. Jika Anda hobi berlibur, maka 20% ini digunakan untuk kamu berlibur. Jika ternyata Anda telah memiliki bujet yang sesuai dengan formula di atas, Anda bisa berlibur sesuai dengan total uang yang Anda miliki.

Lihat juga: “Tips Mengatur Keuangan untuk Liburan”

Tentukan Destinasi Wisata Sesuai Bujet

Setelah Anda mengetahui kondisi keuangan Anda sangat aman untuk berlibur, Anda bisa menentukan destinasi wisata sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Untuk bujet liburan di bawah Rp 2.000.000, Anda bisa menikmati liburan dengan mengunjungi berbagai wisata yang ada di dalam kota tempat Anda tinggal atau sekitarnya. Ini juga cocok untuk liburan akhir tahun. Jangan memaksakan untuk pergi ke luar kota yang jauh karena itu akan membutuhkan lebih banyak uang. Cobalah untuk mencari informasi wisata di dalam kota yang belum pernah Anda kunjungi.

Sebaliknya jika Anda memiliki bujet lebih, Anda bisa menikmati liburan di luar kota. Namun liburan di dalam kota bukan berarti hal yang menyedihkan. Ada banyak sekali keunggulan berlibur di dalam kota sendiri, di antaranya Anda sudah hafal jalanan yang ada, Anda tidak memerlukan tempat untuk menginap, dan Anda akan lebih mengenal kota Anda sendiri.

Berburu Tiket Pesawat Murah

Jika bujet Anda mendukung untuk berlibur ke luar kota atau luar pulau, Anda tentunya memerlukan transportasi seperti pesawat. Untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah, Anda harus rajin-rajin berburu tiket pesawat. Coba bandingkan satu situs penyedia tiket perjalanan dengan situs yang lain. Saat browsing masukkan keyword tiket pesawat murah atau tiket pesawat promo.

Kunjungi Travel Fair

Jika Anda tidak menemukan tiket yang murah melalui browsing. Anda dapat mengunjungi travel fair. Di travel fair, maskapai atau penyedia jasa tiket perjalanan akan menawarkan harga yang miring. Selain itu biasanya Anda bisa memilih kursi (seat) sesuai dengan selera Anda.  

Cari Teman Liburan

Berlibur bersama teman? Kenapa tidak. Berlibur bersama teman bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan liburan yang hemat. Liburan bersama juga cocok untuk mengisi liburan akhir tahun. Biaya akomodasi dapat dibagi bersama (patungan). Lebih banyak teman yang ikut maka biaya akomodasi akan lebih ringan. Sebagai contoh saat Anda merental mobil dengan harga Rp 500.000, Anda tidak menanggung semua biaya sewa tersebut sendiri. Jika terdapat empat orang teman bersama Anda, maka Rp 500.000 : 5 = Rp 100.000. Jadi tiap orang hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 100.000.

Rancang Bujet Liburan

Jika Anda sudah fix dengan tujuan atau kegiatan liburan apa yang ingin Anda lakukan, kini Anda harus merancang rincian bujetnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengeluaran yang membengkak melebihi bujet awal. Rancangan bujet yang Anda buat harus serinci mungkin, berapa persen untuk akomodasi, transportasi, bahkan uang cadangan.

Lihat juga: “Tidak Ingin Bokek Setelah Liburan Sekolah? Persiapkan Dananya dengan Cara Ini!”

Liburan di Rumah Bisa Jadi Opsi

Saat Anda tidak memiliki bujet yang cukup untuk berlibur di luar kota. Liburan di rumah juga bisa menjadi opsi yang tepat. Liburan di rumah justru bisa jadi lebih mengesankan jika Anda bisa merancang kegiatan yang seru. Untuk libur akhir tahun, Anda bisa mengundang teman-teman atau keluarga Anda ke rumah untuk melakukan pesta kembang api sekaligus barbeque sambil menunggu detik-detik pergantian tahun.  

Setelah tujuh tips di atas telah Anda perhatikan dengan baik, terapkan pada diri Anda dan kondisi keuangan Anda. Dijamin liburan akhir tahun Anda akan lebih hemat dan terencana. Liburan yang sederhana namun lebih terencana akan lebih membahagiakan daripada liburan yang terlihat mewah tapi membahayakan dompet.


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply