2

Pemasaran Online untuk Hadapi Tantangan Bisnis Online

Seperti praktik bisnis pada umumnnya, pebisnis online juga memiliki tantangan selama berproses. Tantangan bisnis online ini bermacam-macam, mulai dari masalah finansial, masalah komunikasi dengan pelanggan, hingga masalah-masalah teknis selama operasional bisnis berlangsung. Salah satu jawaban untuk tantangan bisnis online ini adalah dengan menghadirkan pemasaran online yang ideal.

Dengan mengetahui cara pemasaran online, lika-liku bisnis online pun dapat Anda lalui.

Masalah Komunikasi dan Interaksi

Tantangan pada bisnis online tidak hanya terletak pada masalah finansial seperti perkara mengatur aliran uang atau mengatur sistem pengadaan barang, tetapi masalah komunikasi dan juga interaksi. Komunikasi dan interaksi antara pedagang online dan konsumen sangatlah penting agar transaksi jual-beli dapat berlangsung dengan efektif dan efisien; mudah bagi pedagang online memberikan informasi produk, mudah juga bagi konsumen mendapat informasi ini.

Selain itu interaksi lanjutan juga penting dijaga agar sistem bisnis online yang terpisah jarak dan tempat ini bisa terasa dekat layaknya berbelanja toko offline. Itu sebabnya perlu ada platform untuk menghubungkan baik pedagang online maupun konsumen sendiri. Dengan begini, masalah-masalah terkait komunikasi dan interaksi bisa diatasi dengan mudah.

Masalah-masalah yang sering terjadi ini contohnya adalah informasi lengkap produk tidak tercantum dengan jelas. Alih-alih memberi catatan tambahan atau caption tentang ukuran, warna, dimensi, atau bahan material produk, pedagang malah hanya mencantumkan foto produk saja yang seringkali konsumen kecewa dengan produk karena tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Contoh masalah lainnya lagi misalnya terdapat pertanyaan-pertanyaan khusus dari konsumen seperti apakah produk dapat dikirim ke luar negeri, apakah produk tersedia dalam ukuran lebih besar, dan seterusnya. Akan lebih baik jika disediakan platform untuk saling berkomunikasi secara privat. Dengan begitu, konsumen bisa dengan leluasa berkonsultasi atau bertanya tentang produk tertentu.

Jika masalah komunikasi dan interaksi tidak ditangani dengan baik, penilaian konsumen terhadap bisnis online jadi jelek. Ujung-ujungnya bisnis jadi semakin kekurangan konsumen. Masalah-masalah pemilik bisnis online terutama yang terkait komunikasi dan interaksi ini bisa diatasi dengan menyediakan atau memilih platform digital yang sesuai, Seperti social media, website, atau e-commerce. Tapi Anda perlu mengoptimalkan strategi pemasaran online dalam platform ini agar efektif dan dapat mempertahankan konsumen yang sudah ada sekaligus menjangkau konsumen baru.

Cara Pemasaran Online jadi Solusi

Menerapkan strategi dalam pemasaran online bisnis online Anda dapat menentukan mana cara komunikasi yang paling ideal untuk pelanggan Anda. Pemasaran online terbagi menjadi beberapa cara, yaitu:

1. SEO & SEM

Search Engine Optimization (SEO) merupakan satu dari banyak jenis strategi pemasaran online. Dengan biaya yang cukup terjangkau, Anda dapat mengoptimalkan konten bisnis online Anda agar bisa muncul di halaman awal mesin pencari.

Salah satu strategi SEO yang banyak digunakan adalah dengan membuat blog berupa artikel yang menyajikan informasi yang relevan dengan kebutuhan konsumen Anda. Artikel ini berisi keywords yang sering dicari calon konsumen Anda. Jadi ketika ada yang mengetik keywords tersebut di mesin pencari, salah satu konten artikel Anda lah yang muncul.

Berbeda dengan SEO, Search Engine Marketing (SEM) adalah strategi untuk memposisikan website Anda sebagai iklan di posisi teratas supaya kemungkinan website bisnis online Anda di-klik oleh calon konsumen yang mencari produk tertentu di mesin pencari menjadi lebih besar.

SEO & SEM dapatkan menjadi kunci untuk memenangkan persaingan di bisnis online !

2. Social Media Marketing

Social media marketing juga jadi strategi pemasaran online lainnya yang juga punya dampak signifikan. Dengan cara ini Anda dapat mengatasi tantangan bisnis online, terutama perihal konsumen yang ingin tahu keterangan lebih soal produk Anda.

Pastikan konten-konten social media bisnis online Anda berisi informasi produk atau jasa yang Anda jual dengan jelas. Tidak hanya memuat gambar produk, Anda juga harus menyertakan keterangan lain seperti keterangan produk tersedia dalam berapa varian desain, warna, atau ukuran dengan detail pada konten social media Anda.

Interaksi secara terbuka di kolom komentar atau direct message (DM) di social media juga jadi salah satu bentuk pemasaran online yang soft atau tidak menawarkan produk secara langsung. Pastikan Anda membalas respon mereka dengan menggunakan bahasa yang sopan dan ramah supaya konsumen menjadi nyaman dan tertarik berbelanja di tempat Anda lagi.

3. Affiliate Marketing

Affiliate marketing mengharuskan Anda bekerja sama dengan content creator, selebriti, atau tokoh masyarakat yang memiliki banyak “followers” untuk mempromosikan produk bisnis online Anda di platform online mereka. Sistem yang diterapkan juga tidak melulu Anda membayar jasa promosi mereka, tetapi bisa juga dengan memberikan produk atau jasa Anda secara gratis, atau kesepakatan lain seperti kerja sama untuk menjadi brand ambassador bisnis online Anda.

Lihat juga: “Mengenal Budaya Influencer”

Dengan menerapkan strategi pemasaran online yang benar, Anda dapat mengatasi masalah-masalah komunikasi dan interaksi dengan konsumen tadi, termasuk mengoptimalkan peluang untuk mempertahankan konsumen menjadi pelanggan tetap yang mempercayai layanan Anda, serta menjangkau lebih banyak konsumen lagi nantinya.

Tetaplah optimis kembangkan bisnis online Anda. Jika Anda perlu biaaya untuk biaya pengembangan bisnis, mulai dari melancarkan arus kas, hingga biaya pemasaran online, Modalku punya solusinya. Ajukan pinjaman usaha online hingga Rp 500 juta, bunga mulai 1,5% per bulan dengan syarat mudah dan tanpa jaminan.

Ajukan Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Comments 2

    1. Post
      Author

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami dan terima kasih juga tas komentarnya. Kami senang berbagi informasi tentang pemasaran online. Semoga info yang kami bagikan bermanfaat ya kak. Agar tidak ketinggalan informasi terbaru, silahkan berlangganan blog kami dengan mengklik logo lonceng merah di pojok kanan bawah laman blog.modalku.co.id.

Leave a Reply