Siapa Bilang Bisnis Modal Kecil Sulit Berkembang?

Banyak orang yang menganggap bisnis dengan modal kecil akan sulit berkembang. Rendahnya modal akan membuat para pelaku usaha kecil kesulitan untuk menggali potensi mereka. Di samping itu, dengan modal yang kecil, para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) juga kesulitan melakukan strategi pemasaran dengan maksimal. Namun, benarkah demikian?

Jika Anda termasuk pelaku usaha dengan modal kecil, jangan putus asa. Berkat teknologi, potensi usaha kecil Anda untuk menjadi usaha yang sukses juga meningkat. Simak tips-tips berikut ini untuk mengetahui bagaimana mengembangkan bisnis kecil Anda.

Buatlah Rencana Bisnis yang Jelas

Saat memutuskan untuk menjalankan bisnis, Anda perlu membuat rencana bisnis yang jelas. Tentukanlah goal apa saja yang ingin Anda capai. Rencana bisnis yang baik tidak hanya menargetkan pada keuntungan finansial saja, melainkan juga rencana-rencana terkait dengan skenario terburuk yang mungkin terjadi pada usaha Anda.

Anda memang memiliki usaha modal kecil, tetapi rencana Anda juga tidak boleh kecil. Kumpulkan strategi-strategi bisnis yang bisa Anda dapatkan dari mana saja. Teknologi saat ini akan memudahkan Anda. Carilah strategi-strategi bisnis yang teruji dan relevan melalui Internet!

Lebih lanjut, bacalah “Menyusun Perencanaan Bisnis: Langkah Perdana Membangun Sebuah UMKM”

Tentukanlah Target Pasar dengan Tepat

Elemen terpenting dari usaha yang sukses adalah pelanggan. Dengan adanya pelanggan, maka produk atau jasa yang Anda tawarkan dapat berubah menjadi penghasilan. Untuk itu, Anda perlu menentukan target pasar Anda dengan tepat. Memiliki target pasar yang jelas akan membuat usaha kecil-kecilan Anda menjadi semakin besar sekaligus stabil.

Setelah memiliki target pasar, Anda harus memahami kira-kira apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Jangan ragu meminta feedback dari mereka, agar Anda dapat benar-benar memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan. Dengan mengembangkan kriteria produk, Anda akan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Lebih lanjut, bacalah “Inilah Cara Menganalisis Situasi Pasar Untuk Bisnis Optimal”

Perbaiki Pelayanan Anda

Dari poin sebelumnya, Anda dapat memetik pelajaran bahwa pelanggan adalah segalanya bagi usaha itu. Untuk itu, perbaikilah pelayanan Anda kepada para pelanggan. Cobalah untuk membuat program yang menguntungkan pelanggan. Sistem referral bisa diterapkan pada usaha rumahan modal kecil.

Sistem ini tidak hanya akan menguntungkan pelanggan Anda, tetapi juga menguntungkan bagi perkembangan usaha. Melalui sistem ini, secara tidak langsung pelanggan akan bekerja layaknya tim marketing bagi usaha Anda. Mereka akan mempromosikan produk atau jasa Anda supaya mendapatkan reward yang menguntungkan mereka. Menjadi sebuah win-win solution, bukan?

Opsi Kredit Modal Usaha

Tidak dapat dipungkiri, untuk dapat menggali potensi usaha kecil-kecilan, dibutuhkan modal yang cukup. Supaya pengembangan bisnis Anda tidak terhambat, Anda bisa mencoba untuk mengajukan kredit modal usaha. Sekarang, Anda bisa mencoba untuk mendapatkan modal usaha melalui sektor tekfin (financial technology). Salah satunya adalah melalui platform P2P lending yang sekarang marak di pasaran. Situs Modalku dengan sistem P2P lending dapat Anda pertimbangkan. Anda tidak perlu ragu untuk mencari pinjaman modal dari layanan P2P lending ini, karena telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Selain itu, segala transaksinya juga dilakukan secara online sehingga mudah dan efisien.

Jadi, siapa bilang bisnis modal kecil sulit berkembang? Selama Anda melakukan berbagai usaha di atas, proses mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih mudah dilakukan. Semoga bermanfaat dan good luck!


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi UMKM tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply