Ini Dia! 5 Strategi Pemasaran Online agar Toko Anda Makin Ramai

Menjalankan bisnis online memiliki tantangan tersendiri. Memang, bisnis ini hemat biaya, namun diperlukan strategi pemasaran online yang efektif agar dapat memenangkan persaingan. Kemudahan jualan online menarik banyak orang untuk mencobanya. Tidak heran jika saingan di bisnis ini sangat banyak, jadi tanpa strategi toko online Anda bisa redup. Penetrasi internet makin kuat, sehingga kesempatan untuk jualan online makin terbuka. Persaingan bisnis online 2020 pun makin ketat.

Caranya jualan online mungkin bisa dipelajari dengan mudah. Bahkan di plaftorm e-commerce pun sudah menjelaskan tahapan jualan online. Yang membedakan toko anda dengan lainnya adalah strategi pemasaran. Anda bisa saja memberikan layanan terbaik di antara toko online, tapi jika toko Anda tidak ada yang melihat, bagaimana mungkin ada yang beli. Di sinilah pentingnya menerapkan strategi pemasaran online. Bagaimana detailnya? Simak ulasan di bawah ini!

Dengan pemasaran online dan 3 prinsip digital marketing, bisnis online Anda akan makin ramai.

Mulai Bangun Brand Anda

Brand menjadi faktor penting dalam sebuah bisnis. Mungkin saat mulai punya ide jual online, Anda sama sekali tidak terpikir untuk membangun brand. Asal toko online punya dagangan, ya sudah jualan saja. Kini, saat toko online mulai banyak pembeli, ada baiknya Anda mulai membangun brand.

Meski bisnis online Anda jualan dan bukan memproduksi barang, bukan berarti brand tidak penting. Anda tetap perlu brand untuk toko Anda bukan. Brand yang kuat akan membedakan toko onlinedengan toko-toko lain. Calon pembeli akan mengenali toko Anda dengan lebih baik, dengan logo atau nama yang konsisten pada setiap tampilan barang. Setelah itu, perhatikan tata letak barang dagangan. Tata letak yang baik akan membuat pelanggan nyaman mengamati sehingga tertarik barang di toko Anda.

Lanjutkan dengan menuliskan informasi toko sedetail mungkin. Toko Anda fokus ke produk apa, barang apa saja yang Anda jual, apakah barang pre-order atau ready stok. Lanjutkan dengan menuliskan spesifikasi dalam setiap barang. Informasi spesifikasi yang lengkap akan mendorong menciptakan anggapan bahwa toko online Anda cukup well managed, sehingga kepercayaan akan meningkat.

Saat brand makin dikenal, skala bisnis online Anda pun makin mentereng. Nggak percaya? Simak ulasannya di sini!

Terapkan SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan langkah agar toko online Anda mudah ditemukan oleh pembeli di mesin pencari. Di era internet seperti saat ini, calon pembeli akan mencari barang lewat mesin pencari. Tanpa melakukan optimalisasi website, blog, atau laman melalui SEO, bisa saja toko Anda akan sepi pengunjung.

Salah satu cara jualan online terbaik adalah dengan mengoptimalkan konten website,blog atau laman toko dengan menggunakan keyword menarik. Keyword ini lah yang dapat membuat artikel Anda semakin terlihat di search engine seperti Google. Namun, perlu diingat, jangan berlebihan dalam mengoptimalkan keyword. Informasi tentang barang di toko online Anda harus tetap terlihat natural dan tidak dibuat-buat.

Saat SEO makin kuat, Anda pun lebih mudah memenangkan persaingan dalam bisnis online!

Gunakan Sosial Media

Efektivitas strategi promosi secara online melalui media sosial sudah teruji. Jutaan orang di Indonesia adalah pengguna media sosial yang sangat aktif, baik tujuannya untuk sumber informasi atau pun sekedar hiburan. Oleh sebab itu, wajar jika promosi di media sosial menjadi caranya jualan online yang ampuh untuk menarik calon konsumen.

Beberapa platform media sosial yang umum digunakan dalam strategi pemasaran adalah Instagram, Facebook, Twitter, hingga LinkedIn. Masing-masing dari platform media sosial ini memiliki karakteristik serta kelebihan masing-masing, sehingga Anda harus menyesuaikan konten dengan target pasar dan preferensi masing-masing pengguna platform.

Manfaatkan juga advertisement engine seperti Facebook Ads yang dapat menargetkan iklan bisnis Anda ke orang-orang yang memiliki daya beli tinggi. Selain itu, Anda juga dapat menggaet para influencers untuk mempromosikan produk atau jasa Anda melalui media sosial.

Ingin simak serunya keseharian Social Media Specialist Modalku? Simak di sini!

Ajak Teman untuk Review Produk Anda

Tahukah Anda? generasi milenial adalah generasi sangat bergantung dengan internet. Belanja online menjadi bagian dari kehidupan mereka. Dengan kata lain, mereka adalah ceruk pasar yang sangat besar dan menarik. Merebut pasar milenial adalah caranya jualan online yang ampuh sekaligus strategi pemasaran online yang jitu. Nah, masalahnya generasi milenial kurang menyukai informasi yang searah seperti generasi konvensional.

Generasi milenial lebih percaya user-generated content (UGC) yang lebih subjektif dan personal. Jangan berharap milenial mudah terbujuk dengan iklan yang mengajak secara agresif, milenial lebih memilih produk berdasarkan review pengguna atau pengalaman mereka sendiri. Kebaikan dan kekurangan produk bisa didapatkan dari penilaian dan pengalaman orang lain di internet.

Penasaran dengan cara memenangkan hati para milenial? Pahami dulu “bahasa”nya, lalu pikat hatinya!

Oleh karena itu, Anda perlu mulai mengajak teman, keluarga, hingga rekan terdekat untuk me-review dagangan Anda. Termasuk juga layanan yang Anda berikan pada pembeli. Jika sudah berjalan, lanjutkan dengan memberikan hadiah atau promo menarik bagi mereka yang memberikan review dan bintang di laman Anda. Selain meningkatkan kepercayaan konsumen, reputasi toko online Anda juga makin meningkat.

Mulai Promosi Online Berbayar

Nah, ini menjadi langkah penting, karena di ada sejumlah uang yang harus Anda keluarkan untuk promosi online berbayar. Sebagai salah satu cara pemasaran online, promosi berbayar juga membutuhkan strategi yang jitu. Langkah awalnya, Anda perlu memilih media pemasaran online yang tepat.

Sebelum memilih media pemasaran online, Anda harus tentukan dulu tujuan pemasaran, bujet, hingga mengenali calon pembeli Anda. Mengapa demikian? karena setiap media pemasaran online memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Anda bisa beriklan pada media sosial seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram. Pada berbagai platform ini, Anda bahkan bisa memilih demografi calon pembeli yang menjadi sasaran Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa beriklan dengan Google Ads. Konsepnya mirip dengan media promosi online lainnya, namun ini dioperasikan oleh mesin pencari google. Jadi, saat calon pembeli mengetik kata “sepeda lipat” pada mesin pencari, maka produk Anda lah yang teratas. Selain itu, produk Anda juga akan muncul pada spot-spot tertentu saat calon pembeli berselancar di dunia maya. Semua tergantung Anda, pelajari caranya, siapkan dananya.

Lantas, bagaimana jika dana Anda terbatas? Boro-boro untuk promosi, untuk stok barang saja bujet mepet. Jangan khawatir! Modalku punya solusinya. Dapatkan pinjaman usaha online hingga Rp 500 juta, bunga mulai 1,5% per bulan dengan syarat mudah dan tanpa jaminan.

Ajukan Sekarang!

Oleh UPR


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply