Sudah Punya Resolusi? Pastikan Semuanya Terlaksana. Ini 4 Tipsnya!

Resolusi memasuki tahun baru hampir selalu didengung-dengungkan setiap orang. Membuat program atau capaian baru kerap dilakukan demi terciptanya kehidupan yang lebih baik. Namun, banyak orang yang hanya sekadar membuat rancangan resolusi, tapi enggan untuk memastikan semuanya benar-benar terlaksana sesuai rencana. Apakah Anda juga mengalaminya?

Bisa jadi Anda memiliki banyak impian dan target-target baru dalam list resolusi yang dibuat. Misalnya, Anda ingin punya perencanaan keuangan yang lebih rapi, atau ingin berinvestasi lebih banyak. Tapi yang perlu diperhatikan, Anda perlu melakukan usaha-usaha yang lebih keras untuk memastikan semuanya terlaksana. Ini akan membuat resolusi Anda bukan hanya sekadar goresan tinta hitam di atas kertas putih yang telah dibuat. Simak 4 tips supaya semua resolusi Anda benar-benar tercapai.

Fokus

Pepatah Jawa yang berbunyi alon-alon asal kelakon mungkin ada benarnya. Dalam melakukan sesuatu yang telah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya, terutama soal perubahan-perubahan dalam kehidupan, Anda perlu memastikan semua aspek pendukung dilakukan sesuai tahapan-tahapannya. Tidak perlu dengan cara-cara yang menyulitkan Anda, tapi dengan mekanisme ringan yang membuat semuanya bisa terlaksana dengan baik.

Fokus adalah kunci dalam melakukan segala sesuatu, termasuk mencapai resolusi yang telah dibuat. Lakukan daftar resolusi satu per satu dengan fokus, kemudian lanjutkan dengan hal-hal yang lain. Ini akan semakin mudah dilakukan jika Anda tidak terlalu memikirkan seberapa berat resolusi akan dicapai.  Misalnya, Anda ingin berwirausaha, maka Anda harus mulai fokus mencari peluang bisnis. Setelah mantap memilih peluang bisnis tersebut, Anda kembali fokus mengerjakan bisnisnya. Jangan lupa untuk selalu melakukan perencanaan keuangan bisnis yang rapi. Kemajuan sebuah bisnis dimulai dari perencanaan keuangan yang baik.

Lihat juga: “Memulai Tahun Baru dengan Perencanaan Keuangan yang Lebih Matang”

Tentukan Cara Mencapainya

Untuk mencapai target, sudah seharusnya seseorang harus memilih cara yang jitu. Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam mencapai resolusi yang telah dibuat, Anda patut menentukan cara supaya seluruh proses berakhir dengan mendekati sempurna. Cara yang salah akan memperlambat atau bahkan menggagalkan resolusi Anda.

Misalnya, jika Anda bercita-cita memiliki rumah baru di akhir tahun, hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara mengelola keuangan yang baik sehingga apa yang diinginkan bisa didapat sesuai dengan rencana. Jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan faktor-faktor eksternal seperti resesi & krisis ekonomi. Bukan tidak mungkin hal-hal itu akan menjadi penyebab inflasi sehingga harga rumah impian Anda akan naik secara drastis.

Lain lagi jika Anda memiliki resolusi terhadap bentuk tubuh Anda, hal yang perlu dilakukan adalah melakukan program olahraga yang tepat, atau mengikuti program diet. Jika cara-cara yang dilakukan keliru atau salah, sangat besar kemungkinan untuk gagal meraih apa yang telah dicita-citakan.

Ceritakan Pada Orang Terdekat

Tidak ada salahnya untuk menceritakan resolusi yang telah Anda buat ke orang terdekat. Bukan tanpa alasan, orang terdekat adalah mereka yang selalu memberikan dukungan dan masukan yang baik kepada Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan energi positif, yang sudah tentu membawa pengaruh baik pada pencapaian akhir.  

Peluang bisnis pilihan Anda akan lebih mudah tercapai karena “energi” dukungan dari orang-orang terdekat. Tidak hanya itu, orang terdekat akan mengingatkan Anda jika ada sesuatu yang terlupakan. Ini akan sangat membantu Anda dalam mencapai resolusi yang telah ditetapkan.

Apresiasi Diri Jika Tercapai

Bagi sebagian orang, memberikan apresiasi pada diri sendiri mungkin terlihat sepele. Tapi ternyata, apresiasi atas apa yang telah dicapai merupakan aspek penting demi melanjutkan kegiatan-kegiatan selanjutnya. Ada beberapa manfaat jika Anda sering memberikan apresiasi terhadap diri sendiri, diantaranya meningkatkan rasa percaya diri, membuat hidup semakin produktif, dan meningkatkan rasa syukur.

Tidak hanya itu, seseorang yang sering mengapresiasi dirinya biasanya memiliki semangat untuk berbuat yang lebih baik. Dengan begitu, resolusi tahun baru yang telah dibuat akan sangat mudah tercapai. Dengan memberikan apresiasi pada diri sendiri, itu artinya Anda sedang membiarkan diri Anda untuk menghargai usaha-usaha yang telah dilakukan, sehingga semangat akan tetap terjaga untuk mengerjakan hal-hal selanjutnya. Misalnya, perencanaan keuangan yang Anda tidak mudah lho! Tentu Anda perlu mengapresiasi hal ini!

Konsisten & Jangan Berhenti

Konsistensi adalah salah satu kunci tercapainya target yang telah ditetapkan. Banyak orang yang memutuskan berhenti di tengah jalan setelah melakukan berbagai usaha yang keras. Dalam mencapai resolusi tahun baru, Anda perlu konsisten dalam melakukan satu per satu tahapan yang telah ditetapkan. Memang tidak mudah untuk konsisten terhadap apa yang kita lakukan secara berkelanjutan, tapi sebuah hasil tidak akan mengkhianati usaha, bukan?

Konsistensi akan terlaksana dengan baik jika Anda tidak berhenti di tengah jalan. Dalam melakukan sesuatu, sudah pasti banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Contohnya saat memulai bisnis, Anda akan menghadapi berbagai penyebab inflasi. Tentu ini akan menyulitkan, namun Anda tidak boleh berhenti. Semua kembali pada bagaimana cara Anda melewati rintangan demi rintangan di depan. Jangan berhenti, dan lanjutkan semua proses untuk mencapai tujuan Anda!

Lihat juga: “Menyelamatkan Keuangan Pribadi dengan Investasi”

Gapai Tujuan Anda

Setelah melakukan 4 tips di atas, Anda akan sangat mudah untuk mewujudkan resolusi tahun baru yang telah ditetapkan. Anda adalah penentu kesuksesan yang telah direncanakan. Berhasil dan tidaknya resolusi yang dibuat sangat bergantung pada usaha dan kesungguhan Anda dalam mencapainya.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply