Mengenal Apa Itu Neobank yang Akhir-Akhir ini Populer di Indonesia

mengenal apa itu neobank

Apa itu neobank? Secara umum, neobank adalah perusahaan fintech karena mereka menawarkan aplikasi, software, dan teknologi perbankan lainnya. Neobank tidak memiliki cabang fisik sama sekali. Semua proses dan produknya digital, hanya bisa diakses secara online, bahkan sangat minim transaksi uang tunai. 

Karena itu, proses perbankan neobank dianggap lebih transparan dibanding bank-bank besar yang sudah ada. Namun, produk perbankan yang ditawarkan juga tidak begitu banyak. Biasanya hanya melingkupi tabungan saja.

Dikarenakan model bisnisnya yang sepenuhnya online, neobank adalah alternatif perbankan yang sangat populer di Indonesia dan di negara lainnya, terutama sejak pandemi. Tinggal download aplikasinya saja, segala layanan dan produk perbankan neobank pun bisa diakses publik. Apakah ini sudah menjawab pertanyaannya Anda tentang apa itu neobank?

Kelebihan Neobank Dibanding Bank Konvensional

Perbedaan antara neobank dengan bank konvensional sudah cukup jelas. Namun, apakah Anda sudah tahu apa saja kelebihan dari neobank? Apabila Anda tertarik untuk menjadi salah satu nasabah sebuah neobank, ada baiknya Anda perhatikan poin plus dari metode perbankan terbaru ini.

  1. Proses relatif lebih cepat dan mudah

Sudah banyak sekali bank digital maupun aplikasi mobile banking yang dikelola oleh bank besar di Indonesia. Namun, terkadang ada beberapa kasus di mana transaksi atau layanan harus dilakukan di kantor cabang maupun ATM. Lain halnya dengan neobank, yang semuanya serba online dan bisa dilakukan langsung dari aplikasi di smartphone Anda. Kapan pun dan di mana saja, Anda bisa mengecek tabungan, menyetor uang, melakukan top-up, dan membayar tagihan. Prosesnya juga cepat, hanya dalam hitungan detik!

  1. Tampilan ramah pengguna

Banyak netizen suka mengeluh soal tampilan aplikasi mobile banking yang dinilai kurang estetik. Ada yang bilang tampilannya terlalu berlebihan, ada juga yang bilang tampilannya seperti desktop zaman 2000-an. Akan tetapi, tampilan yang bagus juga harus diimbangi dengan lancarnya aplikasi tersebut. 

Beberapa aplikasi mobile banking memang terlihat bagus, namun sayang performa aplikasinya sangat lamban. Nah, neobank adalah solusi bagi masalah ini. Karena 100% online, maka seluruh fokusnya tertuju pada desain antarmuka dan performa aplikasi yang mulus. Jadi, nasabah pun mudah menavigasikan aplikasi tersebut. Tujuannya juga supaya bisa melayani seluruh nasabah, terlepas dari jenis smarpthone yang dimiliki.

  1. Suku bunga cenderung lebih tinggi

Benarkah neobank menawarkan bunga yang lebih tinggi? Ya, hal ini mungkin terjadi karena biaya operasi neobank yang jauh lebih rendah dibanding bank besar. Mereka tidak perlu menyewa lokasi kantor cabang ataupun membayar gaji teller karena semuanya sudah ada di aplikasi. Dengan begtiu, neobank bisa menggunakan uang yang ada untuk memberikan bunga tinggi kepada nasabah. Menarik sekali, bukan?

  1. Aman walaupun serba online

Didukung dengan teknologi smartphone terkini seperti biometrics dan face ID, layanan neobank pun dianggap aman. Jika bank pada umumnya mengandalkan PIN untuk setiap transaksinya, neobank mengharuskan Anda untuk login dengan biometrics atau face ID. Sisi baiknya, Anda tidak perlu takut lupa PIN atau menjadi korban pembobolan PIN. Hal ini juga memudahkan Anda ketika akan melakukan transaksi. Tanpa perlu ketik PIN, Anda bisa langsung membuka aplikasi neobank dalam 1-2 detik saja. 

Beda Neobank dan Bank Digital

Pengertian neobank dengan bank digital hampir sama, keduanya menawarkan layanan perbankan digital melalui aplikasi smartphone. Namun, perbedaan yang paling signifikan ada pada pengelolanya. 

Bank digital memiliki bank charter atau bank resmi yang memiliki wewenang atas bank digital tersebut. Misalnya saja bank konvensional A meluncurkan bank digital terbaru yang diberi nama X. Walau nama, produk, dan layanannya berbeda, tetap saja di bawah satu perusahaan yang sama. Hal ini berbeda dari neobank yang independen alias tanpa bank charter

Lihat juga: “Ini Dia Cara Mendapat Pinjaman Modal Usaha tanpa Jaminan”

Prospek Perkembangan Neobank ke Depan

Terlepas dari popularitas neobank, kiprahnya di Indonesia masih seumur jagung. Ini dikarenakan bank besar di Indonesia pun sudah melakukan transformasi digital. Banyak pemain bank digital yang meluncurkan aplikasi mobile banking. 

Beberapa pengamat pun menilai salah satu rintangan dari neobank adalah pesatnya perkembangan teknologi yang tidak seimbang dengan peraturan atau regulasinya. Namun, potensi bank ini begitu besar karena minat dan kebutuhan masyarakan, terutama kawula muda, akan layanan keuangan online. Hal ini pun diharapkan dapat memperluas inklusi keuangan juga.

Kini Anda telah mengetahui apa itu neobank yang akhir-akhir ini cukup populer di Indonesia. Neobank adalah layanan perbankan yang model bisnisnya 100% online. Dengan berbagai kelebihannya, kehadiran neobank diharapkan mampu mempermudah masyarakat Indonesia dalam menjangkau layanan perbankan di mana pun mereka berada. Nah, sudahkah Anda mulai menggunakan neobank?


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Tinggalkan Balasan