4 Alasan Bisnis Anda Butuh Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

pinjaman usaha tanpa jaminan

Pinjaman modal usaha tanpa jaminan menjadi andalan banyak pebisnis pemula. Anda tidak perlu memiliki aset sebagai jaminan untuk meminjam sejumlah dana. Mengajukan pinjaman untuk modal usaha awal tanpa jaminan pun memberikan banyak kelebihan. Apa saja? Berikut informasinya!

Apa itu pinjaman modal bisnis dan mengapa penting?

Pinjaman modal bisnis adalah penyediaan dana dalam jumlah tertentu dari lembaga penyedia dana untuk mendukung tujuan usaha. Jenis pinjaman ini diperoleh lewat persetujuan atau kesepakatan antara pihak peminjam dan pemberi pinjaman. Setelah pengajuan pinjaman dana disetujui, peminjam wajib melunasi pinjaman dalam waktu tertentu yang sudah ditetapkan, lengkap dengan pembayaran bunga dan biaya lainnya. Dengan pinjaman ini, bisnis bisa berkembang lebih lancar karena tidak terkendala masalah biaya.

Kapan waktu tepat untuk ajukan pinjaman?

Anda perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan karena pendanaan termasuk salah satu pondasi penting dalam mengembangkan semua jenis bisnis, baik UMKM maupun startup. Tanpa persiapan dana yang matang, usaha Anda berpeluang besar akan kandas di tengah jalan. Oleh karena itu, saat Anda sudah yakin dengan ide usaha yang dijalankan, jangan ragu untuk mengajukan pinjaman.

Memperoleh pendanaan yang datangnya dari investor ‚Äč‚Äčtidak selalu harus dari awal usaha berjalan karena tidak sedikit startup yang benar-benar memulai dari modal nol. Jadi, bukan soal sejak awal merintis usaha atau di tengah bisnis sudah berjalan, Anda perlu fokus saat sudah yakin dengan ide usaha dan sudah mempunyai gambaran target pasar bisnis Anda.

4 Alasan bisnis Anda butuh pinjaman modal

Berikut beberapa alasan mengapa bisnis Anda butuh pinjaman modal usaha tanpa jaminan:

1. Ada tambahan inventaris bisnis

Saat bisnis menambah inventaris, diperlukan sejumlah dana untuk mengelolanya. Mengelola inventaris dengan tepat penting dilakukan agar proses inventarisasi berjalan lancar. Caranya bisa dengan mempertimbangkan permintaan pasar dan menjaga stok barang tetap dalam batas aman. Jika bisnis Anda sedang maju dan memiliki tingkat penjualan yang tinggi, Anda perlu mengimbanginya dengan menyediakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. 

Di sinilah pinjaman modal usaha tanpa jaminan memainkan perannya. Dana pinjaman untuk modal usaha awal ini bisa Anda pakai untuk membeli tambahan inventaris yang dibutuhkan oleh bisnis. Dengan memenuhi permintaan produk, jumlah keuntungan yang Anda terima akan jauh lebih besar dari total pinjaman dana yang Anda ajukan. 

2. Ingin buka cabang

Sementara membuka cabang mungkin menjadi salah satu tujuan utama setiap bisnis yang sukses, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelumnya. Salah satunya adalah soal modal. Anda harus memastikan bahwa modal yang Anda miliki cukup untuk membuka cabang baru tanpa mengganggu modal utama bisnis. Dengan membuka cabang, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan sehingga menarik lebih banyak profit. Jika peluangnya besar tapi terkendala dana, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan sebagai solusi untuk masalah ini.

3. Arus kas sedang tidak stabil

Bagi Anda yang baru memulai usaha, penting untuk menjaga kestabilan arus kas. Arus kas tidak lancar merupakan salah satu kendala terbesar untuk ditangani UMKM seiring dengan bisnis yang semakin berkembang. Jika arus kas berjalan tidak lancar, bisnis Anda yang akan menghadapi konsekuensinya.

Misalnya, produk jualan Anda belum banyak terjual, namun Anda harus mengeluarkan biaya untuk menggaji karyawan, membayar tagihan listrik, dan sebagainya. Dengan memanfaatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan, Anda bisa menyegarkan arus kas sehingga kestabilannya terjaga. 

4. Perubahan sistem produksi 

Saat Anda ingin melakukan perubahan sistem produk, misalnya dari manual ke otomatis, Anda akan membutuhkan banyak dana karena perlu membeli alat-alat bisnis yang baru. Anda mungkin perlu membeli berbagai mesin yang dapat mempermudah sistem produksi bisnis yang harganya tidak murah.

Daripada bingung soal mengumpulkan dana, Anda bisa mempertimbangkan pinjaman untuk modal usaha awal. Profit yang Anda peroleh dari sistem produksi yang sudah ditingkatkan bisa Anda gunakan untuk membayar kembali pinjaman. Tidak bakal rugi, justru Anda akan mendapatkan keuntungan lebih besar daripada masih menggunakan sistem produksi manual.

Akan semakin menguntungkan jika Anda mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan di Modalku. Selain sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga aman, platform pinjaman untuk modal usaha awal ini juga memiliki reputasi dan pelayanan yang baik bagi nasabahnya. Yuk, klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang berbagai layanan Modalku!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan