5 Destinasi Wisata Bersama Ibu Saat Liburan Akhir Tahun

Liburan akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk mengajak keluarga tercinta pergi jalan-jalan. Terlebih, libur akhir tahun yang jatuh di bulan Desember, berdekatan dengan perayaan Hari Ibu. Tentu saja momen ini menjadi momen spesial yang bisa Anda habiskan dengan orang tersayang. Selain menghabiskan waktu di rumah, Anda bisa mengajak ibu untuk jalan-jalan ke luar rumah. Meski tidak ke luar negeri, beberapa destinasi wisata dalam negeri berikut ini bisa Anda kunjungi untuk memberikan kado di Hari Ibu.

Museum

Museum akhir-akhir ini menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Contohnya saja Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum MACAN) yang ada di Jakarta. Museum ini memiliki koleksi seni kontemporer dan modern dari Indonesia maupun luar negeri. Di sini, tidak hanya lukisan saja yang bisa Anda lihat, namun juga beragam karya instalasi warna-warni dan juga patung-patung modern yang sangat artistik.

Museum dalam kota seperti Museum MACAN ini menjadi destinasi yang tepat untuk Anda berlibur satu keluarga. Tidak perlu menempuh perjalanan jauh, murah, dan bisa dikunjungi mulai dari kalangan muda hingga tua. Cocok untuk Anda yang sedang ingin mengajak ibu berwisata.

Lihat juga: “Lima Kado Penuh Cinta untuk Hari Ibu”

Pantai

Deburan ombak pantai dan pasir putih hangat adalah perpaduan sempurna untuk Anda yang ingin memberikan liburan penuh relaksasi untuk ibu. Setelah disibukkan dengan urusan rumah tangga, ibu berhak untuk mendapatkan waktu untuk berelaksasi di destinasi wisata. Oleh karena itu, pantai adalah destinasi yang tepat untuk dikunjungi.

Kalau mau ke luar kota, Anda bisa kunjungi Pantai Pink yang ada di Pulau Komodo. Gradasi warna pink di pasir pantai akibat serpihan karang dan biota laut ini sangat indah sehingga wajib dikunjungi bersama dengan keluarga. Kalau Anda mau destinasi pantai yang dekat dengan Jakarta, bisa ke Pantai Sawarna Banten. Pantai ini menawarkan keindahan pantai dengan deretan pohon kelapa yang menaungi.  

Taman Kota

Ada banyak taman kota di Jakarta. Contohnya saja Taman Suropati, Taman Menteng, Taman Situ Lembang, dan Taman Ayodya. Sudahkah Anda berkunjung ke semua taman-taman di Jakarta ini? Jika belum, maka liburan akhir tahun ini menjadi saat yang tepat untuk Anda berkunjung ke taman tersebut bersama dengan ibu. Suasana pagi yang sejuk atau sore hari yang cerah adalah saat yang tepat untuk mengajak ibu berjalan-jalan menikmati suasana sekitar. Meski simpel, taman kota bisa menjadi destinasi wisata yang

Jalan-jalan di taman kota seperti ini juga menjadi hadiah Hari Ibu yang sempurna. Ibu yang biasanya lebih sering menghabiskan waktu di rumah, bisa pergi ke luar dan melihat keramaian kota. Beliau bisa jalan-jalan menikmatai hijaunya pohon dan kicauan burung. Sembari jalan-jalan, Anda bisa mengajak ibu berbincang.

Wisata Belanja (mall/pasar)

Meski setiap hari ibu Anda pergi belanja, namun jika itu bersama dengan anaknya tentu akan sangat berbeda. Ajaklah ibu ke mall atau pusat perbelanjaan yang berbeda dari yang biasanya beliau kunjungi. Jika biasanya beliau ke pasar atau swalayan untuk membeli kebutuhan dapur, maka kali ini bisa ajak beliau ke mall untuk membelikannya barang-barang yang beliau sukai dan butuhkan. Anda bisa mengajaknya makan di restoran, membelikannya baju yang diinginkan, dan membelikan bantal yang membuatnya bisa tidur nyenyak.

Salah satu tempat wisata belanja di Jakarta yang bisa Anda kunjungi adalah Thamrin City yang berada di Jalan K.H. Mas Mansyur, Kebon Melati, Jakarta Pusat. Thamrin City tak jauh dari Grand Indonesia dan menjadi pusat perbelanjaan favorit banyak orang. Di sini, ada pilihan 1000 tenant yang menjual batik hingga tenun. Thamrin City buka setiap jam 09:00 pagi hingga 22:00 malam.

Staycation di Hotel/Villa

Kalau Anda mau lebih dekat dengan ibu dan keluarga besar, bisa ajak mereka untuk pergi staycation di dalam kota. Staycation adalah cara baru menikmati liburan dengan menjadi turis di kota sendiri. Anda memesan hotel atau vila dalam kota dan menginap di sana. Selama staycation Anda bisa melakukan banyak hal, seperti menikmati fasilitas hotel (berenang, spa, terapi, pijat, olahraga), jalan-jalan di taman hotel, menonton televisi, dan menikmati wisata sekita penginapan.

Anda bisa mengajak ibu untuk turun ke restoran hotel dan menikmati aneka hidangan yang disediakan. Sembari makan, Anda bisa mengajak beliau mengobrol dan cerita. Kalau Anda menginap di beberapa hotel bintang lima di Jakarta, maka ada beberapa pilihan buffet yang bisa dipilih, seperti Sunday Brunch Buffet, Breakfast Buffet, Shabu-Shabu Dinner Buffet, dan lainnya.


Agar liburan akhir tahun sekaligus perayaan Hari Ibu berjalan dengan lancar, pastikan Anda sudah menyiapkan dana liburan. Dana liburan ini hendaknya disimpan dalam tabungan yang berbeda dan dipisahkan dari tabungan untuk kebutuhan pribadi.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply