5 Alasan Pentingnya Melek Digital Untuk Bisnis B2B

Artikel merupakan hasil kerjasama antara Modalku & LINKZ

Siapa yang tidak pakai smartphone saat ini? Hampir semua orang punya smartphone dan otomatis punya akun media sosial atau platform digital lainnya. “Melek digital” seakan jadi tuntutan bagi setiap orang. Jika tidak ingin ketinggalan, setiap orang harus update informasi, fashion, hingga gaya hidup melalui platform digital. 

Hal yang sama juga berlaku pada dunia bisnis. “Melek digital” adalah tuntutan zaman yang tak terelakkan. Pasalnya, banyak konsumen yang juga kini bersosialisasi dan beraktivitas di dunia maya. Jadi kehadiran brand Anda di berbagai platform media sosial menjadi sangat penting, khususnya bagi Anda yang sektor bisnisnya dari B2B (Business-to-Business). Mengapa demikian? Ini dia 5 alasannya:

Terhubung dengan Klien dengan Lebih Mudah

Calon-calon klien Anda tentu aktif di berbagai media sosial dengan pelanggan-pelanggannya. Sebagai owner bisnis B2B, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan ini. Anda juga perlu hadir untuk menggaet mereka. Perkenalkan produk ataupun layanan Anda secara rutin di akun media sosial, jangan lupa juga unutk rutin menyapa mereka dan menjawab keluh kesahnya.

Anda bisa membuat podcast, webinar, event tanya-jawab hingga berbagai aktivitas yang dapat meningkatkan kedekatan Anda dengan calon klien, maupun klien yang sudah eksis. Jika mereka sudah dekat dengan Anda, secara otomatis mereka akan makin loyal terhadap produk Anda bukan? 

Strategi Pemasaran Efektif

Tahukah Anda? Pemasaran konvensional cenderung memerlukan biaya yang besar. Misalnya, mencetak brosur, memasang baliho, hingga pasang iklan di reklame dan TV. Selain besar, media iklan konvensional juga punya kekurangan, yaitu tidak bisa mengukur berapa orang yang sudah melihat iklan dan bereaksi atas iklan itu. Pada tahap perkenalan merek atau produk untuk mendapat brand awareness, mungkin iklan konvensinal masih efektif, tapi jika untuk penjualan? Tentu tidak. 

Dengan melek digital, Anda bisa menggunakan media pemasaran digital yang lebih powerful. Iklan Anda dapat lebih tetap sasaran, terukur, dan biayanya jauh lebih ekonomis. Anda bisa memilih siapa saja yang melihat iklan, sesuai dengan umur, tingkat pendapatan, hingga domisili. Selain itu, Anda juga bisa mengukur seberapa efektif iklan yang Anda tampilkan. Misalnya, dengan indikator call to action berupa klik ke laman produk Anda, atau malah membeli produk Anda melalui iklan digital. Semua alur iklan terlacak jika beriklan di media digital. 

Lihat juga: “Ini Dia! 5 Strategi Pemasaran Online agar Toko Anda Makin Ramai”

Operasional Bisnis Lebih Simpel & Sistematis

Selain untuk pemasaran, saat Anda juga bisa mempermudah operasional bisnis, jika Anda melek digital. Saat ini banyak platform digital yang memberikan layanan untuk bisnis Anda. Mulai dari layanan gudang, layanan hosting, payment gateway, hingga layanan katalog publik. 

Dengan LINKZAsia, Anda bisa menggunakan fitur katalog publik. Fitur ini akan memudahkan klien Anda dalam memilih dan menentukan produk yang mereka inginkan. Anda pun tidak perlu repot mengatur ulang atau mengumpulkan katalog di toko online atau e-commerce. Cukup pakai LINKZAsia, dan katalog pun masih lebih mudah di set up. 

Uniknya, fitur Katalog Publik ini hanya bisa diakses oleh calon pelanggan yang mendapatkan link/tautan dari Anda. Jadi, calon pelanggan tidak bisa melihat harga kompetitor dalam aplikasi LINKZ. Menarik, bukan?

Mudah Beradaptasi pada Ragam Digital Payment

Banyak hal positif yang bisa Anda lakukan saat Anda melek digital. Selain memudahkan operasional dan pemasaran, transaksi pun juga lebih mudah. Yap! Dengan menggunakan digital payment,  transaksi pun bisa lebih cepat, praktis, dan lebih nyaman bagi pengguna Anda. Ingat! Bahwa pengguna Anda juga sudah melek digital lho!

Saat ini, makin banyak penyedia pembayaran digital. Tinggal pilih mana yang mau Anda gunakan. Namun, lebih baik Anda menyediakan banyak digital payment, biarkan klien Anda yang memilih. Jangan lupa untuk menyiapkan berbagai saranya, misalnya laporan transaksi. Tidak mungkin kan Anda harus mencatat setiap transaksi secara manual? 

Jangan khawatir, kini ada  fitur laporan keuangan LINKZ juga akan mempermudah pencatatan transaksi  digital payment dan pembayaran lainnya. Apapun transaksinya, darimana pun kanal pembayarannya, semua akan tercatat secara otomatis. Jauh lebih mudah, bukan? 

Tentu dengan ragam kemudahannya, operasi bisnis secara digital akan mempercepat proses penjualan, pembelian, hingga periklanan secara keseluruhan. Bayangkan saja, proses laporan transaksi jual-beli yang biasanya dilakukan secara manual, kini bisa dilakukan secara otomatis. Begitu juga dangan pengiklanan digital yang pastinya lebih mudah dan cepat diaplikasikan. Tidak perlu mengurus izin reklame/baliho serta waktu pemasangan yang tidak sedikit. Anda pun bisa mempelajari sendiri cara beriklan di berbagai platform digital. 

Dengan percepatan di berbagai prosesnya, melek digital akan membawa Anda pada efisiensi waktu. Sebagai pebisnis tentu waktu adalah uang dan sangat berharga. Anda bisa gunakan waktu tersebut untuk berfokus pada pengembangan produk, peningkatan bisnis, atau pelebaran sayap bisnis Anda. 

Itulah 5 alasan mengapa Anda perlu melek digital. Melek digital bisa merupakan langkah awal agar bisnis Anda makin efisien & efektif. Secara otomatis, bisnis Anda akan makin maju dan berkembang. Segera jalani bisnis Anda menjadi lebih mudah, praktis, dan cepat. Mulailah dengan menggunakan layanan LINKZ sekarang juga. Klik banner di bawah ini untuk mendapat layanannya: 


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan