Kelebihan Pemasaran Online dibanding daripada Cara Promosi Offline

Mempunyai dana lebih untuk pemasaran bisnis kecil Anda memang sangat penting, namun Anda harus memilih media yang tepat untuk mencapai target konsumen Anda. Seiring berjalannya waktu dan kecanggihan teknologi yang ada, semakin banyak bisnis yang beralih ke cara pemasaran online yang sebenarnya jauh lebih hemat dibandingkan promosi offline.

Pada umumnya, bisnis kecil mempunyai tujuan untuk mendapatkan pendapatan sebanyak mungkin dengan modal yang sekecil mungkin dari target audiens yang dituju. Hal ini dapat diraih lebih mudah melalui pemasaran online dibandingkan offline. Pemasaran online dan offline tentunya merupakan lawan dari satu sama lain; pemasaran online digunakan untuk mencapai target audiens melalui inisiatif digital seperti search engine optimization, search engine marketing, dan iklan di media sosial. Sedangkan pemasaran offline digunakan untuk menarik konsumen melalui media tradisional seperti iklan di media cetak dan media siar.

Lihat juga: “Ini Dia! 5 Strategi Pemasaran Online agar Toko Anda Makin Ramai”

Dunia sudah berkiblat ke dunia digital, untuk mencari tahu apapun pas kita harus membuka Google terlebih dahulu. Tahukah Anda bahwa 80% konsumen melakukan riset online sebelum membeli suatu produk? Penting sekali untuk mengetahui manfaat pemasaran online lebih lanjut untuk rekomendasi jualan online bisnis anda. Mari kita simak dibawah ini!

Hasil lebih Terukur

Melalui pemasaran online, Anda dapat mengumpulkan begitu banyak data yang dapat anda analisis untuk kepentingan bisnis online Anda. Performa aktivitas pemasaran Anda dapat dilihat dengan mudah, mulai dari visibilitas iklan, jumlah klik, dan juga konversi dari iklan tersebut.

Dengan data-data ini, Anda dapat menganalisis secara langsung mana iklan yang berperforma baik dan mana yang kurang baik. Ini akan membantu bisnis Anda menjadi rekomendasi jualan online. Berbeda dengan pemasaran offline di mana Anda tidak dapat mengukur keberhasilan suatu iklan secara detail dan akurat.

Berdampak Jangka Panjang

Inisiatif digital seperti search engine optimization untuk bisnis Anda merupakan suatu proses berkelanjutan yang dapat memberikan dampak jangka panjang terhadap target audiens yang dituju. Tentunya Anda harus memperhatikan beberapa faktor penting untuk memastikan SEO berdampak  secara jangka panjang; pastikan konten selalu ter-update, optimasi title tag dalam sebuah konten, dan penggunaan kata kunci yang tepat.

Sementara dalam pemasaran offline, biasanya hanya akan berjalan dalam suatu periode tertentu saja. Semakin lama iklan yang Anda ditayangkan dalam media offline, semakin besar juga biaya yang terkuras untuk media promosi.

Berinvestasilah dengan menerapkan SEO dalam pemasaran online bisnis kecil Anda untuk dampak jangka panjang. Dengan begitu, bisnis Anda akan menjadi rekomendasi jualan online yang dicari-cari oleh audiens Anda.

Selain punya dampak jangka panjang, pemasaran online juga bisa dilakukan secara gratis. Simak ulasannya di sini!

Penargetan Audiens yang Akurat

Dengan pemasaran online, Anda juga dapat mengakses audiens target Anda tanpa batasan. Anda dapat menargetkan target audiens lintas benua tanpa masalah. Selain itu, manfaat yang paling utama yang membedakan pemasaran online dan offline adalah pemasaran online dapat menjangkau audiens yang memenuhi kriteria Anda dengan mendetail.

Dalam iklan sosial media, Anda dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat iklan Anda. Anda dapat memilih berdasarkan kegemaran, lokasi geografis, umur, dan masih banyak lagi. Sedangkan pemasaran offline hanya dapat menjangkau ke batas tertentu saja, tidak dapat sedetail itu.

Dengan manfaat ini, Anda dapat dengan mudah menargetkan audiens Anda sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Target audiens yang akurat akan membuat bisnis Anda menjadi rekomendasi jualan online di mata konsumen.

Hasil Promosi dapat Dipantau secara Real Time

Hasil dari pemasaran online Anda dapat diterima secara langsung. Anda dapat melihat dan mengukur hasil dengan cepat tanpa perlu menunggu. Dengan data real time yang diterima ini, Anda dapat menjadikannya sumber untuk mempelajari perlakuan dan ketertarikan calon konsumen Anda.

Ini juga dapat membantu Anda dalam menentukan cara komunikasi yang paling cocok untuk target audiens. Berbeda dengan pemasaran offline yang harus menunggu hasil diukur dulu oleh media yang digunakan, ini akan membuang waktu Anda dan merupakan strategi yang tidak efisien.


Demikian beberapa kelebihan pemasaran online dibandingkan pemasaran offline. Semoga Anda dapat menerapkan strategi pemasaran online agar dapat menjadikan bisnis Anda rekomendasi jualan online. Kumpulkan dulu modal untuk menerapkan strategi promosi online, atau Anda bisa juga mengajukan pinjaman online ke Modalku. Prosesnya mudah, cepat, dan aman. Dana pun cair dalam hitungan menit.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply