6 Tips Memastikan Pinjaman Online Terpercaya dan Kredibel

ini dia cara memastikan pinjaman online terpercaya

Pinjaman online terpercaya dan kredibel saat ini menjadi syarat penting untuk diketahui oleh masyarakat yang ingin mengajukan modal maupun bantuan usaha. Sebab, tak sedikit pihak yang menjadi korban pinjaman online ilegal. Tentunya Anda tak ingin hal tersebut terjadi kepada Anda, bukan? Lantas, bagaimana cara untuk memastikan aplikasi pinjaman online terpercaya ini? Berikut tips yang perlu Anda simak.

1. Legalitas OJK

Langkah awal untuk memastikan pinjaman online terpercaya ialah dengan melihat legalitasnya. Dalam hal ini, pastikan perusahaan yang bergerak di financial technology ini sudah memiliki nomor registrasi resmi terkait dengan kegiatan operasionalnya dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Untuk hal tersebut, Anda bisa mengeceknya melalui laman resmi OJK. Di sana akan muncul nama platform pinjaman online beserta nomor registrasinya. Apabila tidak terdaftar dalam OJK, maka bisa dipastikan platform pinjaman itu ilegal. Selain melalui website, Anda pun bisa mengecek langsung melalui nomor call center OJK (021) 2960 0000 atau email.

2. Perhatikan Syarat Pengajuan

Setelah memastikan keabsahan dan legalitas pinjaman online terpercaya di OJK, perhatikan juga persyaratan pengajuan pinjamannya. Pastikan persyaratannya masuk akal. Jika terlalu mudah, misalnya hanya dengan mengajukan KTP, maka Anda perlu curiga.

Lalu, perhatikan pula batasan usia maksimal maupun usia minimal peminjam. Cek juga syarat jumlah minimal penghasilan per bulan. Ingat, jangan sampai Anda tergiur pinjaman online tanpa syarat apa pun, tapi menawarkan pinjaman dengan jumlah besar. Sebab, tak jarang dengan persyaratan yang mudah dan jumlah pinjaman tak masuk akal, kemungkiann besar perusahaan pinjaman online tersebut abal-abal atau palsu.

Lihat juga: “Keunggulan Pinjaman Online untuk Usaha Anda

3. Pengajuan Pinjaman Fleksibel dan Aman

Tidak hanya sekadar persyaratan yang aman, dalam pinjaman online terpercaya Anda juga perlu memperhatikan tata cara pengajuan pinjamannya. Cari tahu apakah pinjaman yang diberikan bersifat fleksibel dan keamanannya terjamin. Adapun yang dimaksud aman di sini tidak hanya proses transaksinya, tetapi juga bagaimana perusahaan melindungi data peminjam.

Sebab, jika perusahaan pinjaman online tidak kredibel dan memiliki perlindungan data peminjam yang lemah, tentunya ini cukup berbahaya. Data-data tersebut bisa saja dibobol dan diperjualbelikan oleh pihak tak bertanggung jawab, khususnya untuk kegiatan yang melanggar hukum atau kejahatan siber seperti fraud. Tentu hal ini akan merugikan para pemilik data tersebut.

4. Bunga dan Biaya Transparan

Setiap pinjaman tentu memiliki bunga yang harus dibayarkan pada waktu tertentu. Pinjaman online tepercaya akan transparan dalam masalah pembayaran bunga yang harus dibayarkan oleh pihak peminjam. Sebaiknya, Anda perlu berhati-hati jika perusahaan atau pihak yang meminjamkan dana secara online ini tidak transparan soal bunga dan biaya.

Hal ini menjadi modus yang paling sering dijalankan oleh pihak pinjaman online ilegal untuk menipu dan menjebak calon korbannya. Pihak pinjaman online akan melipatgandakan uang dalam jumlah besar tanpa sesuai kesepakatan awal. 

Lihat juga: “Mitos Pinjaman Online tanpa Agunan yang Terbukti Tidak Benar”

5. Baca Seluruh Persyaratan dengan Teliti

Menyambung dari poin di atas, agar Anda tidak terbebani dengan bunga dan biaya yang besar, maka bacalah seluruh persyaratan pinjaman dengan saksama. Pinjaman online terpercaya biasanya memiliki persyaratan dan aturan yang jelas, di mana persyaratan tersebut tidak melanggar perundang-undangan yang ada.

Beda halnya dengan pinjaman online ilegal, biasanya tidak ada kesepakatan dan mereka akan memutuskan sepihak. Maka dari itu, saat Anda membaca persyaratan dan menemukan indikasi yang kurang baik, janganlah meneruskan proses pengajuan pinjaman tersebut. Hal ini penting guna menghindari hal tak diinginkan terjadi pada Anda di kemudian hari.

6. Platform dan Layanan Jelas

Terakhir, Anda perlu memastikan platform yang dimiliki oleh perusahaan pinjaman online jelas, termasuk program-program maupun layanan yang ditawarkan. Contohnya mengenai ulasan tentang perusahaan. Di sini, Anda bisa melihat jajaran pengurus, alamat beroperasi, hingga legalitas operasional yang dimiliki.

Idealnya, perusahaan pinjaman online juga memiliki nomor yang dapat dihubungi secara jelas. Tujuannya adalah ketika Anda mengalami kejadian yang tidak sesuai dengan kesepakatan, maka bisa langsung menghubungi kantor atau perusahaan tersebut.

NoTips Memastikan Pinjaman Online Terpercaya
1Periksa Legalitas OJK
2Perhatikan Syarat Pengajuan
3Pengajuan Pinjaman yang Fleksibel dan Aman
4Bunga & Biaya Transparan
5Baca Seluruh Persyaratan dengan Teliti
6Platform dan Layanan Jelas
Tips Memastikan Pinjaman Online Terpercaya

Nah, itulah beberapa tips dalam memastikan kredibilitas platform pinjaman online terpercaya. Jadi, sebenarnya tidak masalah bila Anda ingin mengajukan pinjaman melalui aplikasi untuk modal bisnis. Namun, pastikan keenam unsur di atas ada dan berjalan dengan baik. Salah satu platform pinjaman dana digital yang aman dan bisa Anda pilih adalah Modalku.

Selain sudah mengantongi izin operasional resmi dari OJK, Modalku juga memiliki berbagai program unggulan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan bisnis. Di samping itu, semua prosesnya pun cepat dan mudah. Hal ini merupakan bentuk komitmen Modalku dalam membantu UMKM di tanah air agar mampu bersaing dan berkembang di era global. Semoga bermanfaat!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan