Mau Liburan Tanpa Pusingin Bujet? Lakukan Perencanaan Keuangan!

Di abad ke 21 ini, liburan bukan hanya sebagai gaya hidup tetapi juga sebagai sarana penghilang stress dan penat. Berlibur juga bisa mempengaruhi kesehatan mental dan produktivitas kita. Selain itu, dengan berlibur kita juga bisa mendapatkan pengalaman baru, terutama jika tujuan kita adalah kota atau Negara yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya.

Sebelum merencanakan liburan, berikut adalah beberapa hal yang perlu kita persiapkan agar liburan kita nantinya berjalan lancar tanpa hambatan. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Lihat juga: “Tidak Ingin Bokek Setelah Liburan Sekolah? Persiapkan Dananya dengan Cara Ini”

Tentukan Destinasi Wisata

Menentukan destinasi wisata sangatlah penting karena tujuan wisata akan memengaruhi segala aspek keuangan dan bujet yang harus Anda keluarkan. Ada banyak sekali referensi liburan di internet yang bisa Anda gunakan. Anda juga bisa memilih beberapa referensi tempat yang tidak memerlukanĀ  tiket masuk alias gratis.

Pertimbangkan juga tujuan wisata Anda jika membawa momongan atau orang tua, apakah tujuan liburan Anda dapat memberikan kenyamanan kepada mereka atau malah sebaliknya. Jika Anda berpergian dengan momongan atau orang tua, pastikan semua tempat yang akan Anda kunjungi bisa memberikan fasilitas yang mereka butuhkan.

Tentukan Waktu Liburan

Waktu liburan sangat memengaruhi bujet Anda. Jika Anda ingin berlibur dengan bujet terbatas, Anda bisa memilih low-season karena harga tiket pesawat dan penginapan bisa lebih murah dari biasanya. Akan tetapi, jika berlibur di saat low-season, tentu beberapa tempat wisata akan lebih sepi dan tidak menggambarkan suasana liburan. Anda juga bisa tetap berhemat jika berlibur di high-season seperti saat liburan natal dan liburan long weekend lain dengan menyiasati tujuan liburan Anda.

Jika tujuan liburan Anda adalah Negara 4 musim, Anda perlu mempertimbangkan waktu liburan Anda. Tentukan musim yang tepat untuk Anda berkunjung kesana. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan waktu liburan Anda dengan jadwal libur kerja atau jadwal cuti di kantor. 

Sumber Dana Liburan

Sebelum merencakan liburan, Anda tentu harus menyiapkan sumber dana yang mumpuni. Anda dapat menyisihkan sebagian tabungan Anda begitu gaji Anda cair. Anda juga bisa menginvestasikan sebagian gaji Anda untuk membeli beberapa instrumen investasi yang nantinya bisa dicairkan saat waktu liburan Anda sudah dekat. Selain itu, bonus dari kantor juga bisa Anda manfaatkan sebagai tambahan sumber dana Anda.

Anda juga perlu menyiapkan dana darurat sebelum liburan. Tujuannya adalah untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dana darurat ini bisa Anda persiapkan sekitar 20-30% dari anggaran sumber dana liburan Anda.

Buat Itinerary yang Lengkap

Itinerary adalah rencana destinasi tujuan Anda selama liburan. Alangkah lebih baik jika Anda mempersiapkan itinerary selengkap mungkin. Jika Anda memilih menggunakan pesawat, Anda bisa menggunakan promosi kartu kredit yang biasanya muncul di berbagai aplikasi dan situs online terkini, begitu juga dengan pilihan penginapan yang akan Anda tinggali nantinya.

Jika Anda ingin mengunjungi beberapa tempat wisata di luar negeri seperti museum atau wahana permainan, Anda bisa membelinya secara online terlebih dahulu. Terkadang mereka bekerja sama dengan beberapa situs online dan memberikan beberapa promo yang tidak Anda dapatkan jika tidak membeli secara online.  Selain itu, sebaiknya Anda mencari informasi tentang promosi khusus turis di tujuan wisata anda. Dengan promosi tersebut, Anda bisa menghemat pengeluaran nantinya.

Pilih Instrument Investasi

Ada banyak cara bagi Anda untuk mempersiapkan dana liburan. Jika Anda merencanakan liburan di tahun depan, Anda bisa gunakan reksadana pasar uang atau tabungan karena tabungan tersebut hanya untuk jangka pendek. Keduanya dipilih karena reksadana pasar uang atau tabungan lebih aman dan tidak berisiko tinggi dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Lain halnya jika Anda merencanakan waktu liburan yang lebih lama, lima tahun lagi misalnya. Anda lebih cocok untuk berinvestasi dengan saham atau reksadana saham karena imbal balik yang lebih tinggi. Nilai saham yang fluktuatif bisa memberikan Anda keuntungan yang lebih besar nantinya. Anda juga bisa mengurangi inflasi tahunan dengan investasi saham. Selain reksadana dan saham, Anda juga bisa memilih deposito atau investasi logam mulia sebagai pilihan instrument investasi.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum Anda merencanakan liburan. Pastikan persiapan Anda sudah 100% agar liburan Anda bisa maksimal dan bisa benar-benar jadi sarana refreshing Anda. Selamat liburan!

Lihat juga: “Instrumen Investasi untuk Pemula”


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply