5 Peluang Bisnis Online di Tengah Masa New Normal

Sebagai tatanan kehidupan baru di tengah pandemi COVID-19, new normal merupakan harapan baru. Perekonomian yang sempat terhambat karena banyak orang yang harus stay at home, kini kembali menggeliat. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Meski demikian peluang usaha online pun masih terbuka. Mengapa? Saat work from home, ada kebiasaan-kebiasaan baru yang mau tidak mau harus dilakukan, yaitu belanja online. Bahkan, yang sudah terbiasa pun, makin sering belanja online. Ini membuktikan bahwa kebiasaan belanja online makin mendarah daging. Ekosistem ­e-commerce pun makin ramai, secara otomatis, peluang bisnis online pun terbuka lebar.  

Selama ini, jualan online paling laku selalu menjadi pertanyaan para calon pebisnis. Bahkan orang yang sudah berbisnis online pun masih sering mencari-cari, sebenarnya dagangan apa yang paling laku dijual online. Sebenarnya ada banyak jualan online paling laku yang bisa jadi pilihan. Di masa new normal pun Anda bisa memulai bisnis online 2020 yang menarik. Kira-kira apa saya ya peluang bisnisnya.

Potensi bisnis online memang luar biasa, tidak heran jika banyak yang terjun di dalamnya. Namun jangan khawatir, pelajari saja cara memenangkan persaingan bisnis online!

Aneka Masker

Masker kini barang yang dibutuhkan oleh masyarakat. Di awal pandemi, masker bahkan mengalami kenaikan harga yang tidak masuk akal. khususnya masker medis. Sehingga, masker kain pun menjadi pilihan. Ada beragam jenis masker yang beredar di pasaran. Anda bisa mengambil bagian dalam memenuhi kebutuhan new normal ini. Meski permintaanya tidak setinggi di awal masa pandemi, tapi kini permintaanya cenderung stabil.

Karena sudah menjadi kebutuhan, masker pun berfungsi tak ubahnya seperti baju. Masker “menjelma” menjadi pelengkap fesyen. Era new normal bukan alasan untuk berpenampilan stylish bukan? Tentu, ini adalah peluang bisnis yang menarik. Bisnis fesyen tidak ada matinya selama ada inovasi dan ide kreatif dari produknya.

Anda pun bisa menjual masker dengan berbagai warna, tipe, serta bahan. Bahkan, Anda bisa menjual masker custom sesuai dengan permintaan pembeli. Cobalah untuk mulai mempelajari selera konsumen Anda.

Tahukah Anda? Ekonomi kreatif masih potensial meski di tengah krisis.

Frozen Food

Tetap berada di rumah merupakan upaya penting untuk mencegah penularan COVID-19. Hampir semua kegiatan dilakukan rumah. Bahkan, belanja kebutuhan pun bisa dilakukan dari rumah. Layanan antar siap melayani Anda. Beli makanan di luar pun menjadi berisiko. Meski dari penjual sudah menerapkan protokol kesehatan tidak ada yang menjamin kebersihan saat diantar. Memasak makanan sendiri adalah pilihan tepat. Nah, inilah peluang bagi makanan beku atau frozen food.

Frozen food sangat praktis dan mudah dimasak. Nutrisinya pun cukup mumpuni, dan kebersihannya terjamin. Untuk Anda yang ingin masak sendiri, namun waktunya terbatas, frozen food adalah solusinya. Bekerja dari rumah sekaligus melakukan pekerjaan rumah mudah dilakukan dengan frozen food. Inilah peluang usaha online yang bisa Anda lakukan. Bukan tidak mungkin ini menjadi jualan online paling laku di tahun 2020.

Mulailah dengan menawarkan dagangan Anda ke kenalan dan kerabat. Atau siapapun yang ada dalam kontak Anda. Fitur WhatsApps story bisa jadi pilihan menarik. Instagram story juga bisa Anda gunakan. Dengan cara ini, setidaknya orang-orang yang Anda kenal bisa langsung Anda layani dengan lebih cepat. Bahkan Anda pun bisa langsung mengantar ke pelanggan. Saat pesanan sudah mulai banyak, Anda bisa mulai membuka toko online di platform ­e-commerce.

Ingin bisnis online makin moncer? Pelajari 5 strategi pemasaran online terlebih dahulu!

Perlengkapan Hobi

Banyaknya waktu luang saat di rumah mendorong orang untuk Kembali menjalani hobinya. Saat kondisi normal, mungkin saja ia tidak sempat menjalankan hobi karena kesibukan. Kini, meski di rumah tetap bekerja, tetap saja ada waktu lebih yang biasa digunakan untuk menjalankan hobi. Misalnya, waktu pulang pergi ke kantor yang membutuhkan 1 atau 2 jam bahkan lebih. Waktu tersebut bisa digunakan untuk menjalankan hobi. Misalnya memasak atau bersepeda.

Belakangan kedua hobi tersebut kembali populer. Situasi ini adalah peluang bisnis online yang menguntungkan. Anda punya peluang berbisnis peralatan masak, seperti panci, spatula, hingga wajan. Perlengkapan seperti apron dan celemek lucu juga menarik untuk dilirik. Tawarkan dagangan Anda ke berbagai platform. Hubungi teman terdekat dan kerabat terlebih dahulu, mungkin mereka tertarik. Untuk Anda yang hobi bersepeda, peluang usaha online juga terbuka. Anda bisa menawarkan dagangan ke komunitas Anda atau langsung di online shop.

Lihat juga: “4 Cara Ampuh Mengubah Hobi jadi Bisnis Bercuan”

Camilan

Peluang bisnis online yang satu ini masih ada hubungannya dengan poin sebelumnya, yakni memasak. Anda dapat mencoba untuk membuat aneka camilan. Untuk camilan makanan basah, Anda bisa membuka pre-order terlebih dahulu. Sebarkan informasi tersebut pada lingkaran terdekat Anda. Whatsapps dan Instagram story seringkali menjadi media yang tepat. Saat pesanan sudah memenuhi kuota, Anda pun bisa mulai produksi.

Mengapa camilan? peluang bisnis online camilan di tengah pandemi ini mengalami peningkatan. Memang, ada penurunan konsumsi saat pandemi, tapi pelanggan tidak sepenuhnya hilang. Orang-orang hanya mereka berpindah gaya mengkonsumsi. Dari makan di tempat (kafe, warung, restoran) ke frozen food. Dari camilan yang dijajakan langsung, hingga camilan yang diantarkan. Dengan cara itu, kontak antar orang tetep minim dan camilan favorit pun tetap dapat dinikmati.

Ada semacam tren baru dalam konsumsi. Produk kopi botolan, makanan cepat saji beku, hingga camilan siap saji yang di pre order menjadi contoh tren baru kuliner di tengah pandemi. Peluang usaha online ini, tidak boleh disia-siakan.  Segera ambil peluang, raih untungnya!

Minuman Herbal

Meski tak seheboh di awal pandemi COVID-19, bisnis minuman herbal serta berbagai suplemen tetap ramai peminat. Memperkuat imun tubuh menjadi prioritas banyak orang selain melindungi diri dengan masker, faceshield, hingga APD (Alat Pelindung Diri). Saat awal pandemi pun permintaan supleman & minuman herbal seperti jamu-jamuan meningkat.

Meski kini sudah new normal, virus masih berkeliaran. Suplemen dan minuman herbal tentu masih dibutuhkan. Bukan tidak mungkin jualan kedua barang bisa menjadi bisnis online 2020 yang sukses sepanjang tahun. Anda pun tak harus membuat sendiri produk jamu-jamuan tersebut. Ada banyak produsen jamu baik skala rumahan hingga industri. Cobalah untuk membeli produk mereka dan pilih yang benar-benar cocok untuk Anda. Setelah itu, Anda berjualan produknya.

Lihat juga: “Strategi Perencanaan Keuangan Pribadi di Era New Normal”

Itulah berbagai peluang bisnis online yang bisa Anda coba. Masa pandemi memang belum berakhir, tapi bukan berarti kesempatan Anda hilang. Masa new normal membuka harapan baru. Ikutilah gaya konsumsi para pelanggan Anda. Niscaya, bisnis online 2020 Anda akan tetap laku dan mendapatkan cuan. Bukan tidak mungkin dengan inovasi dan kreasi yang Anda terapkan bisnis Anda malah makin berkembang.

Soal modal, jangan khawatir. Modalku punya solusinya. Ajukan pinjaman usaha online hingga Rp 500 juta, bunga mulai 1,5% per bulan dengan syarat mudah dan tanpa jaminan.

Ajukan Pinjaman

By UPR


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply