Tetap Cuan Saat Harbolnas, Kok Bisa?

Tahun ini, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) kembali digelar pada tanggal 12 Desember (12.12). Dalam rangka Harbolnas, hampir seluruh e-commerce dan online shop menawarkan promo gila-gilaan pada produk mereka. Namun, biasanya beberapa e-commerce dan online shop tersebut bakal melangsungkan promo selama Desember. Inilah saat yang tepat bagi Anda untuk membeli barang-barang yang Anda inginkan dengan harga lebih murah.

Walaupun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa Harbolnas kerap membuat banyak orang kalap dalam berbelanja. Agar hal tersebut tidak terjadi dan Anda pun bisa tetap cuan, sebaiknya terapkan sejumlah tips berikut ini saat Harbolnas.

Lihat juga: “Belanja Online Lebih Boros, Kok Bisa?”

Tandai Barang yang Ingin Dibeli

Anda bukan satu-satunya orang yang mengincar barang tertentu saat Harbolnas. Padahal, jumlah barang yang dijual di e-commerce atau online shop tertentu kemungkinan dibatasi. Dengan kata lain, Anda pun harus gerak cepat agar bisa mendapatkan barang yang dimau. Oleh sebab itu, sebelum Harbolnas, pastikan Anda sudah tahu mau membeli barang yang mana.

Biasanya sejak beberapa hari sebelum Harbolnas, beberapa e-commerce dan online shop sudah memberi teaser sejumlah barang yang akan mereka jual. Nah, Anda bisa menandai barang-barang yang akan dibeli. Hal ini tidak hanya membantu Anda dalam mendapatkan barang tersebut, tapi juga membantu melakukan budgeting. Anda tahu harga barang-barang yang akan dibeli sehingga bisa menyesuaikan dengan bujet yang telah dianggarkan.

Lebih lanjut: “Tak Cuma Jualan, 5 Hal Ini Juga Tergolong Bisnis Online”

Pantau Terus Info e-commerce, e-wallet, serta Timeline Media Sosial

Tiap e-commerce dan online shop pasti memiliki ketentuan dan peraturan tersendiri terkait pelaksanaan promo Harbolnas. Mungkin ada e-commerce yang melangsungkan promo Harbolnas selama bulan Desember penuh, tapi online shop lain hanya menawarkan promo selama beberapa jam. Perbedaan ini juga berlaku pada jenis promo. Itulah kenapa terkadang produk di online shop A bisa lebih murah dari online shop B.

Oleh sebab itu, perhatikan pula mekanisme pembayaran yang diterapkan. Jangan sampai Anda gagal berbelanja hanya karena tidak bisa melakukan pembayaran. Biasanya ada e-commerce yang hanya menerima pembayaran melalui e-wallet saat Harbolnas. Karenanya, pastikan e-wallet Anda masih memiliki saldo cukup.

Jangan Mudah Tergiur Harga Murah

Demi menarik perhatian konsumen, banyak e-commerce dan online shop yang menawarkan promo dengan harga murah. Bahkan terkadang ada yang dijual dengan harga puluhan rupiah saja. Namun, apa benar begitu? Nah, dilansir dari situs Liputan 6, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengatakan bahwa terkadang memang ada promo yang too good to be true dan hanya berfungsi sebagai gimmick. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk kembali membaca syarat dan ketentuannya.

Tetap Teliti Sebelum Membeli

Saat melihat barang yang dijual dengan harga super murah, terkadang kita mendadak tergiur dan akhirnya secara impulsif memasukkannya ke shopping cart. Tanpa disadari, shopping cart terisi penuh dengan barang-barang yang sebetulnya kurang Anda butuhkan. Jadi, sebelum melakukan pembayaran, sebaiknya Anda melakukan pengecekan ulang secara teliti. Jika ternyata ada barang yang kurang dibutuhkan saat Harbolnas, Anda bisa membatalkannya. Ingat bujet yang sudah Anda anggarkan.

Perhatikan Reputasi Seller

Ada begitu banyak seller yang bergabung di e-commerce. Nah, ketika berbelanja saat Harbolnas, penting bagi Anda untuk memperhatikan reputasi seller. Pastikan seller tersebut memiliki reputasi yang baik. Anda bisa membaca review atau testimoni dari para pembeli sebelumnya. Masalahnya, menurut YKLI, pengaduan belanja online selalu berada di peringkat tiga terbesar selama lima tahun terakhir. Jangan sampai Anda justru mengalami penipuan dan berujung rugi saat Harbolnas.

Lihat juga: “Bokek Setelah Harbolnas? Jangan Khawatir, Ada Solusinya Kok!”


Banyaknya promo menggiurkan saat Harbolnas kerap membuat orang kalap dan justru menghabiskan lebih banyak uang dari yang dikehendaki. Namun, berbekal berbagai tips di atas, Anda tetap bisa cuan saat belanja selama Harbolnas. Happy shopping!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply