Tidak Ingin Bokek Setelah Liburan Sekolah? Persiapkan Dananya dengan Cara Ini!

Liburan sekolah menjadi momen yang menyenangkan bagi anak-anak. Masa liburan yang cukup panjang bisa diisi dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan, seperti jalan-jalan di pantai, piknik, berkemah, hingga bermain di taman hiburan. Semua aktivitas tersebut sangat bermanfaat untuk menikmati quality time bersama keluarga maupun teman-teman.

Untuk menjalankan berbagai aktivitas tersebut, tentu diperlukan sejumlah dana. Meski jumlahnya relatif, namun perlu disiapkan bujet khusus agar tidak mengganggu arus kas keluarga. Tentu, Anda tidak ingin bokek setelah liburan bukan?

Liburan Sekolah Butuh Dana yang Tidak Sedikit

Tidak punya rencana liburan adalah rencana liburan terburuk. Kantong Anda bisa jebol jika Anda tidak merencanakan liburan dengan baik. Anggaran menjadi bagian yang sangat penting dalam perencanaan. Dana yang dibutuhkan untuk liburan tidak sedikit. Jumlah dana liburan sekolah bisa bervariasi, namun Anda tetap harus mempersiapkannya.

Sebelum menentukan jumlah dana, Anda perlu pastikan liburan sekolah seperti apa yang diinginkan oleh anak-anak Anda. Apakah ia ingin liburan bersama keluarga, atau dengan teman-temannya? Atau ia ikut study tour bersama sekolahnya? Jika sudah ditetapkan, maka penyusunan anggaran bisa lebih mudah.

Untuk study tour, mungkin anggaran akan lebih mudah diketahui karena sudah ditetapkan oleh sekolah. Tetapi di luar biaya study tour, tentu ada biaya lain seperti uang saku, bekal perjalanan, hingga ongkos tidak terduga. Agar lebih mudah, tuliskan semua kebutuhan anak Anda. Ajak dia berdiskusi agar Anda benar-benar tahu apa yang dibutuhkan. Jangan sampai karena alasan efisiensi, anak Anda jadi terkekang. Selalu ingat bahwa tujuan liburan sekolah adalah untuk menyenangkan anak Anda.

Jika anak Anda ingin liburan bersama keluarga, tentu anggaran perlu dibuat dengan lebih rinci. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat merancang rencana liburan bersama keluarga. Pertama, tujuan liburan, apakah di dalam kota, luar kota, atau bahkan luar negeri. Tentu saja, jarak sangat memengaruhi biaya liburan. Kedua, Anda perlu menentukan moda transportasi yang digunakan, biaya perjalanan, hingga tempat-tempat mana saja yang akan dikunjungi. Dan ketiga, siapkan akomodasi khususnya jika kunjungan Anda lebih dari satu hari. Setelah semuanya sudah jelas, Anda bisa mulai memikirkan cara untuk membayar semua keperluan tersebut, salah satunya dengan menabung lebih awal.

Lihat juga: “Tips Mengatur Keuangan untuk Liburan”

Trik Liburan Hemat

Dengan menabung lebih awal, persiapan yang dilakukan juga bisa lebih matang. Anda bisa mulai mencari destinasi menarik di kota tujuan. Jangan lupa diskusikan dengan anak Anda beserta anggota keluarga yang lain. Pilih yang benar-benar mereka sukai. Setelah melalui ujian sekolah dan pembelajaran selama satu semester, mereka layak mendapatkan liburan yang menyenangkan.

Anda juga bisa berburu diskon dan voucher hotel yang murah. Kini, banyak platform online yang memberikan berbagai tawaran menarik. Hal yang sama juga perlu Anda lakukan untuk mencari tiket, jika perjalanan Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi. Dengan cara itu, Anda pun bisa menghemat bujet, sehingga alokasi dananya bisa dialihkan untuk tiket masuk destinasi dan berbagai atraksi wisata.

Pilih Menabung atau Investasi?

Setelah semuanya ditentukan, Anda pun bisa merancang anggarannya, bahkan sejak jauh-jauh hari. Di sinilah gunanya perencanaan keuangan. Dengan mengetahui jumlah dana yang dibutuhkan, Anda bisa melakukan antisipasi, misalnya menabung. Tapi apakah cukup hanya dengan menabung?

Untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, menabung memang menjadi langkah yang tepat. Jika biasanya liburan sekolah ada di pertengahan tahun, maka Anda bisa mulai menyisihkan sebagian pendapatan di awal tahun. Menabung lebih awal akan sangat membantu, khususnya saat anak Anda ingin liburan bersama keluarga. Dana yang dibutuhkan tentu jauh lebih besar dibandingkan study tour.

Liburan sekolah merupakan rutinitas yang pasti berulang tiap tahun. Untuk mempersiapkannya, kebanyakan orang memilih menabung. Nah, daripada uang Anda hanya mengendap di tabungan, bukankah lebih baik jika uang tersebut diinvestasikan. Investasi akan membuat uang Anda berkembang karena ada efek compounding. Imbal hasil yang sudah Anda dapatkan bisa diinvestasikan lagi, sehingga uang terus bertambah. 

Selain membuat dana Anda berkembang, investasi secara rutin membantu Anda mengalahkan laju inflasi per tahun. Karena itu, mengalokasikan pendapatan Anda ke beberapa instrumen investasi dapat membantu agar Anda memiliki sumber anggaran liburan sekolah yang cukup stabil. Namun, instrumen investasi apa yang paling cocok untuk mempersiapkan dana liburan sekolah?

Instrumen Investasi yang Cocok untuk Dana Liburan Sekolah

Untuk kebutuhan liburan sekolah, Anda perlu memilih produk investasi yang tepat. Mulai dari jangka waktunya, return, hingga tingkat risikonya. Sebelum memutuskan, Anda harus mempelajari terlebih dahulu instrumen investasi cocok untuk dana liburan sekolah.

Sebagai kebutuhan yang tergolong jangka pendek, tentu instrumen investasinya juga harus jangka pendek. Untuk dana liburan sekolah, instrumen tersebut juga harus mudah dicairkan. Jangan sampai, saat dana dibutuhkan instrumen tersebut tidak bisa cair. Selain itu, produk tersebut juga harus rendah risiko, agar dana Anda lebih terlindungi. Apa saja produknya?

Deposito

Deposito menjadi salah satu instrumen yang cocok untuk mempersiapkan dana liburan. Meski bunga yang dijanjikan tidak terlalu besar, tetapi risikonya kecil sehingga cocok bagi Anda yang membutuhkan dana dalam waktu dekat. Periode penyimpanan deposito bervariasi, berkisar antara 1, 3, dan 6 bulan, atau 1 tahun. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan tanggal liburan, agar saat dibutuhkan deposito Anda bisa cair.

Surat Utang Negara

Tak hanya deposito, Anda juga bisa membeli surat utang negara (SUN) sebagai instrumen investasi. Surat utang negara umumnya dijamin oleh negara, karena itu menjadi salah satu opsi investasi yang risikonya kecil. Saat ini dibuka penjualan Sukuk Tabungan ST005. Dengan berinvestasi, Anda juga turut berkontribusi dalam mengisi kemerdekaan, karena dana Anda digunakan untuk membangun negara.

Lihat juga: Mengenal Surat Utang Negara

Peer-to-Peer Lending

Selain produk-produk tersebut, Anda juga bisa memilih alternatif investasi Peer-to-Peer (P2P) lending. Di Indonesia, ada banyak penyedia layanan P2P lending, salah satunya adalah Modalku. Sebagai alternatif investasi, Modalku mempertemukan pemberi pinjaman dengan peminjam yang membutuhkan modal usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan memberi pendanaan, pemberi pinjaman mendapatkan alternatif instrumen investasi jangka pendek, karena tenor pinjaman Modalku bervariasi, mulai dari setengah bulan hingga maksimal 2 tahun. Rata-rata imbal hasil relatif lebih besar daripada bunga deposito. Risiko tiap pinjaman tergantung dari hasil penilaian kredit tim Modalku. Bila Anda butuh instrumen yang risikonya lebih rendah, selalu pilihlah pinjaman yang dinilai low-risk oleh tim kami.  Jangan lupa melakukan diversifikasi pinjaman untuk meminimalkan risiko


Sebagai momentum kebersamaan, liburan sekolah tentu tidak boleh dilewatkan begitu saja. Selain perencanaan, ketersediaan dana menjadi faktor penentu agar liburan sekolah berjalan lancar dan menyenangkan. Oleh karena itu, persiapkan dana liburan sekolah sedini mungkin, agar Anda tidak bokek setelah liburan. Investasi menjadi pilihan menarik karena dana simpanan Anda akan terus berkembang.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply