Yuk, Coba 4 Bisnis Rumahan Kreatif Bermodal Minim Ini!

Menjalankan bisnis rumahan saat ini menjadi tren di masyarakat, karena bisnis ini tidaklah sulit untuk dijalankan. Bisnis ini pun tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Meski begitu, Anda harus jeli dalam melihat peluang dan pangsa pasar yang ada, terutama bila Anda baru akan memulai bisnis. Bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis rumahan, berikut beberapa ide yang bisa dicoba.

Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner merupakan pilihan yang patut Anda pertimbangkan. Pasalnya, beberapa waktu lalu, makanan dan minuman kekinian yang memiliki peluang keuntungan besar mulai menjamur. Minuman kekinian yang saat ini cukup populer adalah boba. Minuman mengandung boba yang diyakini berasal dari Taiwan ini telah muncul beberapa tahun lalu dan masih menjadi salah satu minuman yang digemari di kalangan anak muda. Berbeda dengan tren minuman yang cenderung memiliki kandungan gula yang tinggi, tren makanan sehat kini menjadi pilihan menu makan tiga kali sehari. Fenomena ini bergerak paralel dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan.   

Bisnis Laundry

Bisnis jasa mencuci pakaian atau bisnis laundry adalah bisnis rumahan yang tidak kalah eksis dengan bisnis kuliner. Pakaian bersih tentu menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar kalangan di masyarakat. Secara statistik, bisnis ini akan lebih menguntungkan jika Anda menjalankannya di kota besar. Penduduk kota besar yang pada umumnya memiliki jadwal yang sibuk karena tuntutan pekerjaan sangat menyukai kepraktisan, apalagi untuk urusan rumah tangga. Anda dapat menawarkan kepraktisan tersebut dengan menawarkan jasa mencuci pakaian. Namun, bukan berarti bisnis laundry hanya bisa dilakukan di kota besar saja. Bisnis laundry juga layak dicoba jika Anda berdomisili di kota kecil, walaupun mungkin target pasar Anda tidak akan sebesar bisnis laundry di kota besar.

Anda tidak perlu melulu sendirian. Di saat bisnis Anda terhambat, andalkan mentor bisnis untuk membimbing Anda! Bagaimana caranya? Cari tahu di sini!

Desain Case Handphone

Salah satu cara agar bisnis rumahan Anda bisa cepat berkembang adalah dengan menciptakan ide kreatif. Salah satu usaha kreatif yang cukup menjanjikan saat ini adalah jasa desain case handphone. Di era serba digital, smartphone adalah bagian hidup yang sangat penting. Banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan situasi ini untuk meraih keuntungan. Selain spesifikasi dari smartphone, kini banyak anak muda yang juga peduli dengan case dari handphone-nya. Itulah mengapa usaha yang satu ini cukup menjanjikan untu dicoba. Cara memasarkannya juga cukup mudah karena Anda sudah dimudahkan dengan keberadaan platform media sosial. Jika Anda belum bisa membeli alat pencetakannya, ada alternatif lain yang bisa dicoba, seperti menjadi dropshipper atau menggunakan jasa pencetakan dari orang lain.

MUA (Make Up Artist)

Bisnis menjadi MUA atau make up artist juga saat ini sangat menjanjikan. Jasa ini sangat dekat dengan kebutuhan hidup perempuan yang memerlukan penampilan tertentu untuk menghadiri berbagai acara yang bersifat formal. Jika Anda memiliki keterampilan untuk merias, maka jangan ragu untuk mencoba bisnis yang satu ini. Selain keterampilan, Anda harus mengeluarkan modal untuk membeli peralatan make up. Strategi pemasaran bisnis ini pun cukup mudah. Anda dapat menampilkan portofolio terbaik Anda di media sosial agar calon pelanggan tidak ragu untuk memakai jasa Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan kerja sama dengan wedding organizer agar bisnis Anda lebih dikenal dan cepat berkembang.

Itulah 4 usaha kreatif yang bisa Anda jadikan referensi untuk memulai bisnis rumahan. Meskipun bisnis Anda hanya menggunakan modal yang minim, bukan berarti bisnis tersebut tidak akan sukses. Tetap semangat untuk mengembangkan usaha Anda, ya!

Tidak terasa, sebentar lagi bulan suci Ramadan akan tiba. Di bulan yang penuh rahmat ini, peluang bisnis telah menanti Anda. Baca ulasannya di artikel ini: “Mengapa Ramadan Cocok untuk Memulai Bisnis Mikro?”


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply