Cari Modal Usaha Tanpa Jaminan? Ini Dia 5 Caranya

Cari modal usaha tanpa jaminan mungkin terkesan sulit bagi sebagian orang, khususnya bagi para pelaku usaha kecil. Namun, seiring perkembangan zaman dan meningkatnya jumlah usaha kecil di Indonesia, lembaga keuangan maupun negara membuat terobosan baru untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan modal tanpa jaminan. Bagaimana caranya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Ajukan Pinjaman ke Pemerintah

Pertama, Anda bisa cari modal usaha tanpa jaminan dengan mengajukannya ke pemerintah. Sebagai bentuk kepedulian terhadap pelaku usaha kecil dan menengah, pemerintah memiliki beberapa program unggulan yang digalakkan, terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini agar pelaku usaha dapat bangkit kembali. Salah satunya program Kredit Usaha Rakyat (KUR) lewat lembaga keuangan negara maupun swasta.

Program ini difokuskan pada usaha kecil yang ingin mendapatkan bantuan permodalan. Maka, syarat utama dari pengajuan pinjaman KUR adalah Anda harus punya bisnis yang tengah dijalankan. Kemudian, sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2008, pihak yang mendapatkan bantuan ini setidaknya harus memiliki jumlah kekayaan bersih sebesar Rp50 juta.

2. Pinjam ke Koperasi

Cari modal usaha tanpa jaminan yang kedua ialah melalui koperasi. Pada dasarnya, koperasi memang dibentuk dengan asas gotong royong. Para pelaku UMKM bisa memanfaatkan koperasi untuk mendapatkan pinjaman modal usaha secara cepat, ringan, dan aman. 

Keunggulan meminjam di koperasi adalah bunga yang diberikan tidaklah tinggi. Tentunya ini dapat meringankan para pelaku UMKM seperti ini. Selain itu, prosesnya pun biasanya tak kalah mudah. Biasanya hanya memerlukan KTP dan juga KK yang masih aktif. Setelah itu, petugas koperasi akan melakukan survei. Proses pinjaman pun akan segera cair dalam waktu beberapa hari kerja.

3. Ajukan Pinjaman Tanpa Jaminan ke Bank

Sebagian orang mungkin menilai bahwa meminjam di bank harus ada jaminan tersendiri. Namun, ada juga pinjaman modal usaha tanpa jaminan atau agunan di bank. Ini tentu bisa Anda jadikan alternatif ketiga dalam cari modal usaha tanpa jaminan. Jadi, dalam hal ini peminjam tak perlu menyerahkan sejumlah asetnya ke bank.

Bahkan jumlah pinjaman yang akan didapat pun nominalnya cukup besar, bisa hingga ratusan juta Rupiah. Akan tetapi, ada baiknya untuk meminjam sesuai dengan kemampuan finansial Anda melalui persyaratan yang sudah ditetapkan pihak bank. Lalu, untuk jangka waktu peminjamannya dapat disesuaikan, bahkan ada yang sampai lima tahun. Namun, bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman lewat bank, biasanya Anda harus punya kartu kredit dengan reputasi dan BI Checking yang baik.

4. Ikuti Business Plan Competition

Tak hanya melalui pengajuan konvensional, cari modal usaha tanpa jaminan juga bisa dilakukan dengan mengikuti kompetisi business plan. Kompetisi ini biasanya menawarkan sejumlah hadiah menarik kepada peserta yang dianggap memiliki visi bisnis inovatif. Jumlah hadiahnya bisa berupa uang dengan nilai ratusan bahkan miliaran rupiah.

Di samping itu, para pemenang juga akan mendapatkan pelatihan bisnis untuk membantu mengembangkannya. Keuntungan lainnya, Anda pun bisa bekerja sama dengan para pelaku bisnis yang sudah lebih berpengalaman untuk berkolaborasi.

Hal penting yang perlu dicatat di sini adalah Anda harus memiliki konsep bisnis yang jelas dan mampu mempresentasikannya dengan baik di hadapan para juri. Jangan lupa untuk tanamkan rasa percaya diri dan sikap positif saat Anda berkompetisi dengan peserta lainnya.

6. Pinjam ke Platform Pendanaan Digital

Terakhir, Anda dapat mengajukan pinjaman modal tanpa jaminan melalui platform pendanaan digital. Namun, yang perlu diingat di sini adalah pastikan platform tersebut memiliki rekam jejak yang baik dan sudah resmi terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satunya adalah platform pendanaan digital dari Modalku.

Modalku memiliki komitmen untuk mendukung dan melayani UMKM agar terus berkembang melalui pendanaan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Cara mendaftar untuk mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan dari Modalku pun cukup mudah, yakni:

  1. Pelaku UMKM mendaftar pengajuan pinjaman melalui website Modalku.
  2. Tim dari Modalku akan memeriksa dan memproses aplikasi pinjaman.
  3. Bentuk pinjaman modal usaha bagi pelaku UMKM ialah dengan proses urun dana bagi peminjam.
  4. Setelah proses selesai, para pelaku akan menerima modal usaha sejumlah yang dibutuhkan.

Lihat juga: Memilih Pinjaman Tanpa Jaminan

Bagaimana, cukup mudah bukan cari modal usaha tanpa jaminan? Kini, saatnya Anda mengajukan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan usaha agar lebih besar dan maju. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply