Cara Bisnis Modal Kecil Muncul di Halaman Google

how to show your business on google

Sekarang ini, membuka bisnis sendiri sudah lebih mudah, tidak harus mempunyai toko fisik ataupun mengeluarkan modal yang besar. Dengan adanya jejaring internet yang semakin canggih, para wirausaha dapat mendirikan bisnis online terpercaya dengan modal kecil. Bagaimana caranya?

Dengan bisnis online, Anda akan mengeluarkan modal lebih sedikit karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk lokasi fisik toko serta maintenance-nya. Anda juga dapat menerapkan bisnis online dengan sistem pre-order, dimana produk akan dibuat sesuai dengan jumlah pesanan yang diterima. Dengan sistem ini, Anda tidak perlu menyetok produk banyak dan tidak perlu khawatir produk tidak akan habis terjual.

Ingin tahu keunggulan sistem pre-order? Klik di sini!

Jika Anda sudah mendirikan bisnis online tersebut, sekarang hal yang harus Anda pikirkan adalah bagaimana caranya untuk menarik konsumen untuk mengunjungi bisnis online Anda dan membeli produk Anda. Salah satunya adalah memastikan bisnis online terpercaya dengan modal kecil Anda muncul di halaman Google!

Di era modern, setiap orang pasti akan membuka halaman Google untuk mencari informasi mengenai banyak hal. Tetapi, tahukah Anda bahwa 75% pengguna internet hanya memperhatikan hasil pencarian Google pada halaman pertama dan tidak menghiraukan halaman-halaman selanjutnya? Maka dari itu, penting sekali untuk memastikan bahwa bisnis online Anda muncul di halaman Google yang pertama, atau dalam kata lain menerapkan search engine optimization (SEO). Mari kita simak di bawah ini cara bisnis modal kecil muncul di halaman Google!

Lihat juga: “Siapa Bilang Bisnis Modal Kecil Sulit Berkembang?”

Buat Website untuk Bisnis Modal Kecil

Pertama, Anda perlu menyiapkan website untuk bisnis online Anda. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah kecepatan loading website yang merupakan salah satu faktor untuk membuat website bisnis online Anda muncul di halaman Google terdepan. Untuk meningkatkan kecepatan website Anda, pastikan Anda mengoptimalkan gambar dengan ukuran yang tidak terlalu besar, menghapus render-blocking Javascript dan CSS, serta memperbaiki server response time.

Setelah website bisnis anda sudah siap diluncurkan, pastikan Anda menghubungkannya dengan Google Analytics. Dengan menggunakan perangkat online yang tersedia secara gratis ini, Anda dapat memantau performa masing-masing halaman dan mengamati traffic yang datang ke website Anda secara detail; dari asal-usul, demografi, dan waktu yang dihabiskan dalam website anda. Dengan mempelajari data yang diterima, anda dapat meninjau ulang konten dan juga user experience website Anda secara keseluruhan.

Manfaatkan Search Analytics

Selain Google Analytics, Anda juga dapat memanfaatkan perangkat lainnya dari Google, yaitu Google Search Console, di mana Anda dapat mengetahui dan mengamati performa website bisnis online terpercaya dengan modal kecil di dalam hasil pencarian Google. Salah satu fitur menariknya adalah search analytics yang dapat membantu menambah traffic ke website sebanyak 28%.

Fitur tersebut menunjukkan berapa kali website Anda muncul dalam hasil pencarian Google dan dapat menyaring dan mengelompokkan data sesuai dengan kategori seperti tanggal pencarian, hal yang dicari, dan juga perangkat yang digunakan. Data yang didapat dari search analytics dapat digunakan untuk meningkatkan performa hasil pencarian website anda.

Masukkan Kata Kunci atau keyword

Salah satu kemungkinan bisnis online Anda belum masuk ke halaman Google adalah tidak memiliki kata kunci yang banyak digunakan dalam pencarian Google. Ada baiknya Anda melakukan riset keyword yang sesuai dengan bisnis online Anda.

Perhatikan keyword yang Anda pilih berdasarkan volume pencarian; keyword dengan volume pencarian tinggi sudah pasti sering dipakai, sehingga semakin sulit untuk memunculkan website di halaman Google pertama akibat banyaknya persaingan. Dengan ini, Anda dapat memilih keyword yang panjang dengan volume pencarian yang masih rendah namun tetap relevan dengan pemakai Google, pemilihan keyword ini dikenal sebagai long tail keyword.

Untuk melakukan riset keyword, Anda harus menggunakan tool khusus. Setelah Anda menentukan keyword yang akan dipakai, pastikan Anda melakukan optimasi konten website Anda dengan keyword tersebut, terutama di permalink, meta title, meta description, nama file dan teks gambar, dan 100 kata pertama dalam konten.

Tentunya, search engine optimization untuk masuk ke halaman pertama di Googlebukanlah hal yang dapat terwujud dalam semalam, namun dengan banyak melakukan observasi dan penyesuaian konten dapat menjadi satu cara bisnis online terpercaya modal kecil muncul di halaman Google pertama. Semoga berhasil!


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply