Bagaimana Cara Mengelola Keuangan Ala Digital?

Mengelola keuangan perlu Anda lakukan dengan benar untuk menjamin kestabilan kondisi finansial. Mengingat banyaknya pengeluaran yang Anda lakukan setiap harinya, mengatur keuangan pribadi bukanlah perkara gampang. Pengeluaran yang membengkak bisa membuat gaji Anda habis sebelum tanggal gajian selanjutnya tiba. Tapi, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena Anda bisa melakukan pengelolaan keuangan ala digital yang akan membantu Anda menjaga kestabilan finansial. Bagaimana caranya? Berikut informasi selengkapnya!

Lihat juga: “Gaji Besar tapi Uang Habis Terus? Saatnya Periksa Siklus Gaji!”

Rencanakan Anggaran untuk Layanan dan Kebutuhan Digital

Merencanakan anggaran perlu dilakukan agar Anda dapat mengontrol pengeluaran seperti biaya belanja bulanan, biaya konsumsi, servis rutin dari barang-barang, hingga kebutuhan liburan. Anda berkesempatan untuk menyelamatkan sebagian uang Anda untuk dianggarkan pada pos pengeluaran yang lebih baik, contohnya anggaran investasi.

Anda juga perlu merencanakan anggaran untuk beragam kebutuhan digital, seperti kuota internet dan saldo dompet digital. Dengan gaya hidup digital seperti saat ini, kebutuhan digital wajib dipenuhi. Meski jumlahnya tidak banyak, layanan digital kerap membebani pengeluaran. Perencanaan anggaran yang baik dan rinci akan memudahkan hidup Anda.

Mulai Ubah Cara Pembayaran Menjadi Cashless

Cara mengelola keuangan ala digital selanjutnya yang bisa Anda coba adalah memulai pembayaran cashless. Alternatif transaksi yang populer dan juga dikampanyekan oleh Bank Indonesia ini bisa menjawab tantangan transaksi masa kini yang harus cepat, praktis, dan aman.

Pembayaran cashless juga memiliki beberapa keuntungan yang layak Anda perhatikan, mulai dari tidak perlu membawa uang tunai (sehingga dapat mengurangi kemungkinan pencurian dari dompet), meminimalkan ketidaknyamanan karena membawa uang tunai dalam jumlah besar, hingga kemudahan untuk melacak pengeluaran.

Pembayaran cashless yang dapat membantu Anda untuk melihat riwayat pengeluaran juga sangat berguna untuk melakukan pengendalian terhadap keuangan dan mencegah Anda menghabiskan anggaran secara berlebihan. Dengan melacak pengeluaran, Anda pun dapat mengetahui ke mana uang pergi, mengidentifikasi masalah keuangan melalui riwayat pengeluaran yang tersedia, hingga membantu Anda mencapai tujuan keuangan.

Catat Semua Pengeluaran

Mencatat pengeluaran merupakan hal yang penting dilakukan untuk mengelola keuangan ala digital. Meski dianggap tidak penting bagi sebagian orang, nyatanya mencatat pengeluaran dapat membantu Anda mengetahui ke mana uang mengalir. Mencatat pengeluaran pun memiliki beberapa manfaat, seperti membantu Anda lebih bijak saat belanja, mempermudah Anda menjalankan perencanaan finansial, membantu Anda mengetahui dan mengontrol kebiasaan belanja, hingga menghindarkan Anda dari stres yang disebabkan oleh masalah finansial.

Lihat juga: “Keuangan Pribadi di Era Millennial”

Cari Kesalahan dengan Financial Check-up secara Rutin

Satu lagi cara mengelola keuangan ala digital yang perlu Anda ketahui, yakni mencari kesalahan dengan financial check-up secara rutin. Financial check-up sendiri merupakan tes kondisi keuangan langkah awal dalam pengelolaan finansial yang baik. Melalui financial check-up, Anda bisa mengetahui kondisi keuangan yang sebenarnya, masalah apa saja yang mungkin terjadi terhadap keuangan Anda, hingga membantu Anda mengambil langkah yang tepat untuk melakukan perbaikan terhadap kondisi keuangan.

Financial check-up ini bisa Anda lakukan secara periodik, baik setiap bulan, setiap enam bulan sekali, ataupun setahun sekali. Dengan memeriksa hal-hal seperti total aset, total utang atau kewajiban, total pendapatan serta pengeluaran, dan total tabungan, Anda pun bisa mendapatkan banyak manfaat. Mulai dari menyehatkan keuangan pribadi, mengetahui aliran uang yang dikeluarkan, lebih berhati-hati menggunakan uang, hingga mendukung rencana keuangan masa depan.


Nah, itulah beberapa cara mengelola keuangan ala digital di era revolusi industri 4.0 sekarang. Anda dapat mencoba beberapa gaya hidup digital di atas untuk membantu mengelola keuangan dengan lebih baik dan lancar.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply