Raih Penghasilan Tambahan Dengan 5 Bisnis Ini!

Memiliki sumber penghasilan tambahan tentunya bisa membuat Anda memperoleh pendapatan lebih. Jika saat ini Anda sudah berkeluarga, memiliki sumber penghasilan tambahan akan sangat membantu Anda. Pasalnya, meskipun sudah memiliki pekerjaan tetap, terkadang gaji bulanan yang diterima masih belum bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga,

Mendapatkan penghasilan tambahan sebenarnya cukup mudah jika Anda memiliki waktu luang. Namun, jika setiap hari Anda sudah disibukkan dengan pekerjaan utama di kantor, tentu saja mengoperasikan bisnis sampingan akan sangat sulit. Jadi, sebelum memulai bisnis sampingan, pastikan dahulu Anda memiliki waktu luang yang cukup dan manajemen waktu yang baik. Maka dari itu, berikut adalah ide bisnis sampingan yang bisa Anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Jasa Titip

Keberadaan jasa titip tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda, bukan? Sejak beberapa tahun terakhir, bisnis ini sudah mulai populer di kalangan masyarakat. Usaha bisnis yang satu ini cukup mudah dilakukan dan berpotensi memberikan keuntungan yang layak. Pilihan barang untuk dijasatitipkan juga sangat beragam, mulai dari pakaian, sepatu, perlengkapan bayi, atau bahkan makanan. Biasanya, pelaku jasa titip akan memberikan biaya mulai dari Rp20 ribu untuk satu produk titipannya. Jika dalam sehari Anda mendapatkan titipan hingga 10 barang, Anda bisa untung hingga Rp200 ribu. Namun, bisnis ini mewajibkan Anda untuk berkomitmen mencari barang titipan dari konsumen meskipun harus antri berjam-jam.

Menjadi Freelancer

Sampai saat ini, pekerjaan menjadi freelancer masih sangat diminati karena bisa menambah penghasilan cukup banyak. Jika Anda memiliki kemampuan untuk menulis atau desain grafis, maka menjadi freelancer adalah pilihan yang cocok untuk Anda. Pekerjaan sampingan ini juga sangat fleksibel sehingga bisa Anda kerjakan saat waktu luang. Meskipun terdengar sepele, penghasilan yang didapatkan dari menjadi seorang freelancer cukup layak. Apalagi jika kemampuan Anda memang sangat baik dan mampu menghasilkan karya yang berkualitas.

Kenali tantangan dalam berbisnis sebelum Anda memulai bisnis! Perkaya pengetahuan Anda melalui artikel ini: “Ingin Mulai Bisnis Tahun 2020, Kenali Tantangannya!”

Dropshipper

Berjualan online sampai saat ini masih memiliki peluang usaha yang menguntungkan. Hal ini disebabkan oleh kepraktisan yang ditawarkannya. Maka, Anda bisa mencoba peluang bisnis menjadi seorang dropshipper. Selain mudah dan praktis, berbisnis menjadi dropshipper juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Sistem dropship hanya mengharuskan Anda untuk mencari produsen atau supplier yang menyediakan barang berkualitas serta melakukan packing dan pengiriman yang baik. Tantangan utama dalam menjadi dropshipper adalah memperoleh kepercayaan pelanggan. Jika ingin bisnis dropshipper Anda dipercaya, maka berikan image yang positif dengan menjadi penjual online yang kredibel dan ramah kepada pelanggan.

Berjualan Kue

Bisnis kuliner sampai saat ini masih sangat diminati. Jika Anda memang memiliki hobi memasak, maka tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan bisnis yang satu ini. Anda dapat berjualan kue jika Anda memiliki bakat memasak. Memang, pemasaran dalam bisnis ini cukup sulit, jadi mulailah pasarkan kue buatan Anda ke orang terdekat seperti teman atau keluarga. Jika memang kue buatan Anda berkualitas, bisnis Anda akan semakin mudah berkembang. Jangan lupa untuk tetap mempertahankan cita rasa kue buatan Anda agar pelanggan tidak kecewa dan beralih.

Membuat Kerajinan Tangan

Penghasilan tambahan memang bisa didapatkan jika Anda memiliki bisnis sampingan. Jika Anda memang berniat dan mau berkomitmen, tentunya bisnis bisa cepat berkembang dan berjalan dengan lebih lancar. Jadi, dari 5 bisnis sampingan di atas, mana yang paling cocok untuk Anda coba?

Selain menambah pemasukan untuk kebutuhan sehari-hari, keuntungan berbisnis juga bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan aset. Ketahui lebih jauh di sini!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

close

Dapatkan Info Terbaru dari Blog Modalku

Leave a Reply