Bagaimana Cara Iklan di Instagram dengan Efektif?

cara iklan di Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat terkenal pada saat ini. Baik di Indonesia ataupun di seluruh dunia, banyak pengguna Instagram yang tidak hanya memanfaatkan media sosial ini untuk bertemu dengan teman atau mencari hiburan, tetapi juga bisnis. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur iklan di Instagram. Sebenarnya, bagaimana cara iklan di Instagram yang efektif?

Instagram sudah memiliki fitur iklan sejak lama yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis Anda untuk aktivitas marketing dan promosi. Namun tidak semua iklan yang dijalankan di Instagram berjalan dengan efektif. Anda jangan sampai salah memanfaatkan fitur iklan di Instagram. Sebaiknya pahami dulu cara-cara selengkapnya di bawah ini agar tidak salah langkah. Simak informasinya berikut ini.

Cara Iklan di Instagram yang Efektif

Total ada enam cara menjalankan iklan di Instagram dengan efektif. Perlu diketahui bahwa memasang iklan di Instagram dapat mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun Anda tetap bisa mengatur budget iklan di Instagram sesuai dengan kebutuhan. Semakin besar budget yang dikeluarkan, maka akan semakin banyak juga pengguna Instagram yang melihat iklan Anda. Mari ketahui cara iklan di Instagram dengan efektif.

1. Pahami Tujuan Iklan

Iklan yang dipasang dalam bentuk apapun, baik dari bentuk brosur, papan reklame, hingga iklan di internet, harus memiliki tujuannya. Ada beberapa tujuan memasang iklan di Instagram, seperti meningkatkan brand awareness, followers, atau membuat audiens langsung mau membeli produk Anda. Bahkan iklan di Instagram juga bisa digunakan untuk meningkatkan angka traffic ke dalam website bisnis Anda.

Untuk itulah mengapa Anda harus memahami tujuan iklan yang dipasang di Instagram. Dengan memahami tujuan iklan, seluruh isi pesan, bentuk CTA (Call To Action), hingga target audiens dapat diatur sesuai keinginan. Dampak iklan yang Anda pasang akan menjadi lebih terlihat lagi.

Baca Juga: Kelebihan Pemasaran Online dibanding daripada Cara Promosi Offline

2. Mengenal Audiens

Setiap bisnis memiliki target pasar masing-masing. Dari segi usia, pekerjaan, hobi, hingga domisili tempat tinggal. Untuk mengenal target pasar atau audiens Anda, sebaiknya pahami apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Kemudian, lihat apakah produk Anda bisa menjadi solusi bagi mereka. 

Dari informasi di atas, Anda baru dapat membentuk konten iklan yang relevan sesuai target pasar. Jadi, sebaiknya fokuslah kepada audiens, bukan hanya memikirkan citra dari brand Anda.

3. Buat Caption yang Menarik

Instagram tidak pernah lepas dari yang namanya caption menarik. Untuk membuat caption yang menarik, Anda dapat memulai dari mengenal audiens. Kemudian, cari rangkaian kalimat yang memang dapat menarik perhatian target audiens. Perlu diketahui bahwa ada maksimal jumlah karakter untuk caption Anda. Sebaiknya, Anda bisa langsung membuat teks yang dapat langsung memancing pembaca untuk mengklik tombol CTA pada dua kalimat awal.

Baca Juga: 4 Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Iklan Instagram

4. Memanfaatkan Instagram Stories

Instagram menyediakan fitur bernama Instagram Stories yang sudah digunakan selama bertahun-tahun lamanya. Anda tidak hanya bisa memasang iklan di dalam feed Instagram saja. Sekarang Anda sudah bisa memasang iklan di dalam Instagram Stories. 

Iklan yang masuk ke dalam Instagram Stories memiliki tampilan gambar yang lebih besar. Selain itu tetap bisa diberikan caption beserta hashtag layaknya caption di feed Instagram. Ditambah lagi, Anda bisa menggunakan fitur swipe up yang dapat lebih memudahkan audiens masuk ke dalam halaman yang ingin Anda tuju. 

5. Jangan Lupa Balas Komentar

Ketika Anda memasang iklan di Instagram, maka jangan aneh jika ada komentar dari orang-orang yang melihatnya. Jika memang banyak komentar positif, maka hal itu sangat bagus. Itu menjadi bukti bahwa iklan Anda dilihat banyak orang dan dapat menarik perhatian mereka.

Sekarang waktunya Anda menjalin hubungan dengan setiap orang yang komentar dengan membalasnya. Anda dapat membalas komentar masing-masing orang di dalam postingan tersebut agar mereka merasa diperhatikan. Kalau perlu, Anda juga mengajak mereka masuk ke dalam website. Jadi setali tiga uang, Anda bisa mendapatkan traffic lebih besar. Mereka pun bisa membeli produk dengan lebih cepat.

Baca Juga: Panduan Cara Beriklan di Facebook Ads bagi Pebisnis Pemula

6. Evaluasi Performa Iklan

Sekarang Anda dapat melakukan evaluasi performa iklan melalui Facebook Ads Manager. Dengan memantau performa iklan, maka Anda dapat melihat bagaimana strategi iklan yang dilakukan. Apakah berhasil atau tidak strateginya. Jika berhasil, maka Anda dapat mempertahankan strategi itu, lalu meningkatkannya. 

Sebaliknya, jika tidak berhasil, Anda bisa mencari cara meningkatkan performa iklan dengan strategi lain. Jangan ragu untuk mencoba cara lain agar Anda bisa membandingkan hasilnya.
Jadi itulah cara iklan di Instagram yang efektif untuk bisnis.

Menjalankan bisnis memang membutuhkan banyak perjuangan dan melihat berbagai peluang. Termasuk memanfaatkan pinjaman untuk mengembangkan bisnis. Sekarang Anda bisa mendapatkan modal untuk memulai bisnis dengan melakukan pinjaman modal kerja pada platform pinjaman online tanpa agunan dari Modalku.

Tinggalkan Balasan