Tahun Baru Imlek Segera Tiba, Saatnya Tingkatkan Cuan

Banyak sekali peluang bisnis di sekitar kita. Apalagi Indonesia, negara dengan berbagai budaya dan perayaan hari besarnya. Hal ini membuka peluang bisnis yang menarik. Salah satu perayaan tahun baru Imlek. Sebagai perayaan tahun baru, hari raya Imlek tentu selalu berlangsung meriah. Banyak kebutuhan yang harus dipenuhi oleh masyarakat Tionghoa yang merayakannya.

Kebutuhan perlengkapan tersebut bisa Anda jadikan sumber pendapatan. Memang, bisnis barang-barang imlek tergolong bisnis musiman, namun jika Anda tahu strateginya maka keuntungan dengan mudah diraih. Lantas apa saja peluang bisnis yang bisa diambil?

Ingin tahu rahasia sukses bisnis musiman? Klik di sini!

Pernak-pernik Imlek

Menjelang tahun baru Imlek, masyarakat Tionghoa membutuhkan banyak pernak-pernik yang identik dalam perayaannya. Meskipun pernak-pernik tersebut tidak wajib hadir, namun pernak-pernik tersebut sudah menjadi bagian erat dalam tahun baru Imlek.

Pernak-pernik Imlek pun banyak macamnya. Mulai dari angpao untuk membungkus uang yang dibagikan kepada sanak saudara yang masih muda, baju cheongsam, dekorasi Imlek, kue keranjang, lampion, bambu hoki, bunga meihua imitasi, hingga alat-alat sembahyang. Semua pernak-pernik ini bisa  Anda jual untuk meraup pendapatan lebih menjelang Imlek.

Bisnis Online Kebanjiran Order

Tidak hanya dengan menjual pernak-pernik Imlek, Anda juga bisa meraup pendapatan lebih melalui bisnis online yang sudah Anda jalankan. Pada hari raya Imlek tahun lalu saja kenaikan transaksi e-commerce meningkat hingga 70%. Oleh karena itu, Anda bisa menarik perhatian konsumen dengan mengadakan promo atau diskon khusus.

Kecenderungan konsumen untuk berbelanja lebih tinggi saat menjelang dan sesudah perayaan Imlek. Hal ini karena tradisi pemberian angpao yang masih berlangsung hingga sekarang. Mereka yang mendapatkan uang lebih dari pemberian angpao pun akan lebih tertarik untuk  membelanjakannya dibandingkan dengan yang tidak. Agar meyakinkan mereka untuk berbelanja, maka Anda pun harus mengadakan diskon atau promo tersebut.

Lebih lanjut: “Memenangkan Persaingan Bisnis Online” dan “Lika-liku Bisnis Online”

Promo Menarik Hari Raya Imlek

Promo atau diskon spesial tahun baru Imlek yang Anda terapkan pun bisa bermacam-macam. Agar lebih menarik bagi konsumen, Anda bisa mengemasnya dalam bentuk lain. Beberapa contohnya yakni  pertama, BOGOF atau buy one get one free. Jelas sesuai namanya, promo satu ini memperbolehkan konsumen untuk membawa pulang 2 item sekaligus hanya dengan membayar 1 harga barang.

Kedua, flash sale. Strategi promo ini sudah diterapkan di banyak platform marketplace. Anda juga bisa menerapkannya di bisnis online Anda, baik bisnis online yang memanfaatkan platform marketplace maupun platform media sosial untuk berjualan. Dengan strategi ini, maka Anda bisa secara tidak langsung memberikan perasaan bahwa harga barang yang Anda tawarkan sangat terbatas, sehingga mendorong konsumen untuk segera melakukan pembelian tanpa memberikan waktu pertimbangan yang cukup.

Ketiga, joint promotion atau promosi gabungan. Dalam rangka perayaan Imlek, Anda bisa berkolaborasi dengan pelaku bisnis online lain untuk menghadirkan item eksklusif yang hanya bisa  dibeli saat hari raya Imlek tahun ini saja. Promosi gabungan dapat meningkatkan awareness calon konsumen bisnis Anda karena bisnis online Anda juga mendapatkan exposure dari rekan promosi gabungan.

Sebelum menerapkan salah satu strategi promosi tersebut, sebaiknya Anda melakukan penghitungan terlebih dahulu. Apakah dengan strategi tersebut keuntungan masih bisa Anda dapatkan? Apakah dengan strategi tersebut stok produk Anda mampu mencukupi derasnya minat dari konsumen? Strategi mana yang tepat, semua tergantung dengan keadaan bisnis online Anda sendiri.

Lihat juga: “4 Alasan Mengapa Harus Tingkatkan Skala Bisnis Sekarang Juga”

Jaga Semangat Imlek Sepanjang Tahun  

Dengan banyaknya peluang bisnis menjelang perayaan tahun baru Imlek, kesempatan untuk meningkatkan cuan pun semakin meningkat. Untuk Anda yang bukan pebisnis, spirit Imlek pun dapat Anda terapkan saat bekerja. Semangat untuk mencari rezeki agar keluarga Anda makin makmur. Apapun pekerjaan Anda, tetap jaga semangat ini sepanjang tahun ya!

Bukan tidak mungkin, dengan semangat hari raya Imlek Anda justru menemukan peluang bisnis sampingan atau terinspirasi untuk membuka bisnis sendiri. Dengan kejelian melihat kesempatan dan kreativitas dalam mengelola sesuatu untuk memanfaatkan kesempatan tersebut, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lebih baik.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply