4 Kesalahan saat Membuat Resolusi Awal Tahun

Membuat resolusi tahun baru kini sudah menjadi tren, terutama di generasi milenial. Resolusi pada umumnya berisi capaian-capaian sampai yang ingin dicapai di tahun itu, berjajar rapi memenuhi halaman kertas putih. Bahkan tidak jarang yang menjadikannya ukuran dan acuan dalam melakukan sesuatu. Sayangnya, banyak sekali resolusi yang kemudian hanya sebagai hiasan dan penyemangat di awal tahun.

Resolusi hanyalah sebuah resolusi jika tidak ada usaha untuk mencapainya. Dalam menggapai tujuan, sudah tentu ada tahapan-tahapan yang harus dilalui, termasuk menghadapi tantangan dan rintangan di tengah jalan. Anda perlu memperhatikan list resolusi yang dibuat, sehingga bisa mudah terwujud pada target waktu yang ditetapkan. Berikut 4 kesalahan saat membuat resolusi awal tahun.

Lihat juga: “Udah Desember Aja Nih, Yuk Lakukan Financial Check Up!”

Tidak Realistis

Buatlah resolusi yang bisa Anda capai dengan kemampuan yang dimiliki. Menciptakan daftar resolusi yang panjang namun tidak realistis akan berakhir pada sebuah kegagalan. Tidak perlu membuat berbagai target yang terlihat menjanjikan masa depan, tapi cukup rancang perubahan-perubahan sederhana yang bisa Anda capai dengan mudah.

Realistis bukan berarti Anda membuat daftar resolusi yang sangat mudah didapat, tapi juga jangan berlebihan dalam menetapkan target. Misalnya, Anda bercita-cita untuk membeli rumah dengan tunai seharga Rp 2 miliar di akhir tahun, tapi penghasilan yang didapat setiap bulan tidak lebih dari Rp 5 juta. Resolusi ini akan sia-sia, kecuali Anda mempunyai cara lain yang efektif dan target waktu yang tidak muluk-muluk.

Tujuan Kurang Spesifik

Dalam menetapkan target, Anda harus memastikan semuanya harus jelas dan spesifik. Dengan kata lain, tidak ada tujuan yang mengambang di permukaan, sehingga Anda sendiri tidak tahu apa hasil akhir yang akan diraih. Banyak orang yang menginginkan keberhasilan, tapi lupa dengan tujuan utama karena goal yang ditetapkan tidak jelas.

Membuat daftar resolusi tanpa memiki strategi yang jelas untuk mencapainya, sama saja dengan membuat khayalan-khayalan baru. Misalnya, Anda ingin memiliki bentuk tubuh ideal, namun tidak mengetahui berapa berat badan yang harus dicapai, asupan nutrisi yang dikonsumsi, dan olahraga yang harus dilakukan.

Lihat juga: “Memulai Tahun Baru dengan Perencanaan Keuangan yang Lebih Matang”

Sulit Memulai

Satu hal yang bisa menggagalkan resolusi yang telah dibuat adalah sulit untuk memulai langkah-langkah awal. Singkirkan rasa malas dan mulailah segala sesuatu dengan semangat yang tinggi. Dengan tidak memulai tahapan pertama, kemungkinan besar tahapan terakhir tidak akan tercapai tepat waktu. Bagi sebagian orang, memulai sesuatu adalah hal terberat, tapi ini akan sangat berpengaruh pada hasil akhir dari sebuah cita-cita.

Waktu yang terus berjalan akan semakin menggerus kesempatan-kesempatan yang seharusnya bisa dimanfaatkan. Sudah tentu, Anda akan semakin sulit untuk mengejar apa yang telah ada di dalam daftar resolusi awal tahun, jika semuanya akan molor dari jadwal yang sudah dibuat. Tunggu apalagi, segera mulai mengerjakan sesuatu untuk menggapai tujuan Anda!

Lihat juga: “Jangan Bingung! Ini 4 Tips Memulai Bisnis”

Wacana Melulu

Seperti yang ada pada paragraf pembuka di atas, resolusi hanyalah resolusi jika tidak ada usaha untuk mencapainya. Terlalu banyaktarget tapi tidak memiliki usaha yang jelas akan menjadikan semuanya sia-sia. Agar tidak menjadi seseorang yang wacana melulu, rancanglah resolusi yang tidak membuat Anda enggan unntuk mencapainya. Dengan kata lain, buatlah resolusi yang realistis.

Menunda-nunda bukan hal baik yang patut ditanamkan dalam diri. Satu pepatah terkenal menyebutkan, salah satu kunci sukses dalam kehidupan adalah dengan tidak menunda apa yang bisa dikerjakan saat ini. Pepatah ini juga berlaku bagi Anda yang sudah membuat daftar resolusi. Tujuan akhir akan sulit untuk dicapai dengan maksimal jika tidak disertai dengan usaha yang sungguh-sungguh, salah satunya adalah menunda-nunda pekerjaan.

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan di atas, sangat mungkin bagi Anda untuk mendapatkan hasil akhir yang memuaskan sesuai dengan apa yang diinginkan. Hindari kesalahan-kesalahan yang bisa membuat Anda gagal dalam menggapai tujuan utama, salah satunya dengan keseriusan dan kesungguhan dalam melakukan tahapan demi tahapan. Selamat mewujudkan resolusi tahun baru!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply