Pinjaman Online Pemerintah Tanpa Agunan, Ini Persyaratannya

pinjaman online pemerintah

Anda ingin buka usaha tapi modal sedikit? Saat ini, sudah banyak solusi mudah bagi Anda yang ingin buka usaha tapi terhalang dengan modal. Anda bisa mengajukan pinjaman kepada lembaga resmi. Namun, tidak sedikit dari lembaga tersebut yang meminta agunan atau jaminan dengan persyaratan yang rumit.

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman tanpa agunan dan tanpa ribet, tenang saja! Kini telah hadir pinjaman online pemerintah. Pinjaman online ini bersifat tanpa agunan dan prosesnya pun sangat mudah. 

Pinjaman uang cash untuk kebutuhan apa saja

Pemerintah Indonesia mengerti kebutuhan masyarakat yang ingin membuka usaha tetapi tidak memiliki modal cukup. Untuk itu, pemerintah menyediakan pinjaman online tanpa agunan, di mana pemerintah akan memberikan pinjaman berupa uang cash yang bisa digunakan untuk kebutuhan apa saja. 

Pinjaman online pemerintah ini datang dari salah satu aplikasi yang saham perusahaannya dimiliki oleh BUMN, yaitu LinkAja. LinkAja menawarkan pinjaman online tanpa agunan dengan proses mudah dan cepat.

Syarat-syarat mengajukan pinjaman online pemerintah

Syarat yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman online pemerintah tidaklah rumit. Anda hanya perlu registrasi dan aktivasi aplikasi LinkAja sebelum mengajukan pinjaman. Jangan lupa untuk menyiapkan data diri seperti KTP atau SIM sebagai salah satu syarat untuk pengajuan pinjaman. 

Jika seluruh syarat sudah terpenuhi, Anda bisa log in ke akun LinkAja dengan memasukkan user id dan password. Kemudian, klik menu “Lainnya” yang berada di halaman utama LinkAja. Setelah itu, pilih menu “Pinjaman”, maka akan tampil tiga pihak penyedia pinjaman online. Anda bebas memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Aplikasi akan menampilkan jumlah minimal dan maksimal dana pinjaman, durasi, serta rincian dana yang akan Anda terima nantiknya. Kemudian, klik “Ajukan sekarang” dan isi identitas pribadi Anda sesuai dengan KTP, rekening bank, informasi pekerjaan, serta nomor kontak. Setelah data Anda masuk, pengajuan pinjaman akan langsung diproses. Anda akan dihubungi selambat-lambatnya 2×24 jam. Bila pengajuan Anda ditolak, Anda bisa mengajukan pinjaman kembali setelah 30 hari.

Sudah diawasi oleh OJK

Pinjaman online pemerintah tanpa agunan ini sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda tidak perlu khawatir pinjaman online ini akan melakukan penipuan dan ilegal. Pinjaman online pemerintah telah bekerja sama dengan berbagai lembaga resmi yang juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Lihat juga: “6 Ciri Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK”

Upaya pemerintah untuk melindungi masyarakat dari pinjol ilegal

Memberikan pinjaman online ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk melindungi masyarakat dari pinjol ilegal. Hingga saat ini, pemerintah masih terus berupaya untuk membasmi pinjaman online ilegal yang tidak terdaftar di OJK. 

Kerugian yang dirasakan masyarakat dari meminjam di perusahaan pinjol ilegal sangat beragam. Mulai dari suku bunga yang terlalu tinggi, penagihan pinjaman yang melanggar kaidah, melanggar aturan, hingga melanggar etika.

Untuk mencegah hal ini semakin banyak terjadi, pemerintah menyediakan pinjaman online tepercaya yang bekerja sama dengan BUMN dan perusahaan pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK. Selain itu, pemerintah juga berupaya memberikan pembinaan pada 107 pinjaman online yang sudah terdaftar dan berizin OJK. 

Modalku, platform pendanaan digital terpercaya

Selain mengajukan pinjaman secara online kepada pemerintah, Anda juga bisa mengajukan pinjaman dengan sangat mudah melalui Modalku. Modalku menyediakan layanan pendanaan digital tanpa agunan untuk para UMKM berpotensi hingga Rp2 miliar. Anda juga bisa memilih produk pinjaman online Modalku yang sesuai untuk kebutuhan bisnis Anda. Mulai dari Modal Kawan Mikro yang menyediakan dana tunai, dan Invoice Financing untuk solusi arus kas proyek Anda. 

Pengajuan pinjaman Modalku sangat mudah karena bisa dilakukan secara online lewat website atau aplikasi Modalku di mana saja dan kapan saja. Keunggulan lainnya dari platform pinjaman online tanpa agunan ini adalah tenor pendanaan yang singkat, hanya 1 hingga 24 bulan. Tentunya meminjam modal usaha di Modalku tidak perlu khawatir penipuan karena sudah berizin resmi dan diawasi oleh OJK. 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan