4 Cara Ampuh Berhemat dengan Gaya Hidup Minimalis

Berhemat dapat memberikan Anda banyak manfaat, mulai dari terbebas dari rasa khawatir mengenai masalah keuangan, mempunyai dana cadangan untuk masa depan, hingga memiliki dana untuk liburan. Cara mengelola keuangan yang bisa Anda lakukan untuk berhemat juga tidak kalah banyak, salah satunya adalah dengan menerapkan gaya hidup minimalis.

Gaya hidup minimalis sendiri sedang nge-trend seiring dengan munculnya tulisan karya Marie Kondo dalam buku berjudul ‘The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing’. Baru-baru ini juga layanan online streaming Netflix merilis sebuah series berjudul Tidying Up with Marie Kondo, di mana konsultan tata rumah asal Jepang ini mengunjungi beberapa rumah dan membantu penghuninya untuk merapikan rumah mereka.

Namun, seperti apa sebetulnya gaya hidup minimalis itu? Cek informasi selengkapnya berikut ini!

Lihat juga: “Siapa Bilang Mengelola Keuangan Pribadi itu Sulit?”

Menerapkan Metode Pengelompokan Barang ala Marie Kondo

Dalam bukunya tersebut, Marie Kondo memperkenalkan metode pengelompokan barang yang dikenal dengan nama Konmari. Sistem pengelompokan barang sesuai dengan jenis dan fungsinya ini dikerjakan per kategori. Anda diminta untuk hanya menyimpan barang yang terkait dengan fungsi dan rasa bahagia yang dimiliki terhadap barang tersebut. Barang yang disimpan juga diletakkan pada tempat penyimpanan yang efisien.

Kini, banyak orang-orang di seluruh dunia tertarik untuk mengaplikasikan gaya hidup minimalis ini. Tirto.id mengungkapkan bahwa generasi milenial merupakan penyokong besar tren gaya hidup minimalis. Penerapan gaya hidup minimalis oleh generasi milenial dinilai lebih menyehatkan dan membuat waktu bersih-bersih rumah bisa menjadi lebih singkat.

Lepaskan Keterikatan dengan Barang

Cara ampuh berhemat dengan gaya minimalis yang bisa Anda lakukan adalah dengan melepaskan keterikatan dengan barang. Anda harus memastikan bahwa barang-barang yang Anda miliki berguna dan relevan dengan hidup Anda. Anda perlu belajar melupakan kenangan yang melekat pada barang untuk menentukan barang-barang apa saja yang memang Anda butuhkan. Hindari menyimpan barang yang hanya menjadi simbol status atau kekayaan.

Hal ini penting diperhatikan, karena terkadang barang-barang Anda tidak memiliki pengaruh terhadap kualitas hidup ataupun menambah kebahagiaan. Bahkan sering kali Anda mungkin membeli suatu barang hanya untuk mengesankan orang lain, bukannya yang Anda butuhkan. Bila lemari pakaian Anda saat ini dipenuhi dengan pakaian-pakaian yang sudah lama tidak dikenakan, mungkin ini saat yang tepat untuk merelakan pakaian-pakaian tersebut untuk diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan.

Utamakan Fungsi, bukan Estetika

Untuk menerapkan gaya hidup minimalis, Anda harus ingat untuk selalu mengutamakan fungsi ketika membeli suatu barang. Hanya karena suatu barang memiliki desain yang cantik, bukan berarti Anda harus mengeluarkan uang untuk membelinya. Misalnya, ketika Anda sudah memiliki cukup banyak kotak sampah di rumah, Anda tidak perlu membeli kotak sampah baru hanya karena warnanya yang cantik atau desainnya yang menarik. Alih-alih mengeluarkan uang untuk membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan, lebih baik Anda membeli produk yang memang belum Anda miliki dan memang berfungsi untuk menunjang kenyamanan hidup Anda.

Belanjalah sesuai Kebutuhan

Satu hal penting lainnya yang harus Anda terapkan untuk berhemat dengan menerapkan gaya hidup minimalis adalah belanja sesuai kebutuhan. Tidak bisa dipungkiri, masyarakat dunia saat ini hidup dalam lingkungan yang terobsesi dengan pakaian, gadget terbaru, serta berbagai barang-barang nge-trend lainnya. Mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk memenuhi obsesi tersebut tidak akan memberikan Anda kepuasan, justru dapat menyiksa kondisi finansial dan membuang-buang uang.

Alih-alih menggantung kebahagiaan Anda pada hal-hal yang bersifat material, gaya hidup minimalis mengajak Anda untuk kembali berpikir sebelum membeli suatu barang. Tanyalah kepada diri Anda, apakah barang yang Anda inginkan benar-benar dibutuhkan. Misalnya, jika gadget lama Anda saat ini masih berfungsi dengan baik, Anda tidak perlu membeli gadget terbaru hanya karena alasan mengikuti trend atau tidak ingin ketinggalan zaman di era gaya hidup digital sekarang. Ingatlah untuk hanya membeli barang-barang yang memang sangat Anda butuhkan untuk hidup yang lebih hemat dan nyaman.

Lihat juga: “Menyelamatkan Keuangan Pribadi dengan Investasi”  dan Terjerat Masalah Keuangan? Mungkin Anda Kena FoMO


Itulah cara ampuh berhemat dengan gaya hidup minimalis yang layak Anda pertimbangkan. Dengan menerapkan gaya hidup minimalis, Anda bisa lebih fokus membeli barang-barang yang dibutuhkan saja sehingga Anda pun dapat mengelola keuangan dengan lebih baik.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply