Liburan Tiba, Saatnya Berburu Tiket Pesawat Murah. Simak 5 Tipsnya!

Tahun baru sudah tiba, tentunya menjadi tahun yang ditunggu-tunggu bagi Anda yang ingin liburan. Biasanya di awal tahun masih ada sisa cuti yang dihabiskan. Inilah saatnya! Sebelum berlibur, pastinya hal pertama yang harus dipersiapkan adalah transportasi seperti tiket pesawat. Diperlukan berbagai macam strategi yang perlu Anda lakukan agar tiket pesawat yang Anda dapatkan menjadi dibawah harga biasanya. Tiket pesawat murah menjadi incaran karena dapat menekan biaya perjalanan secara signifikan.

Seperti yang kita ketahui, Menteri Perhubungan telah menetapkan batas bawah tarif maskapai domestik sejak tahun 2019. Dengan adanya aturan tersebut, tentu mendapatkan harga tiket pesawat murah menjadi lebih sulit dari biasanya. Apalagi, beberapa maskapai sudah tidak lagi memberikan promo seperti biasanya akibat adanya aturan tersebut.

Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar Anda tetap bisa mendapatkan tiket pesawat murah. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda simak dan terapkan agar tiket pesawat murah segera ada di genggaman Anda

Lihat juga: “Tips Mengatur Keuangan untuk Liburan”

Tujuan dan Timing yang Pas

Kemanakah Anda akan berlibur? Anda harus mempertimbangkan lokasi tujuan Anda karena destinasi wisata tersebut bisa memengaruhi harga tiket pesawat. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan waktu pemesanan tiket. Malam hari sekitar pukul 11 adalah waktu yang tepat untuk memesan tiket, karena maskapai biasanya akan membatalkan reservasi yang tidak aktif pada malam hari.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk berangkat adalah pada tanggal 20-an dibanding pada awal atau pertengahan bulan. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa hari Minggu adalah waktu terbaik untuk memesan tiket, sedangkan Selasa dan Rabu adalah waktu yang tepat untuk terbang. Biasanya pada hari tersebut tiket pesawat akan lebih murah. Meskipun belum ada bukti tentang tips ini, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Pantau Jadwal dan Hindari Peak Season

Hindari membeli tiket saat peak season, yaitu saat dimana ada liburan hari besar seperti natal dan akhir tahun. Selain itu, Anda juga lebih baik menghindari akhir pekan serta long weekend. Hal ini karena maskapai pesawat cenderung menaikkan harga pada masa-masa tersebut. Kemungkinan besar Anda akan tidak akan mendapat tiket pesawat murah.

Jika Anda memang berniat berlibur saat peak season yaitu akhir tahun atau awal tahun, sebaiknya Anda membeli tiket pesawat sejak jauh-jauh hari. Minimal 3 bulan sebelum keberangkatan. Selain itu, Anda bisa mencoba alternatif low season seperti pada bulan September-November dan Februari-April.

Aktifkan Notifikasi Online Travel Agent (OTA)

Tips selanjutnya yang dijamin bermanfaat adalah mengikuti atau men-subscribe newsletter serta akun media sosial maskapai yang akan Anda gunakan. Biasanya, maskapai akan mengeluarkan promo pada saat-saat tertentu dan terbatas, sehingga akan lebih baik jika Anda mengetahui promo tersebut lebih awal. Nantinya Anda akan hafal dengan tren promo maskapai tersebut. Selain itu, dengan mengikuti akun sosial media maskapai tersebut, Anda bisa melakukan observasi harga rata-rata yang ditawarkan oleh maskapai tersebut.

Lihat juga: “Mau Liburan Tanpa Pusingin Bujet, Lakukan Perencanaan Keuangan”

Pilih Destinasi Yang Ramai

Dengan memilih destinasi yang ramai, akan ada saat dimana harga tiket pesawat tersebut turun. Destinasi yang ramai membuat sebuah rute dilayani oleh beberapa maskapai dengan menawarkan harga yang berbeda-beda. Banyaknya maskapai yang melayani rute tersebut membuat harga tiket pesawat cenderung naik turun. Jika Anda menemukan harga yang terbilang murah di suatu situs tiket online, maka segera ambil tiket tersebut saat itu juga. Bisa saja harga yang Anda dapatkan saat itu adalah harga termurah.

Sebaliknya, jika tujuan Anda bukan tujuan populer untuk berlibur atau hanya dilayani oleh sedikit maskapai, maka hal ini tidak akan berpengaruh. Harga tiket akan cenderung tetap dan tidak naik turun karena maskapai biasanya menerapkan year-round fare untuk destinasi wisata yang relatif sepi. Sehingga, tidak banyak promo yang bisa Anda dapatkan.

Pantau Promo Kartu Kredit

Bagi Anda yang memang berniat untuk mencari promo habis-habisan, tidak ada salahnya untuk menggunakan kartu kredit. Beberapa kartu kredit menerapkan promo bundling hotel dan pesawat yang jika ditotal akan lebih murah dibandingkan harga normal. Selain itu, beberapa kertu kredit juga menerapkan kerja sama dengan beberapa situs tiket penerbangan online yang bisa Anda manfaatkan agar mendapatkan harga yang murah.


Selalu ada cara untuk menemukan tiket pesawat murah. Jika Anda melakukan beberapa tips diatas, dijamin tiket promo pesawat murah akan segera mendarat di tangan Anda!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply