Siapa Bilang Mengelola Keuangan Pribadi itu Sulit?

Pengelolaan keuangan pribadi selalu menjadi topik yang menarik untuk diperbincangkan. Nyatanya, banyak orang yang terjerat masalah finansial karena salah mengelola keuangan pribadinya. Hal ini menandakan bahwa mengelola keuangan pribadi bukan perkara mudah. Lantas, benarkah mengelola keuangan itu memang sulit?

Sulitnya mengelola keuangan pribadi disebabkan oleh berbagai hal. Mengutip dari kompas.com, sikap impulsif saat berbelanja menyebabkan pengelolaan uang menjadi sangat sulit. Ditambah dengan lingkungan pergaulan yang selalu menuntut seseorang untuk tampil ”sempurna”. Tidak adanya rencana masa depan semakin memperparah kondisi ini. Oleh karena itu, diperlukan sikap bijak dalam mengelola keuangan pribadi agar Anda terhindar dari masalah finansial.

Mengapa Kita Perlu Bijak dalam Mengelola Keuangan Pribadi?

Seringkali Anda tidak sadar jika keuangan pribadi sedang bermasalah. Gaji yang selalu terasa kurang adalah salah satu indikator tidak sehatnya keuangan Anda. Hal-hal semacam ini akan terus terjadi, jika tidak ada sikap yang bijak dalam mengelola keuangan. Anda akan terus menerus mengalami kesulitan finansial.

Sikap bijak merupakan pilar utama dalam mengelola keuangan. Tanpa sikap ini, penghasilan uang sebesar apapun akan menguap begitu saja. Apalagi di era digital ini, di mana orang mudah terjerat sindrom FoMO (Fear of Missing Out), sehingga menjadi konsumtif. Dengan sikap bijak, Anda tidak akan mudah tergoda untuk selalu tampil “sempurna”. Pembelian yang bersifat impulsif juga akan semakin sirna dengan sikap bijak yang Anda terapkan. Mulailah menanamkan sikap bijak dengan langkah-langkah konkret agar keuangan pribadi Anda tidak kacau.

Lihat juga: “Terjerat Masalah Keuangan? Mungkin Anda kena FoMO”

Mulai Langkah Bijak Mengelola Keuangan Pribadi Saat Ini!

Sikap bijak harus diwujudkan dengan langkah-langkah konkret. Jangan tunda pengelolaan keuangan pribadi! Semakin cepat Anda memulai langkah bijak, semakin cepat juga Anda sejahtera. Mulailah mengelola keuangan pribadi dengan menghitung arus kas (cash flow) pribadi Anda. Catat semua pemasukan dan pengeluaran secara rinci. Ada baiknya Anda mengategorikan pengeluaran menjadi 3 bagian yakni pengeluaran rutin tetap (seperti sewa kos), pengeluaran rutin tidak tetap (seperti biaya makan atau biaya transportasi) dan pengeluaran tidak rutin (seperti biaya nonton bioskop atau belanja). Dengan cara ini, Anda dapat terus mengontrol pengeluaran setiap bulan.

Selain mengetahui pemasukan dan pengeluaran, Anda dapat menentukan skala prioritas keuangan. Tidak ada salahnya Anda memenuhi keinginan seperti liburan atau membeli barang impian Anda. Namun, semuanya baru bisa dilakukan setelah semua kewajiban terpenuhi. Tentukanlah pengeluaran yang tepat sesuai prioritas sejak Anda menerima gaji.

Pencatatan arus kas bisa menjadi acuan untuk mengetahui secara pasti berapa jumlah uang yang dapat Anda habiskan untuk berlibur atau bersenang-senang. Anda dapat menggunakan metode 50/30/20. Alokasi 50% pendapatan untuk kebutuhan prioritas seperti membayar tagihan, biaya makanan, sewa tempat tinggal dan sebagainya. Sedangkan 30% dari gaji untuk keinginan pribadi seperti belanja, rekreasi dan hobi. Dan sisa 20% untuk tabungan dan investasi. Dengan berinvestasi, kondisi keuangan pribadi Anda akan selalu aman. Namun, Anda harus bijak dalam memilih instrumen investasi.

Lihat juga: “Menyelamatkan Keuangan Pribadi dengan Investasi” dan “4 Tips Cerdas Menyusun Rencana Keuangan Pribadi”

Sukuk Tabungan Seri ST-002, Pilihan Investasi yang Bijak dan Menguntungkan

Dewasa ini, pilihan investasi semakin beragam. Semuanya menawarkan keunggulan masing-masing. Anda perlu bijak memilih investasi agar keuntungannya maksimal. Bijak berinvestasi juga berarti cermat dalam mengukur kemampuan diri. Misalnya, jika Anda masih pemula dalam berinvestasi, pilihlah instrumen yang mudah dikelola dan terjangkau. Jangan memilih investasi yang membutuhkan banyak effort dan modal besar, seperti layaknya investor handal.

Sebagai salah satu platform teknologi finansial (FinTech), Modalku selalu menawarkan pilihan produk investasi yang menarik. Salah satunya adalah Sukuk Tabungan seri ST-002. Sukuk Tabungan merupakan produk investasi syariah yang ditawarkan pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia (WNI) sebagai tabungan investasi yang aman dan menguntungkan. Selain itu, Sukuk Tabungan ST-002 juga mudah dikelola dan terjangkau sehingga cocok bagi investor pemula.

Lebih lanjut: “Modalku Menjadi Mitra Distribusi Sukuk Tabungan ST-002”

Dengan berinvestasi melalui Sukuk Tabungan seri ST-002, Anda berkontribusi bagi pembangunan nasional, karena hasil penjualannya akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Segera daftarkan diri Anda karena penawaran terbatas hanya hingga tanggal 22 November 2018! Anda bisa mulai berinvestasi mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 miliar.

Ingin investasi di Sukuk Tabungan ST-002? Klik di sini.

Sebagai pilar utama dalam pengelolaan keuangan, sikap bijak harus mulai diterapkan saat ini. Mulailah dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, jangan mudah tergoda dengan gaya hidup orang lain. Sikap bijak juga perlu diterapkan dalam memilih investasi. Kenali kapasitas diri sebelum investasi, agar Anda menemukan instrumen yang tepat. Tidak ada yang sulit, selama Anda gigih dan disiplin dalam mengelola keuangan. Dengan demikian, kondisi keuangan Anda akan selalu sehat dan aman.

Leave a Reply