Tak Cuma Jualan, 5 Hal Ini Juga Tergolong Bisnis Online, Tertarik?

Perkembangan industri e-commerce tidak dapat terlepas dari gaya hidup digital yang berkembang di Indonesia. Diperkirakan total transaksi belanja online di tahun 2019 ini bisa menembus angka Rp 120 triliun. Namun, e-commerce bukan hanya tentang transaksi perdagangan, tapi juga bentuk “bisnis online” baru, yakni selebgram (Selebriti Instagram) dan influencer di berbagai platform.

Anda tertarik memulai “bisnis online” seperti di atas? Berikut beberapa ide menarik yang layak untuk dipertimbangkan dan dicoba. Apa saja? Cari tahu selengkapnya di sini!

Influencer

Tingginya jumlah pengguna internet dan media sosial di Indonesia melahirkan profesi baru di tengah perkembangan gaya hidup digital. Sebut saja profesi influencer yang saat ini cukup populer di kalangan pengguna Instagram maupun YouTube. Berbekal jumlah pengikut yang mencapai ratusan ribu bahkan jutaan orang, para influencer umumnya dipercaya untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh brand tertentu. Tidak hanya bisnis online seperti e-commerce, bisnis offline juga turut dipromosikan oleh mereka. Berdasarkan survei GetCraft, tercatat bahwa hingga tahun 2018 peran influencer penting untuk membangun brand awareness hingga 36,6%.

Ingin tahu lebih lanjut tentang influencer? Klik di sini!

Jasa Foto Produk

Seiring dengan tingginya animo masyarakat terhadap aktivitas belanja online, maka bisnis penyedia jasa foto produk menjadi sangat dicari. Umumnya, Anda yang memiliki ketertarikan terhadap bidang fotografi dapat memanfaatkan peluang bisnis online ini untuk meraup untung besar-besaran. Dengan foto produk yang berkualitas, suatu brand bisa mendapatkan kepercayaan yang lebih dari para pelanggannya. Tentu saja, Anda perlu membekali diri tentang tren fotografi yang digemari pengguna media sosial agar hasil foto produk selalu up-to-date.

Lebih lanjut: “Belanja Online Lebih Boros, Kok Bisa?”

Pembuatan Konten

Gaya hidup digital mendorong tingginya angka penggunaan internet di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, bisnis online berupa jasa pembuatan konten menjadi peluang yang layak untuk Anda coba. Baik berupa artikel maupun foto dan video, jasa pembuatan konten sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis online lainnya di luar sana. Mulailah dengan menampilkan portofolio karya Anda pada halaman website tertentu untuk menarik perhatian dan minat calon pelanggan. Portofolio tersebut dapat meyakinkan pelanggan terhadap kemampuan Anda menciptakan konten.

Jasa Penerjemah

Punya kemampuan berbahasa asing? Tidak perlu ragu untuk menyediakan jasa penerjemah! Di era digital seperti saat ini, profesi penerjemah memiliki peluang bisnis yang sangat besar. Bahasa adalah kunci alat komunikasi yang penting untuk diperhatikan oleh setiap pelaku bisnis online yang ingin produknya laku di seluruh dunia. Anda yang mahir menerjemahkan bahasa asing juga bisa berkolaborasi dengan selebgram atau influencer dalam pembuatan konten yang menarik.

Desain Grafis

Satu lagi peluang bisnis online yang sangat berpengaruh pada gaya hidup digital masyarakat Indonesia, yaitu jasa desain grafis. Anda bisa bekerja secara mandiri sebagai freelancer atau tergabung pada perusahaan tertentu yang memang membutuhkan jasa Anda. Membuka pemesanan desain grafis untuk undangan pernikahan elektronik, desain website, hingga media sosial pun bisa dilakoni secara profesional oleh seorang desainer grafis.


Itulah tadi beberapa rekomendasi bisnis online yang menarik untuk dicoba di tengah perkembangan gaya hidup digital yang semakin pesat di Indonesia. Kira-kira jenis bisnis mana yang sesuai dengan passion dan ketertarikan Anda? Jika membutuhkan modal usaha tambahan, daftarkan diri Anda untuk mendapatkan pinjaman modal usaha di website Modalku. Layanan peer-to-peer (P2P) lending Modalku akan memudahkan Anda meningkatkan bisnis dengan proses crowdfunding dan suku bunga kompetitif. Buktikan sendiri sekarang juga!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply