Peluang Bisnis Tahun 2020, Mana yang Cocok untuk Anda?

Resolusi tahun baru jarang luput saat momen pergantian tahun tiba. Memasuki bulan ketiga tahun 2020, sebagian orang sudah ada yang mulai mengupayakan resolusi tersebut dan ada pula yang sudah melupakannya. Termasuk ke kelompok mana kah Anda? Terlepas dari resolusi, memasuki tahun yang baru memang sudah seharusnya ditandai dengan semangat baru. Momen ini bisa Anda manfaatkan dengan melakukan hal yang produktif seperti memulai bisnis. Di tahun 2020, terdapat banyak peluang bisnis yang mungkin belum Anda ketahui. Ingin tahu lebih lanjut? Simak ulasannya di artikel ini!

Bisnis Musiman

Masyarakat Indonesia termasuk masyarakat yang candu mengikuti tren. Minat dan kebutuhan yang kian berganti menciptakan peluang bisnis yang berubah-ubah. Anda bisa mencoba menjajal bisnis berdasarkan perubahan tren dan kebutuhan tersebut untuk memaksimalkan keuntungan.

Contoh bisnis yang mengikuti tren adalah bisnis  fashion. Perlu diingat perubahan pada bidang bisnis ini akan lebih cepat terjadi pada pakaian perempuan. Fashion tidak hanya berkutat pada pakaian saja, tapi juga pernak-pernik lain seperti hijab, sandal, sepatu, dan tas. Salah satu diantaranya adalah tas rotan, celana kulot, kemeja oversize, tas pinggang atau waist bag, hijab  printing dengan kain voal, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya bisnis tren fashion saja, bisnis musiman juga bisa bergantung pada kebutuhan berdasarkan perayaan hari  besar seperti hari kasih sayang, hari raya Imlek, bulan Ramadhan, hingga lebaran. Anda bisa memanfaatkan lonjakan permintaan menjelang perayaan hari-hari besar tersebut. Namun, Anda akan dihadapkan dengan banyaknya kompetitor yang juga ingin mendapatkan keuntungan jika Anda memilih untuk bergelut di bidang bisnis yang musiman.

Coffee Shop

Beberapa tahun terakhir, pamor kopi melambung naik di kalangan anak muda. Bahkan, terdapat brand kopi kekinian yang mendapatkan suntikan dana dari musisi Hollywood hingga atlet internasional. Tidak hanya sebatas kopi hitam yang pahit, kopi kini bisa dikreasikan untuk mengikuti selera pasar. Jika Anda penggemar kopi, tidak ada salahnya mencoba untuk membuat kreasi kopi Anda sendiri yang bisa saja laku jika dipasarkan.

Jasa Digital

Meningkatnya penggunaan paltform digital membuat jasa ini semakin dibutuhkan. Jasa digital meliputi dukungan visual untuk media sosial (desain), penulisan untuk iklan dan unggahan media sosial (copywriting), tulisan berupa artikel untuk blog (content writing), dan masih banyak lagi. Jika Anda tertarik untuk terjun di bisnis jasa digital, maka yang perlu Anda perhatikan adalah penyusunan perjanjian dengan klien agar di masa depan Anda tidak mengalami kesalahpahaman.

Bisnis musiman, bisnis kuliner, coffee shop, dan jasa digital adalah peluang bisnis pada tahun 2020 yang patut Anda pertimbangkan untuk ditekuni. Kelima bidang bisnis tersebut telah ramai dalam beberapa tahun terakhir sehingga dapat dipastikan masih memiliki pasar di tahun ini. Jadi, bidang bisnis mana yang akan Anda geluti?


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply