4 Alasan Mengapa Anda Harus Tingkatkan Skala Bisnis Sekarang Juga

Seorang pengusaha dituntut untuk memikirkan kemajuan/progress bisnisnya. Saat mengembangkan usaha, cara meningkatkan keuntungan menjadi perhatian. Tetapi memikirkan skala bisnis ke depannya tidak kalah penting.

Meningkatkan skala bisnis atau sering disebut dengan scaling up merupakan proses membawa bisnis ke level yang lebih tinggi. Level bisnis yang lebih tinggi dapat ditandai dengan dengan tingginya angka penjualan dan jumlah produk yang meningkat. Dengan meningkatnya skala bisnis, banyak hal yang akan berubah. Seperti biaya operasional yang melambung, volume produksi yang meningkat, hingga penambahan jumlah karyawan. Lantas, mengapa skala bisnis harus ditingkatkan sekarang juga? Simak penjelasan di bawah ini.

Saingan Bisnis Semakin Banyak

Tidak bisa dipungkiri, semakin hari saingan bisnis semakin banyak. Persaingan pasar  adalah hal lumrah di antara para pebisnis. Semuanya berlomba memperebutkan pelanggan. Dalam riset berjudul “Linkedin Opportunity Index tercatat bahwa 50% responden Indonesia punya preferensi untuk memulai usaha sendiri. Ini membuat Indonesia menduduki peringkat kedua di Asia Pasifik, dalam hal jumlah orang yang ingin menjadi pengusaha.

Data tersebut membuktikan bahwa orang yang masuk ke dunia bisnis akan semakin banyak. Secara otomatis, saingan bisnis Anda juga meningkat. Sebagai pebisnis Anda harus segera menemukan strategi khusus agar usaha Anda dapat memenangkan persaingan. Tanpa strategi yang tepat, Anda akan gagal bersaing. Bisnis dengan skala lebih besar akan lebih mudah mengalahkan bisnis Anda. Salah satu penyebab sulitnya bersaing adalah keterbatasan modal. Mengapa demikian?

Modal ibarat sebuah “amunisi” dalam pertempuran. Makin banyak modal, makin banyak kesempatan untuk mengalahkan lawan. Misalnya, perusahaan yang lebih besar bisa dengan mudah menggunakan uangnya untuk memberikan promo, diskon, cashback dan tawaran menarik lainnya. Sementara usaha kecil tidak punya anggaran untuk program semacam itu, karena bujetnya habis untuk kegiatan operasional usaha.

Oleh karena itu, untuk memenangkan persaingan, Anda perlu meningkatkan skala bisnis. Dengan skala bisnis yang lebih besar, “amunisi” Anda akan cukup untuk mengalahkan para competitor. Modal juga akan meningkat seiring dengan peningkatan skala bisnis. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan modal. Jangan khawatir, Anda tidak harus selalu merogoh kantong sendiri untuk mendapatkannya. Anda dapat menggunakan berbagai jenis permodalan alternatif seperti, Equity Financing, Debt Financing, hingga Crowd-based Financing.

Lebih lanjut tentang jenis-jenis permodalan: klik di sini!

Lebih Mudah Ikuti Selera Konsumen

Konsumen sangat menentukan keberlangsungan sebuah bisnis. Tanpa minat konsumen, mustahil bisnis dapat berkembang. Minat konsumen akan memicu permintaan. Tanpa permintaan, tidak ada penjualan dan tidak ada produksi di masa depan. Dengan kata lain, konsumen adalah permulaan bisnis. Peran selera konsumen dalam sebuah bisnis sangatlah penting.

Masalahnya, selera konsumen tak melulu sama dengan selera penjual. Meskipun penjual menyediakan barang-barang yang menurutnya terbaik, belum tentu pembeli menyukainya. Meski sulit, bukan berarti selera konsumen tidak bisa dipahami. Sebagai pebisnis, Anda perlu mengikuti berita, tren, ataupun influencer yang terkait dengan produk Anda. Misalnya, Anda berjualan pakaian. Ikuti akun media sosial influencer yang selalu menjadi trendsetter.

Lebih lanjut: “Mengenal Budaya Influencer”

Tren dan selera konsumen sering berubah dengan sangat cepat. Jika pebisnis tidak cekatan, ia akan ketinggalan. Misalnya dalam bisnis fashion, Anda harus cepat menyediakan barang yang sedang tren agar pelanggan tetap setia membeli di toko Anda.

Dengan skala bisnis yang lebih besar, permasalahan ini lebih terkontrol. Bisnis berskala besar juga memiliki pendapatan yang lebih besar. Dibandingkan usaha kecil yang lebih rentan masalah arus kas, bisnis berskala besar lebih mudah menyisihkan modal untuk menyediakan barang yang sedang tren. Di saat yang sama, Anda tetap bisa menyediakan barang unggulan seperti biasa.

Brand Makin Dikenal

Saat awal memulai bisnis, memperkenalkan produk menjadi tantangan tersendiri. Banyak orang yang masih belum mengenal brand produk Anda. Tentu saja hal ini akan menyulitkan Anda untuk bersaing dengan pelaku bisnis lainnya. Biasanya, hal ini sering dialami oleh pelaku usaha mikro. Sebagai usaha mikro yang baru dirintis, wajar jika bisnis Anda belum banyak dikenal oleh publik.

Jadi bagaimana cara usaha mikro bisa meningkatkan brand awareness bisnis Anda? Fokus dulu pada apa yang bisa dilakukan saat ini, yaitu mengoptimalkan produk Anda. Produk yang berkualitas akan memuaskan konsumen. Dan kepuasan pelanggan adalah media terbaik untuk promosi. Selalu ingat bahwa bintang iklan yang paling efektif ialah konsumen yang puas dengan produk atau pelayanan Anda.

Bila produk sudah optimal, arus penjualan-pembelian akan stabil. Gunakan keuntungan untuk memperbesar bisnis Anda dan Anda akan memiliki lebih banyak sumber daya untuk meningkatkan kualitas produk lagi dan lagi. Lingkaran sehat ini akan membuat brand Anda semakin terkenal. Lebih cepat Anda meningkatkan skala bisnis, lebih cepat juga brand Anda dikenal.

Tambahan, usaha yang telah berkembang akan memiliki modal untuk aktivitas marketing dan promosi. Dibarengi dengan produk yang optimal, kegiatan promosi akan turut membangun brand Anda di tengah masyarakat.

Manfaatkan Peluang Ekonomi Digital

Peluang ekonomi digital di Indonesia sangat besar. Peluang tersebut bahkan menjadi dasar bagi pemerintah untuk menargetkan Indonesia pada tahun 2020 menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di ASEAN. Target tersebut ditetapkan dengan proyeksi nilai transaksi e-commerce mencapai angka 130 miliar dolar AS di tahun 2020. Target ini tidak berlebihan mengingat saat ini masyarakat Indonesia memiliki perilaku yang sangat berorientasi digital. Laporan riset bertajuk Digital in 2019 menyatakan 56% masyarakat Indonesia merupakan pengguna internet.

Menguatnya ekonomi digital adalah peluang emas bagi para pengusaha. Anda bisa mulai meningkatkan skala bisnis melalui media digital. Mengapa? Melalui dunia digital, Anda dapat menjual barang dengan lebih mudah dan jangkauan yang lebih luas. Tak hanya itu, promosi juga lebih mudah, murah, bahkan gratis. Misalnya, Anda hanya perlu membagikan link toko online di grup WA (WhatsApp) keluarga, teman, hingga kolega. Jika ingin beriklan pun, biayanya tidak sebesar media konvensional.

Dengan meningkatnya skala bisnis, jumlah produk Anda juga meningkat. Keberadaan ekonomi digital akan memudahkan Anda dalam memasarkan dan mendistribusikan produk tersebut. Produk Anda pun dapat menjangkau lebih banyak pembeli melalui berbagai e-commerce. Promosi online dapat menjadi booster yang efisien untuk meningkatkan penjualan produk. Oleh karena itu, jangan sia-siakan peluangnya, tingkatkan skala bisnis sekarang juga!

Artikel blog ini merupakan seri pertama pembahasan tentang skala bisnis. Simak seri berikutnya minggu depan!


Itulah alasan mengapa Anda harus segera meningkatkan skala bisnis. Meningkatkan skala bisnis memang perlu keberanian dan strategi. Pelajari cara mengembangkan usaha, agar bisnis Anda semakin maju. Tak hanya keuntungan melimpah, bisnis Anda akan lebih unggul dibanding para pesaing.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply